Sabtu, 21 April 2018

MENANGGAPI SEMINAR TRINITAS GMAHK - VIII

MENANGGAPI SEMINAR TRINITAS GMAHK – V

======================================

TULIS GMAHK:



Jadi kalau kita percaya hanya ada dua tahta Allah di sorga, maka sudah jelas ada diantara kita yang percaya “dwinitas” dan bukan “trinitas.”



TANGGAPAN SAYA:

Tentang dwinitas/dwitunggal atau trinitas/tritunggal. Jika semua Pribadi yang ada itu dijumlahkan sebagai satu Pribadi, bukan satu kesatuan atau unity, maka baik dwinitas maupun trinitas, semuanya salah. Tapi jika "satu"-nya merupakan kesatuan pikiran atau paham, seia-sekata, atau satu kerajaan(Kerajaan ALLAH), maka istilah "nitas-nitas" itu benar semuanya.

Sebab di dunia yang jatuh ini ada tiga yang memberikan kesaksian dari sorga, yaitu: BAPA, ANAK dan ROH KUDUS. Ketiganya adalah satu konsep saja. Baik pikiran BAPA maupun pikiran ANAK maupun pikiran ROH KUDUS, semuanya adalah sama, kompak! Baik ajaran BAPA maupun ajaran ANAK maupun ajaran ROH KUDUS tidak ada yang bertentangan.

BAPA mengurapi atau memberi kuasa kepada ANAK, ANAK memberi kuasa kepada ROH KUDUS untuk melanjutkan. BAPA merencanakan keselamatan, ANAK melakukan penyelamatan, ROH KUDUS mempromosikannya. BAPA adalah sumber atau pusat, ANAK perantara atau jembatan, ROH KUDUS bagian promosinya. BAPA pensiun, ANAK menggantikannya, ROH KUDUS memberikan kesaksian tentang itu.

Peranan ROH KUDUS di dunia ini adalah sebagai nabi yang tak terlihat. Jika nabi manusia berujud manusia yang kelihatan dan berbicara di luar tubuh kita, ROH KUDUS berujud roh yang tak terlihat dan bekerja di dalam pikiran kita. Jika nabi manusia bisa berubah menjadi nabi yang menyesatkan, "nabi" ROH KUDUS dijamin ALLAH tidak mungkin menyesatkan, tidak mungkin salah. Dan sebagaimana fungsi nabi adalah untuk menginsafkan manusia dari dosa-dosanya, demikian juga fungsi ROH KUDUS adalah untuk mengimbangi pengaruh dari roh-roh jahat yang bergentayangan menguasai dunia ini. Karena itu di zaman sebelum adanya dosa, yakni di taman Eden, dan di zaman sesudah dosa dimusnahkan, yakni di sorga, keberadaan ROH KUDUS atau nabi sudah tidak diperlukan lagi. Karena itu di sorga kelak, sebagaimana diceritakan di kitab Wahyu, Pribadi ILAHIAH hanya tinggal dua, yaitu BAPA dan ANAK, sedangkan ROH KUDUS sudah tidak ada.

Yohanes 16:8

Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;
16:9akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku;
16:10akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi;
16:11akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum.

Yohanes 16:13

Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.
16:14Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.
16:15Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku."

Perhatikan ayat 15: Segala sesuatu yang BAPA punya, YESUS juga ikut mempunyai atau menguasainya, dan YESUS menerangkan bahwa ROH KUDUS adalah milik BAPA dan juga milikNYA. Karena itu status ROH KUDUS adalah di bawahnya YESUS; YESUS berkuasa memerintahNYA;

Yoh. 16:7Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.

ROH KUDUS itu ciptaan BAPA; dikeluarkan dari BAPA;

Yoh. 15:26Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.

YESUS juga ciptaan BAPA;

Yoh. 8:42Kata Yesus kepada mereka: "Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku keluar dan datang dari Allah. Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku.


ANTARA ROH KUDUS DENGAN ROH ALLAH;

Kalau ujud manusia adalah darah dan daging yang bisa dilihat dan diraba, ujud roh adalah tidak kelihatan dan tidak bisa diraba. Roh itu seperti pikiran, sedangkan ujudnya pikiran adalah otak. Otak adalah alat berpikir, sedangkan yang berpikir adalah roh kita.

Kalau orang berkomunikasi melalui telepon, bukan berhadap-hadapan secara fisik, yang berbicara itu adalah roh atau jiwa atau pikiran kita. Apa yang kita pikirkan kita salurkan lewat kata-kata, itulah kerja roh kita.

Kalau tubuh kita bisa mati, tapi roh kita tidak bisa mati. Pikiran kita tidak bisa mati. Para nabi telah mati, tapi perkataan atau buah pikiran mereka yang tertulis dalam Alkitab masih terus berdengung hingga sekarang. Soekarno telah mati, tapi ajaran Marhaenisnya masih tetap hidup di antara para pendukungnya. Gus Dur telah mati, tapi perkataan dan ajarannya masih melekat di pikiran banyak orang. Itu sebabnya orang berkata bahwa kehidupan roh itu bergentayangan;

Kejadian 1:2Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

ROH ALLAH melayang-layang di atas permukaan air. Mengapa ROH ALLAH melayang-layang di atas permukaan air? Sebab ALLAH adalah ROH. Ujud ALLAH adalah ROH yang tak kelihatan. Seandainya ujud ALLAH adalah darah dan daging seperti YESUS, maka Alkitab akan menuliskan: "ALLAH berjalan-jalan di atas air". Karena ROH, perjalanannya dibilang melayang-layang;

Mat. 14:26Ketika murid-murid-Nya melihat Dia berjalan di atas air, mereka terkejut dan berseru: "Itu hantu!", lalu berteriak-teriak karena takut.

Jika ROH berhenti, Alkitab menyebutnya: "hinggap";

Yes. 59:21Adapun Aku, inilah perjanjian-Ku dengan mereka, firman TUHAN: Roh-Ku yang menghinggapi engkau dan firman-Ku yang Kutaruh dalam mulutmu tidak akan meninggalkan mulutmu dan mulut keturunanmu dan mulut keturunan mereka, dari sekarang sampai selama-lamanya, firman TUHAN.

Mat. 12:43"Apabila roh jahat keluar dari manusia, iapun mengembara ke tempat-tempat yang tandus mencari perhentian. Tetapi ia tidak mendapatnya.

Apa yang kita perbuat adalah apa yang kita pikirkan, yaitu apa yang tertanam dalam pikiran kita, kita menyebutnya "tabiat" atau karakter. Tabiat atau karakter itulah jiwa atau roh kita. Pencampuran antara sifat alamiah kita dengan ajaran yang kita terima dari banyak orang, itu yang membuat jiwa kita berbeda-beda. Tak ada seorangpun yang memiliki jiwa kembar.

Jiwa atau pikiran atau roh kita inilah yang nantinya akan dimintai pertanggungan jawab. Tubuh kita akan kembali ke tanah, roh akan terdiam karena tak bisa bekerja kalau tidak ada tubuhnya, sama seperti baterai yang dikeluarkan dari HP, tak bisa berbuat apa-apa. Karena itu kelak ALLAH akan membuat tubuh kita kembali sehingga kita bisa hidup kembali;

Yehezkiel 37:3

Lalu Ia berfirman kepadaku: "Hai anak manusia, dapatkah tulang-tulang ini dihidupkan kembali?" Aku menjawab: "Ya Tuhan ALLAH, Engkaulah yang mengetahui!"
37:4Lalu firman-Nya kepadaku: "Bernubuatlah mengenai tulang-tulang ini dan katakanlah kepadanya: Hai tulang-tulang yang kering, dengarlah firman TUHAN!
37:5Beginilah firman Tuhan ALLAH kepada tulang-tulang ini: Aku memberi nafas hidup di dalammu, supaya kamu hidup kembali.
37:6Aku akan memberi urat-urat padamu dan menumbuhkan daging padamu, Aku akan menutupi kamu dengan kulit dan memberikan kamu nafas hidup, supaya kamu hidup kembali. Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN."

1Ptr. 1:9karena kamu telah mencapai tujuan imanmu, yaitu keselamatan jiwamu.

Luk. 12:48Tetapi barangsiapa tidak tahu akan kehendak tuannya dan melakukan apa yang harus mendatangkan pukulan, ia akan menerima sedikit pukulan. Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, dari padanya akan banyak dituntut, dan kepada siapa yang banyak dipercayakan, dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut."

Rm. 12:2Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Apa yang kita tahu dan mengerti, lakukanlah itu. Sebab jika kita tidak mempraktekkan pengetahuan kita, maka kita akan dihukum.

Yak. 2:17Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.


Kalau tubuh tidak bisa dibagi-bagikan, tapi roh atau pikiran bisa dibagi-bagikan. Saya tidak mungkin membagikan tangan saya kepada anda. Tapi saya bisa membagikan pikiran saya kepada anda, yakni tulisan ini.

2Raja-raja 2:9

Dan sesudah mereka sampai di seberang, berkatalah Elia kepada Elisa: "Mintalah apa yang hendak kulakukan kepadamu, sebelum aku terangkat dari padamu." Jawab Elisa: "Biarlah kiranya aku mendapat dua bagian dari rohmu."
2:10Berkatalah Elia: "Yang kauminta itu adalah sukar. Tetapi jika engkau dapat melihat aku terangkat dari padamu, akan terjadilah kepadamu seperti yang demikian, dan jika tidak, tidak akan terjadi."

2:15Ketika rombongan nabi yang dari Yerikho itu melihat dia dari jauh, mereka berkata: "Roh Elia telah hinggap pada Elisa." Mereka datang menemui dia, lalu sujudlah mereka kepadanya sampai ke tanah.

Bil. 11:17Maka Aku akan turun dan berbicara dengan engkau di sana, lalu sebagian dari Roh yang hinggap padamu itu akan Kuambil dan Kutaruh atas mereka, maka mereka bersama-sama dengan engkau akan memikul tanggung jawab atas bangsa itu, jadi tidak usah lagi engkau seorang diri memikulnya.

Bil. 11:25Lalu turunlah TUHAN dalam awan dan berbicara kepada Musa, kemudian diambil-Nya sebagian dari Roh yang hinggap padanya, dan ditaruh-Nya atas ketujuh puluh tua-tua itu; ketika Roh itu hinggap pada mereka, kepenuhanlah mereka seperti nabi, tetapi sesudah itu tidak lagi.


Alkitab menerangkan keadaan ALLAH itu ROH adanya;

Yoh. 4:24Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

Karena ALLAH adalah ROH, maka Pribadi ALLAH adalah ROH. Itulah sebabnya Alkitab menyebut Pribadi ALLAH sebagai "ROH ALLAH"

Kejadian 1:2Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

Jadi, yang melayang-layang di atas permukaan air itu adalah ALLAH, bukan ROH KUDUS. Tapi jika Alkitab mengatakan: "ROH dari ALLAH" atau "ROHKU", yang dimaksud adalah ROH KUDUS, bukan Diri ALLAH sendiri.

Hak. 3:10Roh TUHAN menghinggapi dia dan ia menghakimi orang Israel. Ia maju berperang, lalu TUHAN menyerahkan Kusyan-Risyataim, raja Aram, ke dalam tangannya, sehingga ia mengalahkan Kusyan-Risyataim.

Kej. 6:3Berfirmanlah TUHAN: "Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja."

Yes. 42:1Lihat, itu hamba-Ku yang Kupegang, orang pilihan-Ku, yang kepadanya Aku berkenan. Aku telah menaruh Roh-Ku ke atasnya, supaya ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa.

Sekalipun ROH ALLAH itu identik dengan ALLAH sendiri, namun dalam konteks tertentu Alkitab juga menyebut ROH KUDUS sebagai ROH ALLAH juga. Karena itu antara Pribadi ALLAH dengan Pribadi ROH KUDUS perlu dilihat konteksnya.

1Ptr. 4:14Berbahagialah kamu, jika kamu dinista karena nama Kristus, sebab Roh kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu.

ROH ALLAH di ayat itu maksudnya adalah ROH KUDUS, sebab ALLAH tak pernah merasuki diri orang. ALLAH selalu berbicara dari luar tubuh kita. Hanya ROH KUDUS yang selalu berbicara dari dalam pikiran kita. Jadi, ROH KUDUS posisinya pasti di dalam diri kita, sedangkan ALLAH posisinya pasti di luar tubuh kita;

Mat. 3:17lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."

ALLAH dengan YESUS selalu di luar tubuh, tapi ROH KUDUS selalu di dalam pikiran kita. Itulah cara membedakan antara ALLAH dengan ROH KUDUS. Perlu ditanyakan: di mana posisinya?

1Kor. 2:16Sebab: "Siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan, sehingga ia dapat menasihati Dia?" Tetapi kami memiliki pikiran Kristus.


APA SAJA YANG DIKERJAKAN ROH KUDUS?

> Menghibur;

Yoh. 14:26tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

> Memberikan ilham;

2Tim. 3:16Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

> Memimpin pada kebenaran;

Yoh. 16:13Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

> Memberikan penglihatan;

Yl. 2:28"Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan.

> Memuliakan YESUS;

1Kor. 12:3Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorangpun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: "Terkutuklah Yesus!" dan tidak ada seorangpun, yang dapat mengaku: "Yesus adalah Tuhan", selain oleh Roh Kudus.

> Berbicara sesuai Alkitab dan bernubuat;

1Yoh. 4:1Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.

Yohanes 16:13Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.


Karena itu ROH KUDUS hanya ada di zaman dosa saja, sama seperti obat ada di antara orang yang sakit saja. Jika ALLAH dan YESUS kekal selama-lamanya, ROH KUDUS tidak kekal, sama seperti roh-roh jahat yang akan dibinasakan. ROH KUDUS akan ditarik kembali ke Diri ALLAH, karena dari Diri ALLAH-lah DIA dikeluarkan.

ALLAH ROH KUDUS;

Ajaran trinitas menciptakan ALLAH yang lain, yaitu: ALLAH BAPA, ALLAH ANAK dan ALLAH ROH KUDUS, sebagai lawan dari ajaran Alkitab: "ALLAH, BAPA", "ANAK ALLAH" dan "ROH ALLAH". Karena itu "ALLAH ROH KUDUS" bukan berasal dari Alkitab, bukan kebenaran, tapi mengacaukan kebenaran;

Galatia 1:6

Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil kamu, dan mengikuti suatu injil lain,
1:7yang sebenarnya bukan Injil. Hanya ada orang yang mengacaukan kamu dan yang bermaksud untuk memutarbalikkan Injil Kristus.
1:8Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia.
1:9Seperti yang telah kami katakan dahulu, sekarang kukatakan sekali lagi: jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil, yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, terkutuklah dia.

Kita harus mengutuk ajaran trinitas! Amien?

( S E L E S A I )

2 komentar:

  1. KISAH NYATA,..
    assalamu'alaikum warrohmatullohi wabarookaatuh...
    Saya irmawati,pendatang baru di Group ini ingin Berbagi Cerita dari member ke member,Ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada MBAH JENGGOT karna berkat bantuan Number togel 4D" 5D" 6D yang MBAH berikan ternyata benar-benar tembus 4D {.3567.} dan alhamdulillah MBAH saya menang angka sebanyak Rp 370 juta dalam bentuk uang Indonesia saya menang banyak karna saya pasang angka MBAH dari 5 bandar di sini,saya tidak tau harus berbuat apa untuk membalas kebaikan MBAH,awalnya saya kurang yakin dengan angka yang MBAH berikan ternyata alhamdulillah tembus,saya menang 4D lagi dan kalau boleh saya jujur,.sudah berapa banyak peramal/dukun di internet yang saya hubungi tidak ada satupun yang tembus malahan utang-utang saya bertambah banyak tapi dengan bantuan MBAH kini kehidupan saya jauh lebih sukses dari pada sebelumnya, alhamdulillah saya ada rencana pulang kampung MBAH karna sudah 7 tahun jadi TKI/TKW tidak perna pulang ke indonesia, ini karna bantuan MBAH saya akan pulang ketemu ke dua orang tua saya itu semua berkat bantuan MBAH. saya ingatkan kepada teman2 tidak ada dukun yg bisa menangdingi kesaktian MBAH JENGGOT.,"INGAT" didunia ini tidak ada yg tidak mungkin selama lafadz "kun fa ya kun" selalu dalam genggaman Allah, maka cukuplah dengan berkata "JADILAH MAKA TERJADILAH"
    SYARATNYA : ANDA HARUS SERIUS :
    dalam jangka waktu 24 jam masalah anda bisa ter'atasi. jadi bagi teman-teman yg punya masalah ekonomi atau yg lain bisa minta tolong kepada MBAH JENGGOT,atau pencinta togel yang tidak pernah merasakan kemenangan 4D-5D-6D
    silahkan hubungi;
    MBAH JENGGOT di no ( 085-333-200-687 ) saya sudah buktikan dalam 2X putaran ini tidak perna meleset dan saya pastikan anda tidak akan kecewa dan anda jangan mudah tergiur dengan janji-janji saatnya kita perlu bukti cuma MBAH JENGGOT yang menjamin 100% kemenangan.kalau mau bukti hubungi sekarang...
    dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....

    APAKAH ANDA TERMASUK DALAM KATEGORI DI BAWAH INI !!!!
    1.Dikejar-kejar hutang/Terlilit hutang
    2.Selaluh kalah dalam bermain togel
    3.Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel
    4.Dana ghaib
    5.Uang Balik
    6.ILMU PELET SANGAT AKURAT

    ANDA JANGAN RAGU JANGAN TAKUT, SUDAH TERBUKTI BANYAK ORANG YANG SUKSES, HUBUNGI: MBAH JENGGOT:..

    BalasHapus
  2. Saya Ibu:Lilis Pengunjung Baru Di Blog Ini Ingin Mengucapkan Terima Kasih Banyak Kepada Aki Wali Sentono Karna Berkat Bantuan Pesugihan Putih Sebesar 1 Miliar Yang Aki Berikan Saya Tidak Tau Harus Berbuat Apa Untuk Membalas Kebaikan Aki Wali Sentono Awalnya Saya Kurang Yakin Dengan Adanya Pesugihan Tapi Dengan Ekonomi Tidak Perna Bercukupan Di Tambah Hutang Lagi Menumpuk Sudah Berapa Banyak Paranormal Yang Saya Hubungi Tidak Ada Satupun Yang Berhasil Malahan Hutang-Hutang Saya Bertambah Banyak Cuma Aki Wali Sentono Yang Memberikan Hasil Melalui Bantuan Pesugihan Putihnya Akhirnya Saya Bisa Sukses Kini Kehidupan Saya Sudah Jauh Lebih Baik Dari Sebelumnya Ini Semua Berkat Bantuan Aki Wali Sentono Bagi Teman-Teman Semua Punya Masalah Ekonomi / Terlilit Hutang Mau Sukses Seperti Saya Silahkan Hubungi Atau Sms Di No. 0823-9369-4699 Aki Wali Sentono Atau Kunjungi Website Untuk Info Lebi Jelas >>==>[KLIK DISINI PESUGIHAN UANG GAIB] Saya Akui Beliau Paranormal Yang Bisa Di Percaya Karna Betul-Betul Memberikan Hasil Inilah Kisa Nyata Dari Saya Ibu:Lilis Tidak Ada Unsur Kebohongan Dalam Hal Ini Terima Kasih..

    BalasHapus