Jumat, 20 April 2018

MENANGGAPI SEMINAR TRINITAS GMAHK - VI

DASAR PEMBAHASAN: SEMINAR TRINITAS GMAHK(download):

MENANGGAPI SEMINAR TRINITAS GMAHK - III
http://bloghakekatku.blogspot.co.id/2018/04/menanggapi-seminar-trinitas-gmahk-iii.html
 
MENANGGAPI SEMINAR TRINITAS GMAHK – IV

MENANGGAPI SEMINAR TRINITAS GMAHK – V
=====================================

TULIS GMAHK:



Inti Kepercayaan Advent akan Trinitas Dinyatakan  dalam Buku Questions on Doctrine
1. Allah yang benar dan hidup, Pribadi pertama dari Keallahan adalah Bapa surgawi kita, dan Dia, melalui Anak-Nya, Yesus Kristus, telah menciptakan segala sesuatu.  Mat. 28:18, 19; 1 Kor. 8:5, 6; Ef. 3:9; Yer. 10:10-12; Ibr. 1:1-3; Kisah 17:22-29; Kol. 1:16-18.



TANGGAPAN SAYA:

Jika dinyatakan BAPA sebagai Pribadi pertama dan YESUS sebagai ANAK, apakah itu konsep trinitas? Di mana letak kesejajaran BAPA dengan ANAK, pertama dengan kedua dan ketiga? Atau kita harus mengatakan bahwa BAPA itu ANAK dan ANAK itu BAPA? Juara I dengan juara II itu sama hadiahnya? Koq ambigu sekali, ya?!


TULIS GMAHK:



2. Yesus Kristus, Pribadi kedua dari Keallahan, dan Anak Allah yang kekal, adalah satu-satunya Juruselamat dari dosa; dan keselamatan manusia adalah oleh kasih karunia melalui iman kepada-Nya.  Mat.28:18,19; Yoh. 3:16; Mikha 5:2; Mat. 1:21, 22; Kisah 4:12; 1 Yoh. 5:11, 12; Ef. 1:9-15; Roma 3:23-26.



TANGGAPAN SAYA:

"ANAK ALLAH yang kekal". Arti kekal, baik untuk ALLAH maupun untuk YESUS maupun untuk kita adalah sama, yaitu sejak ada akan ada selama-lamanya. Kita tidak tahu sejak kapan ALLAH ada. Tapi sejak keberadaanNYA itulah kekekalan itu dimulai. Begitu pula dengan kekekalan YESUS adalah sejak permulaan penciptaanNYA, ketika dunia belum dijadikan itulah permulaan hidup YESUS, dan itu akan berlangsung selama-lamanya. Kitapun dijanjikan hidup kekal, dan itu akan terjadi dengan awal kebangkitan kita kelak. Saat ini kita masih belum memiliki kekekalan. Kita akan mengalami kematian lebih dulu. Setelah itu kita akan dihidupkan kembali dengan tubuh yang baru yang kekal;

1Tes. 4:17sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.

"Demikianlah kita akan selama-lamanya ........" Sejak saat itulah kita menikmati keabadian, masih belum sekarang.

1Korintus
15:42Demikianlah pula halnya dengan kebangkitan orang mati. Ditaburkan dalam kebinasaan, dibangkitkan dalam ketidakbinasaan.
15:43Ditaburkan dalam kehinaan, dibangkitkan dalam kemuliaan. Ditaburkan dalam kelemahan, dibangkitkan dalam kekuatan.
15:44Yang ditaburkan adalah tubuh alamiah, yang dibangkitkan adalah tubuh rohaniah. Jika ada tubuh alamiah, maka ada pula tubuh rohaniah.


Arti Alpa dan Omega. Alpa artinya awal atau berawal atau mempunyai awal, sedangkan Omega artinya akhir atau berakhir atau mempunyai akhir. Alkitab menyatakan bahwa YESUS itu Alpa dan Omega, artinya memiliki awal dan memiliki akhir. Tapi Alkitab juga menerangkan bahwa YESUS itu akan kekal. Itu artinya Omeganya tak terbatas. Alpanya ada, Omeganya tak berhingga: ......................

Kalau hitungan dimulai dari angka 1, silahkan anda lanjutkan ke puluhan, ratusan, ribuan, milyaran, trilyunan, bahkan bilyunan. Nah, angka berapakah angka terakhirnya? Tak ada angka terakhirnya sekalipun ada angka awalnya.

Apakah Alpa dan Omega boleh diterapkan terhadap ALLAH? Boleh! Cuma kita jangan mereka-rekakan kapan awalnya ALLAH, sebab Alkitab tak menyajikan keterangan itu.

Ulangan 29:29Hal-hal yang tersembunyi ialah bagi TUHAN, Allah kita, tetapi hal-hal yang dinyatakan ialah bagi kita dan bagi anak-anak kita sampai selama-lamanya, supaya kita melakukan segala perkataan hukum Taurat ini."

Tapi kalau berdasarkan arti kata; ALLAH itu menunjuk pada Sang Khaliq Pencipta dan BAPA, maka itu bisa dijadikan permulaan KEALLAHAN dan KEBAPAANNYA. Bahwa ALLAH ada sejak adanya ciptaan hasil karyanya, bahwa BAPA ada sejak adanya ANAKNYA. Kita disebut sarjana adalah sejak kita diwisuda, disebut dokter juga sejak kita diwisudakan sebagai dokter, disebut bapak sejak anak kita dilahirkan. Sebelum itu, ya bukan ALLAH namanya.

Jangan bilang anda tukang kayu kalau anda belum memberikan bukti sebuah lemari. Jangan bilang dokter sebelum anda memberikan bukti menyembuhkan penyakit. Jangan bilang ALLAH sebelum ada hasil ciptaan. Jangan bilang BAPA sebelum ada ANAK. Itu sebabnya permulaan ALLAH dikaitkan dengan penciptaan langit dan bumi;

Kejadian 1:1Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.


TULIS GMAHK:



3. Roh Kudus, Pribadi ketiga dari Keallahan, adalah perwakilan Kristus di atas bumi, dan menuntun orang-orang berdosa untuk bertobat dan untuk menurut kepada seluruh perintah Allah.  Mat. 28:18, 19: Yoh. 14:26; 15:26; 16:7-15; Roma 8:1-10; Ef. 4:30.



TANGGAPAN SAYA:

ROH KUDUS, Pribadi ketiga dari KEALLAHAN; itu benar. ROH KUDUS adalah wakil YESUS; itu juga benar. ROH KUDUS itu menuntun orang berdosa untuk bertobat dan menuruti seluruh perintah ALLAH; itu juga benar. Seluruh kalimat di atas benar adanya. Tapi itu bukanlah doktrin trinitas, melainkan doktrin Alkitab. Sebab doktrin trinitas menyatakan bahwa ROH KUDUS itu ya ALLAH, juga ya YESUS, sehingga pekerjaan ROH KUDUS identik dengan pekerjaan ALLAH dan pekerjaan YESUS. Kalimat di atas memberikan pembagian tugas yang berbeda-beda dan menempatkan ALLAH sebagai Pembuat perintah, sebagai Kepala.

Trinitasnya koq abu-abu, nggak jelas, kayak bunglon?????


TULIS GMAHK:



Beberapa tahun belakangan ini, sejumlah publikasi anti-Trinitas muncul dalam Gereja Advent yang menghimbau agar kembali kepada dasar-dasar kepercayaan yang dimiliki para pionir Gereja ini termasuk Ellen G. White.

Oleh karena itu, agar tetap setia kepada Tuhan, mereka mengklaim agar kita kembali kepada iman para perintis Gereja ini dan menolak Trinitas. Alasan mereka agar kita kembali kepada pegangan para pionir soal Keallahan
1.Semua pionir gereja Advent termasuk Ellen G. White adalah Anti Trinitarian.
2. Doktrin Trinitas diperkenalkan kepada Gereja  Advent setelah Ellen G. White meninggal  dunia.
3. Buku Evangelism telah dimanipulasi untuk mendukung Trinitas.
 



TANGGAPAN SAYA:

Kalimat itu artinya bahwa GMAHK yang sekarang ini telah melenceng dari asal mulanya, telah melenceng dari para pionernya, bahkan Ny. Ellen G. White, sang pendiri GMAHK adalah orang yang anti trinitas.


TULIS GMAHK:



Siapakah Roh Kudus Itu Sebenarnya? Seminar Sabat Siang Jemaat Setiabudi, 24 Maret 2018 Pdt E. Pandjaitan. Menurut Ulangan 6:4 menuliskan, “Dengarlah, hai orang Israel: Tuhan itu Allah kita, Tuhan itu ESA!”
Bagi bangsa Yahudi Allah itu hanya terdiri dari satu Pribadi sehingga hanya ada satu Allah yaitu Esa.  Itulah yang dipegang bangsa Yahudi zaman Perjanjian Lama hingga zaman Kristus, bahkan sampai sekarang ini. Kristus dan Allah Bapa adalah Dua Pribadi yang Berbeda “Kristus dengan Bapa adalah satu, tetapi Kristus dan Allah adalah DUA PRIBADI YANG BERBEDA.”  -  Ellen G. White, The S.D.A. Bible Commentary, 5:1142.


TANGGAPAN SAYA:

KRISTUS dengan BAPA adalah satu, KRISTUS dengan ALLAH adalah dua??????

1. Benarkah KRISTUS dengan BAPA adalah satu?

Mungkin berdasarkan ayat ini? Yoh. 10:30Aku dan Bapa adalah satu." Bagaimana dengan ayat ini?


Yoh. 17:21supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.

Benarkah ribuan bahkan jutaan, bahkan milyaran orang Kristen di seluruh dunia ini satu? Benarkah 1 milyar = 1? Jelas itu tidak matematis. Jika satu itu bukan angka matematis, maka satu itu memiliki makna kesatuan atau unity; satu pikiran, satu perkataan dan satu perbuatan, seperti "Bhineka tunggal ika" yang artinya 260 juta rakyat Indonesia itu satu adanya. Apakah itu satu matematis? Bukan! Tapi satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa kita.

Jika dihitung secara matematika, KRISTUS dengan BAPA adalah dua, bukan satu, sebab KRISTUS sendiri, sedangkan BAPA sendiri;

1Tim. 2:5Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus,


2. Benarkah KRISTUS dengan ALLAH itu dua?

Alkitab menerangkan KRISTUS itu ANAK ALLAH, sedangkan BAPA itu ALLAH, maka secara matematika ANAK ALLAH + ALLAH = 2 ALLAH, tapi dalam derajat yang berbeda. Sama seperti saya bersama dengan ayah saya, bukankah itu dua orang? Tapi apakah saya sederajat dengan ayah saya? Apakah tomat dengan apel disebut dua tomat atau dua apel? Jelas tidak boleh disebut begitu. Yang boleh adalah dua buah, sebab sama-sama buahnya, tapi tak sama jenisnya.

Dalam matematika untuk membuat penjumlahan harus melalui persamaan. Harus ada persamaannya. Saya dengan ayah saya adalah sama-sama orangnya, maka dua orang. Apel dengan tomat sama-sama buahnya, maka dua buah. Tapi kalau ayah dengan anak tidak bisa dijumlahkan, melainkan harus disebut seorang ayah dan seorang anak;

1Tim. 2:5Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus,

Kalau pertanyaannya: Apakah YESUS itu termasuk ILAHIAH? Benar! Berdasarkan keputusan ALLAH, YESUS itu dimasukkan ke dalam jajaran KEALLAHAN, Dewan Musyawarah ALLAH;

Mzm. 2:7Aku mau menceritakan tentang ketetapan TUHAN; Ia berkata kepadaku: "Anak-Ku engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini.

Kis. 2:36Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus."

Yohanes 1:1Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.(LAI Terjemahan Baru).

LAI Terjemahan Lama? "Maka pada awal pertama adalah Firman, dan Firman itu bersama-sama dengan Allah, dan Firman itulah juga Allah."

YESUS itu juga ALLAH/ILAHIAH. Di zaman Perjanjian Lama YAHWEH pernah menetapkan nabi Musa sebagai allah bagi Firaun;

Kel. 7:1Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Lihat, Aku mengangkat engkau sebagai Allah bagi Firaun, dan Harun, abangmu, akan menjadi nabimu.

Yohanes
10:34Kata Yesus kepada mereka: "Tidakkah ada tertulis dalam kitab Taurat kamu: Aku telah berfirman: Kamu adalah allah?
10:35Jikalau mereka, kepada siapa firman itu disampaikan, disebut allah--sedang Kitab Suci tidak dapat dibatalkan--,
10:36masihkah kamu berkata kepada Dia yang dikuduskan oleh Bapa dan yang telah diutus-Nya ke dalam dunia: Engkau menghujat Allah! Karena Aku telah berkata: Aku Anak Allah?

Kitab Wahyu yang memberikan gambaran tentang kehidupan kekal di sorga juga menerangkan tentang adanya dua ALLAH yang disembah semua makhluk sorgawi; ALLAH dan ANAK ALLAH;

Wahyu 5:13Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!"

Why. 14:1Dan aku melihat: sesungguhnya, Anak Domba berdiri di bukit Sion dan bersama-sama dengan Dia seratus empat puluh empat ribu orang dan di dahi mereka tertulis nama-Nya dan nama Bapa-Nya.

Wahyu 21:22Dan aku tidak melihat Bait Suci di dalamnya; sebab Allah, Tuhan Yang Mahakuasa, adalah Bait Sucinya, demikian juga Anak Domba itu.

Wahyu 21:23Dan kota itu tidak memerlukan matahari dan bulan untuk menyinarinya, sebab kemuliaan Allah meneranginya dan Anak Domba itu adalah lampunya.

Wahyu 22:1Lalu ia menunjukkan kepadaku sungai air kehidupan, yang jernih bagaikan kristal, dan mengalir ke luar dari takhta Allah dan takhta Anak Domba itu.

ALLAH bersama YESUS menciptakan alam semesta. Tepatnya; ALLAH memberi kuasa kepada YESUS untuk menciptakan alam semesta;

Ibrani 1:2maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta.

Siapakah yang menciptakan alam semesta? YESUS. Siapakah yang menyuruh? YAHWEH.

Saya menyuruh Andi membeli rokok. Siapakah yang merokok? Saya. Siapakah yang membelikan rokok? Andi. Saya memesan lemari ke tukang kayu. Siapakah yang memiliki lemari? Saya. Siapakah yang membuat? Tukang kayu.

Yohanes
1:1Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
1:2Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.
1:3Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

Kej. 1:26Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."

"KITA" adalah bentuk jamak dari ALLAH, bahwa ada ALLAH yang lebih dari satu.

Kej. 3:22Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya."

"Manusia seperti salah satu dari KITA", manusia seperti salah satu dari ALLAH-ALLAH itu. Jika saya mirip ayah, maka saya tidak mirip ibu. Jika saya mirip ibu, maka saya tidak mirip ayah, sekalipun saya dibuat bersama oleh ayah dan ibu saya. Jika Adam mirip YESUS, maka Adam tidak mirip ALLAH;

Kol. 1:15Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan,

YESUS itu gambar ALLAH.

Rm. 8:29Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.

Kita itu gambar YESUS. Kita mirip YESUS, YESUS mirip YAHWEH.

(Berlanjut)

2 komentar:

  1. Saya ibu:lilis pengunjung baru di blog ini ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada Aki wali Sentono karna berkat bantuan pesugihan putih sebesar 1 Miliar yang Aki berikan saya tidak tau harus berbuat apa untuk membalas kebaikan Aki wali Sentono awalnya saya kurang yakin dengan adanya pesugihan tapi dengan ekonomi tidak perna bercukupan di tambah hutang lagi menumpuk sudah berapa banyak paranormal yang saya hubungi tidak ada satupun yang berhasil malahan hutang-hutang saya bertambah banyak cuma Aki wali Sentono yang memberikan hasil melalui bantuan pesugihan putihnya akhirnya saya bisa sukses kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya ini semua berkat bantuan Aki wali Sentono bagi teman-teman semua punya masalah ekonomi / terlilit hutang mau sukses seperti saya silahkan hubungi atau sms di No. 0823-9369-4699 Aki wali Sentono atau kunjungi website [KLIK DISINI PESUGIHAN UANG GAIB] saya akui beliau paranormal yang bisa di percaya karna betul betul memberikan hasil inilah kisa nyata dari saya ibu lilis tidak ada unsur kebohongan dalam hal ini terima kasih..

    BalasHapus
  2. KISAH NYATA,..
    assalamu'alaikum warrohmatullohi wabarookaatuh...
    Saya irmawati,pendatang baru di Group ini ingin Berbagi Cerita dari member ke member,Ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada MBAH JENGGOT karna berkat bantuan Number togel 4D" 5D" 6D yang MBAH berikan ternyata benar-benar tembus 4D {.3567.} dan alhamdulillah MBAH saya menang angka sebanyak Rp 370 juta dalam bentuk uang Indonesia saya menang banyak karna saya pasang angka MBAH dari 5 bandar di sini,saya tidak tau harus berbuat apa untuk membalas kebaikan MBAH,awalnya saya kurang yakin dengan angka yang MBAH berikan ternyata alhamdulillah tembus,saya menang 4D lagi dan kalau boleh saya jujur,.sudah berapa banyak peramal/dukun di internet yang saya hubungi tidak ada satupun yang tembus malahan utang-utang saya bertambah banyak tapi dengan bantuan MBAH kini kehidupan saya jauh lebih sukses dari pada sebelumnya, alhamdulillah saya ada rencana pulang kampung MBAH karna sudah 7 tahun jadi TKI/TKW tidak perna pulang ke indonesia, ini karna bantuan MBAH saya akan pulang ketemu ke dua orang tua saya itu semua berkat bantuan MBAH. saya ingatkan kepada teman2 tidak ada dukun yg bisa menangdingi kesaktian MBAH JENGGOT.,"INGAT" didunia ini tidak ada yg tidak mungkin selama lafadz "kun fa ya kun" selalu dalam genggaman Allah, maka cukuplah dengan berkata "JADILAH MAKA TERJADILAH"
    SYARATNYA : ANDA HARUS SERIUS :
    dalam jangka waktu 24 jam masalah anda bisa ter'atasi. jadi bagi teman-teman yg punya masalah ekonomi atau yg lain bisa minta tolong kepada MBAH JENGGOT,atau pencinta togel yang tidak pernah merasakan kemenangan 4D-5D-6D
    silahkan hubungi;
    MBAH JENGGOT di no ( 085-333-200-687 ) saya sudah buktikan dalam 2X putaran ini tidak perna meleset dan saya pastikan anda tidak akan kecewa dan anda jangan mudah tergiur dengan janji-janji saatnya kita perlu bukti cuma MBAH JENGGOT yang menjamin 100% kemenangan.kalau mau bukti hubungi sekarang...
    dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....

    APAKAH ANDA TERMASUK DALAM KATEGORI DI BAWAH INI !!!!
    1.Dikejar-kejar hutang/Terlilit hutang
    2.Selaluh kalah dalam bermain togel
    3.Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel
    4.Dana ghaib
    5.Uang Balik
    6.ILMU PELET SANGAT AKURAT

    ANDA JANGAN RAGU JANGAN TAKUT, SUDAH TERBUKTI BANYAK ORANG YANG SUKSES, HUBUNGI: MBAH JENGGOT:..

    BalasHapus