Rabu, 14 September 2016

YESHUA ELOHIM HARI SABAT

Mat. 12:8Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."

Menurut pemahaman orang-orang gereja Minggu, karena YESHUA adalah TUHAN atas hari Sabat, maka DIA berhak merubah-rubah hari Sabat ke hari Minggu. Okeylah, DIA berhak untuk berbuat apa saja. Tapi kapan ELOHIM YESHUA merubah atau menyuruh merubah hari Sabat ke hari Minggu?

Kalau Jokowi kita jadikan presiden, atau Ahok kita jadikan gubernur DKI Jakarta, itu semua apakah maksudnya? Apakah supaya Jokowi membubarkan Indonesia? Apakah supaya Ahok mengusir-usir orang Jakarta? Supaya merusak atau supaya memperbaiki?

Kalau seseorang diangkat menjadi direktur sebuah perusahaan, itu apakah maksudnya? Supaya membikin bangkrut perusahaan itu, atau supaya semakin memajukan perusahaan itu? Jawablah!

Jadi, karena ketika murid-murid memetik gandum di hari Sabat karena mereka kelaparan, lalu orang-orang Yahudi mempermasalahkan itu, yaitu mengapa mereka melakukan pekerjaan di hari Sabat, maka ELOHIM YESHUA meluruskan kesalahan mereka memahami makna perhentian Sabat itu. Bahwa perhentian hari Sabat itu bukan untuk menyingkirkan nilai-nilai kemanusiaan, melainkan justru untuk memuliakan kemanusiaan kita.

Larangan bekerja membuka toko atau kerja di kantor pada hari Sabtu, adalah supaya kita bisa berkonsentrasi penuh untuk mengisi jiwa kita dengan Firman TUHAN. Sama seperti kalau anda sekeluarga sedang menikmati liburan dengan berwisata ke luar kota. Mana mau anda diganggu dengan urusan rumah sehari-hari, seperti urusan kantor, urusan bisnis, urusan membuka toko, urusan mencuci pakaian, seterika, belanja ke pasar, memasak, dan lain-lain? Kalaupun ada teman yang menelepon anda urusan bisnis, pasti anda akan berkata: "Maaf, saya sedang refreshing dengan keluarga, saya tidak mau diganggu dengan urusan bisnis. Coba, hari Senin saja kita ketemu membicarakannya di kantor." Begitu, nggak?!

Urusan sehari-hari seperti mencuci pakaian dan seterika, pasti anda tuntaskan di hari sebelum anda berangkat berwisata, supaya di saat anda berwisata itu anda benar-benar menikmati pikiran yang diistirahatkan dari rutinitas. Itulah yang disebut hari persiapan Sabat, yaitu di hari Jum'at siang. Di hari itu anda harus menuntaskan segala pekerjaan rumahtangga, supaya di hari Sabat anda bisa bebas ke gereja.

Mrk. 15:42Sementara itu hari mulai malam, dan hari itu adalah hari persiapan, yaitu hari menjelang Sabat.

Hari persiapan adalah hari menjelang Sabat! Hari Sabat dimulai pada waktu matahari terbenam. Mulai saat itulah segala pekerjaan harus dihentikan, kita masuk pada kehidupan rohaniah selama 24 jam, hingga matahari terbenam esok harinya, yaitu: Sabtu petang.

Hari Sabat itu diadakan ELOHIM YAHWEH dalam rangka memenuhi kebutuhan manusia untuk mengistirahatkan fisiknya seminggu sekali, dan untuk mencukupi jiwa kita dengan Firman TUHAN. Sebab yang membutuhkan makanan itu bukan cuma perut saja, tapi jiwa kita memerlukan makanan rohani supaya hidup kita terpimpin pada jalan yang benar selalu.

ELOHIM YAHWEH memilih hari perhentian itu pada hari yang ketujuh; Sabat artinya perhentian, Sabtu artinya hari yang ketujuh. Sebab pada hari Sabtu itulah ELOHIM YAHWEH menghentikan segala pekerjaan penciptaanNYA.

Kejadian
2:1Demikianlah diselesaikan langit dan bumi dan segala isinya.
2:2Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu.
2:3Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu.
2:4Demikianlah riwayat langit dan bumi pada waktu diciptakan. Ketika TUHAN Allah menjadikan bumi dan langit, --

Keluaran
20:8Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat:
20:9enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu,
20:10tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu.
20:11Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.

Sama halnya Indonesia menjadikan tanggal 17 Agustus 1945 sebagai hari peringatan kemerdekaan, yaitu hari dimana para tokoh proklamator itu bertekad bulat untuk mengakhiri penjajahan di bumi pertiwi ini. Pemilihan harinya bukan di saat mereka memulai perjuangan, juga bukan di tengah-tengah perjuangan, tapi di saat perjuangan telah selesai.

Di saat kejayaan pasukan Jepang, tanggal 7 Desember 1941, Jepang mengebom pangkalan militer Amerika Serikat; Pearl Harbor. Tanggal 6 dan 9 Agustus 1945, Amerika Serikat membalas dengan mengebom Hiroshima dan Nagasaki. Tanggal 14 Agustus 1945, Jepang menyerah kalah pada sekutu. Nah, 17 Agustus 1945 itulah satu-satunya kesempatan bagi Indonesia untuk mengumumkan kemerdekaannya, agar tidak ada bangsa asing lainnya lagi yang berani masuk ke Indonesia, karena telah dibentuk sebuah negara kesatuan dari semulanya kerajaan-kerajaan. 17 Agustus 1945 itulah hari perhentian kita, sebab setelah Jepang kalah, maka penjajahan fakum.

Jadi, ELOHIM YAHWEH melarang kita melakukan pekerjaan di hari Sabat adalah untuk kepentingan kita, bukan kita untuk hari Sabat;

Mrk. 2:27Lalu kata Yesus kepada mereka: "Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat,

Bangsa Yahudi memahaminya manusia untuk hari Sabat, sehingga nilai-nilai kemanusiaan mereka hilangkan demi hari Sabat yang diagung-agungkan. Hari Sabat ditinggikan melebihi manusia, sehingga ketika para murid kelaparan lalu memetik gandum di hari Sabat dipersalahkan, atau ketika ELOHIM YESHUA menyembuhkan orang di hari Sabat juga dilarang. Padahal maksud ELOHIM YAHWEH mengadakan hari Sabat itu untuk memberikan kenyamanan beribadah kepada kita. Supaya tak ada orang yang pikirannya bercabang-cabang soal pekerjaan sehari-hari. Tapi memakan makanan di hari Sabat atau menyembuhkan orang di hari Sabat, mana pernah ELOHIM YAHWEH melarangnya?

Mat. 12:12Bukankah manusia jauh lebih berharga dari pada domba? Karena itu boleh berbuat baik pada hari Sabat."

Karena itu boleh berbuat kebajikan di hari Sabat;

Matius 12:7Jika memang kamu mengerti maksud firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, tentu kamu tidak menghukum orang yang tidak bersalah.

ELOHIM YAHWEH itu ELOHIM yang berbelas kasihan, bukan ELOHIM yang menuntut persembahan! Tapi, kamu jangan kurangajar! Turutilah seluruh perintahNYA, maka IA akan berbelaskasihan pada kita. Tapi kalau kita melawan peraturan atau ketetapan-ketetapanNYA, maka IA akan kejam pada kita;

Matius
12:3Tetapi jawab Yesus kepada mereka: "Tidakkah kamu baca apa yang dilakukan Daud, ketika ia dan mereka yang mengikutinya lapar,
12:4bagaimana ia masuk ke dalam Rumah Allah dan bagaimana mereka makan roti sajian yang tidak boleh dimakan, baik olehnya maupun oleh mereka yang mengikutinya, kecuali oleh imam-imam?

Daud, bapa leluhur bangsa Yahudi, yang mereka agung-agungkan, tertulis di Alkitab pernah melakukan pelanggaran, yakni memakan roti yang diperuntukkan bagi imam-imam Lewi saja[Daud dari suku Yehuda]. Mengapa mereka tidak mempermasalahkan kesalahan nenek-moyang mereka yang jelas-jelas tertulis di Alkitab? Sementara apa yang ELOHIM YESHUA dan para murid lakukan masih belum dicatat ke dalam Kitab Suci. Harusnya apa yang ada di Kitab Suci itulah yang dikritisi lebih dahulu, sebelum mengkritisi hal-hal yang belum dikitabsucikan.

Persalahkan dulu Daud, baru persalahkan ELOHIM YESHUA dan para muridNYA. Atau;

Matius
12:5Atau tidakkah kamu baca dalam kitab Taurat, bahwa pada hari-hari Sabat, imam-imam melanggar hukum Sabat di dalam Bait Allah, namun tidak bersalah?
12:6Aku berkata kepadamu: Di sini ada yang melebihi Bait Allah.

"Namun tidak bersalah" tentu saja maksudnya: mengapa tidak mereka permasalahkan? ELOHIM YESHUA tidak menyatakan bahwa kelakuan para imam itu benar, sebab apa yang salah tetaplah salah sekalipun imam yang melakukannya. Tapi ELOHIM YESHUA hendak mencelikkan bahwa mereka itu sebenarnya bukan menegakkan hukum Taurat, melainkan bermaksud mencari-cari kelemahan ELOHIM YESHUA.

Nah, pada saat itulah ELOHIM YESHUA menyatakan bahwa kedudukan DiriNYA itu melebihi Bait Suci. Dan sebagaimana konsep hukumnya, yang lebih tinggi itu mematahkan yang dibawahnya, maka kedatangan ELOHIM YESHUA itu merobohkan segala ritual-ritual yang berkenaan dengan Bait Suci, termasuk mengakhiri keagamaan Yahudi berikut dengan imam-imam Lewinya. Dari 5 kitab Taurat nabi Musa, kitab Bilangan dan Imamat selesai di kayu salib.

Ef. 2:15sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,

Apa saja yang berkenaan dengan Bait Suci, selesai! Sudah digenapi!

Dan. 9:27Raja itu akan membuat perjanjian itu menjadi berat bagi banyak orang selama satu kali tujuh masa. Pada pertengahan tujuh masa itu ia akan menghentikan korban sembelihan dan korban santapan; dan di atas sayap kekejian akan datang yang membinasakan, sampai pemusnahan yang telah ditetapkan menimpa yang membinasakan itu."

Raja Herodes yang menyalibkan ELOHIM YESHUA itu menghentikan korban sembelihan dan korban santapan.

Tapi 3 kitab yang lainnya, yaitu: Kejadian, Keluaran dan Ulangan adalah kitab-kitab sejarah, bukan kitab peraturan keagamaan. Karena itu ke-3 kitab tersebut masih perlu dibaca dan dipelajari.

Hari Sabat sudah dibuat ELOHIM YAHWEH di saat penciptaan, sebelum manusia jatuh ke dalam dosa. Itu tertulis dalam kitab Kejadian sebagai sejarah penciptaan. Kemudian ketika ELOHIM YAHWEH mengajarkan keagamaan kepada bangsa Yahudi, hari Sabat itu dimasukkan ke dalam 10 hukum, hukum ke-4, yang tertulis dalam kitab Keluaran 20:1-18. Hukum hari Sabat tidak masuk di kitab Bilangan maupun Imamat. Kalaupun termuat di kitab Imamat, itu dikaitkan dengan ritual-ritual Bait Suci, seperti hari raya-hari raya, yang memberikan bayangan tentang kedatangan ELOHIM YESHUA. Contohnya;

Imamat
16:29Inilah yang harus menjadi ketetapan untuk selama-lamanya bagi kamu, yakni pada bulan yang ketujuh, pada tanggal sepuluh bulan itu kamu harus merendahkan diri dengan berpuasa dan janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan, baik orang Israel asli maupun orang asing yang tinggal di tengah-tengahmu.
16:30Karena pada hari itu harus diadakan pendamaian bagimu untuk mentahirkan kamu. Kamu akan ditahirkan dari segala dosamu di hadapan TUHAN.
16:31Hari itu harus menjadi sabat, hari perhentian penuh, bagimu dan kamu harus merendahkan diri dengan berpuasa. Itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya.

Itulah hari raya pendamaian atau grafirat, yang jatuh pada tanggal 22 Oktober, di mana seorang imam besar masuk ke bilik mahasuci untuk menghadap ELOHIM YAHWEH setahun sekali. Ini sudah tidak berlaku lagi.

Tapi peraturan hari Sabat secara umum, masih tetap mengikat setiap umat ELOHIM YAHWEH disepanjang zaman, dengan kata-kata: "Ingatlah", setelah manusia terjatuh ke dalam dosa. Sebab dosa membuat manusia melupakan TUHAN-nya. Karena itu: "ingatlah!"

Ibrani 4:9Jadi masih tersedia suatu hari perhentian, hari ketujuh, bagi umat Allah.

Yesaya
66:22Sebab sama seperti langit yang baru dan bumi yang baru yang akan Kujadikan itu, tinggal tetap di hadapan-Ku, demikianlah firman TUHAN, demikianlah keturunanmu dan namamu akan tinggal tetap.
66:23Bulan berganti bulan, dan Sabat berganti Sabat, maka seluruh umat manusia akan datang untuk sujud menyembah di hadapan-Ku, firman TUHAN.
66:24Mereka akan keluar dan akan memandangi bangkai orang-orang yang telah memberontak kepada-Ku. Di situ ulat-ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam, maka semuanya akan menjadi kengerian bagi segala yang hidup.

Karena itulah ELOHIM YESHUA menyuruh kita berdoa, meminta kepada ELOHIM YAHWEH supaya jika terjadi kerusuhan atau penganiayaan supaya jangan terjadi di hari Sabat;

Matius
24:19Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu.
24:20Berdoalah, supaya waktu kamu melarikan diri itu jangan jatuh pada musim dingin dan jangan pada hari Sabat.

Apa sebab? Sebab di hari perhentian kita tidak diperbolehkan melakukan perjalanan jauh. Hari Sabat ya harus berhenti! Itulah suatu ketetapan yang tidak boleh dibantah atau dilanggar, karena perintah ELOHIM YAHWEH. Apapun yang terjadi, harus berdiam diri! Kekecualiannya adalah menolong orang lain. Menolong orang lain itu kebajikan yang wajib dilakukan disegala waktu. Tapi penyelamatan diri atau hal-hal yang sifatnya mementingkan diri sendiri, tidak diperbolehkan. Karena itu mintalah kepada ELOHIM YAHWEH, supaya jika terjadi penganiayaan jangan dijatuhkan di hari Sabat atau musim dingin, supaya kita bisa melarikan diri.

Ayat tersebut sekaligus memberikan jawaban tentang Natal 25 Desember, bahwa ELOHIM YESHUA tidak mungkin dilahirkan di musim dingin. Tanggal itu salah! Musim dingin tidak mungkin orang-orang Majus melakukan perjalanan jauh, dan tidak mungkin ada gembala domba yang menggembalakan dombanya.

Jadi, tidak ada ayat yang memberikan petunjuk bahwa ELOHIM YESHUA telah memindahkan hari Sabat ke hari Minggu. Sebab jika ELOHIM YAHWEH saja berhenti bekerja, ELOHIM YESHUA dan para malaikat di sorga pasti ikut berhenti. Sebab jika sebelum manusia jatuh ke dalam dosa saja sudah ada hari Sabat, lebih-lebih lagi setelah manusia jatuh ke dalam dosa. Manusia yang jatuh ke dalam dosa ini perlu diajari, perlu diperkenalkan dengan tradisi atau cara hidup ELOHIM YAHWEH.

10 Hukum ELOHIM YAHWEH itu memiliki kekhasan, yakni ditulis di 2 loh batu, bukan sebagaimana kitab-kitab yang ditulis di perkamen, media menulis di kulit binatang, dan ditulis oleh Jari ELOHIM YAHWEH sendiri, bukan sebagaimana ke-66 kitab Alkitab yang ditulis oleh tangan manusia.

Kel. 32:16Kedua loh itu ialah pekerjaan Allah dan tulisan itu ialah tulisan Allah, ditukik pada loh-loh itu.

Jadi, 10 Hukum ELOHIM YAHWEH itu merupakan hukum universal, untuk seluruh umat manusia, bukan dikhususkan untuk bangsa Yahudi saja. Terbukti, jika aturan-aturan keagamaan Yahudi belum tentu bisa diterima oleh bangsa-bangsa lainnya, tapi 10 hukum itu sebagian besarnya bisa diterima oleh semua bangsa di seluruh dunia, seperti:

>> Menghormati orangtua

>> Jangan membunuh

>> Jangan berzinah

>> Jangan mencuri

>> Jangan berbohong

>> Jangan iri hati

Orang lebih mudah menerima ke-6 hukum tersebut daripada menerima dan mempercayai ELOHIM YESHUA. Tapi, dari manakah sumber hukum-hukum tersebut kalau bukan dari 10 hukum ELOHIM YAHWEH? Itulah hukum tertulis yang tertua yang ada di dunia, yang dituliskan pada tahun 1500 Sebelum Masehi, atau 3.500 tahun yang lalu. Dan karena itu merupakan hak paten ELOHIM YAHWEH, maka mana boleh orang memisahkannya dari ke-4 hukum yang lainnya;

>> Jangan ada elohim yang selain YAHWEH

>> Jangan membuat patung

>> Jangan menyebut nama YAHWEH sembarangan

>> Ingat dan kuduskanlah hari Sabat. 

Mat. 23:23Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan.

Yak. 2:10Sebab barangsiapa menuruti seluruh hukum itu, tetapi mengabaikan satu bagian dari padanya, ia bersalah terhadap seluruhnya.

Selain 10 Hukum ELOHIM YAHWEH, yang diluar hukum keagamaan Yahudi adalah hukum sunat. Ketentuan sunat ini diberikan ELOHIM YAHWEH kepada Abraham, sebelum bangsa Israel ada. Adapun tujuan sunat adalah untuk menandai keturunan Abraham. Karena itu kalau anda memang orang berdarah Yahudi, silahkan saja disunat. Tapi kalau anda orang Indonesia, mengapakah anda harus sunat? Orang Islam itu bukan orang Arab, yang keturunan Abraham. Sedangkan orang Arab saja tidak boleh disebut sebagai anaknya Abraham oleh ELOHIM YAHWEH. Jadi, buat apa orang Arab dan orang Islam yang jelas-jelas memusuhi dan anti Yahudi itu disunat? Sunat anda itu membuat Alkitab ketawa ngakak: Hua..ha..ha......!

Kata Alkitab: "Kamu nggak ngerti! Kamu nggak ngerti! Kamu nggak ngerti ceritanya!"

Padahal Keyahudian sudah berakhir oleh kedatangan ELOHIM YESHUA. ELOHIM YAHWEH sudah menggenapi janjiNYA kepada Abraham oleh menurunkan ELOHIM YESHUA menjadi berkat bagi bangsa-bangsa. Karena itu tanda sunat sudah tidak diperlukan lagi, sebab perjanjian ELOHIM YAHWEH dengan Abraham sudah selesai. Jadi, ngapain orang Yahudi masih disunat?

ELOHIM YESHUA itu untuk segala bangsa!

Kol. 3:11dalam hal ini tiada lagi orang Yunani atau orang Yahudi, orang bersunat atau orang tak bersunat, orang Barbar atau orang Skit, budak atau orang merdeka, tetapi Kristus adalah semua dan di dalam segala sesuatu.

Yang berlaku adalah:

Yohanes 3:18Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.

Wahyu 14:12Yang penting di sini ialah ketekunan orang-orang kudus, yang menuruti perintah Allah dan iman kepada Yesus.

Yang penting adalah menuruti 10 Hukum ELOHIM YAHWEH dan beriman pada ELOHIM YESHUA.

1Yoh. 1:3Apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar itu, kami beritakan kepada kamu juga, supaya kamupun beroleh persekutuan dengan kami. Dan persekutuan kami adalah persekutuan dengan Bapa dan dengan Anak-Nya, Yesus Kristus.

Persekutuan Kristen adalah persekutuan dengan BAPA dan ANAK, tanpa ROH KUDUS. ROH KUDUS diberikan pada saat kita bersekutu dengan BAPA dan ANAK. ROH KUDUS adalah tanda kehadiran BAPA dan ANAK. ROH KUDUS adalah wakil BAPA dan ANAK. ROH KUDUS adalah tanda kita orang yang beriman kepada BAPA dan ANAK.

Baptisan Yohanes Pembaptis adalah baptisan BAPA saja. Orang dipertobatkan pada BAPA. Tapi baptisan ELOHIM YESHUA adalah baptisan BAPA dan ANAK. Nah, di saat itulah ROH KUDUS diberikan;

Mat. 3:11Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.

Kisah
19:3Lalu kata Paulus kepada mereka: "Kalau begitu dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis?" Jawab mereka: "Dengan baptisan Yohanes."
19:4Kata Paulus: "Baptisan Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia berkata kepada orang banyak, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus."
19:5Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.
19:6Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat.

Hasil gambar untuk gambar hari sabat

2 komentar:

  1. KISAH NYATA DARI SAYA BPK.KARTA BUKAN REKAYASA INI BETUL2 NYATA DIKELUARGA KAMI.
    Assalamualaikum wr.wb,saya BPK.KARTA seorang buruh tani di madium jawa timur ingin mengucapka banyak terimah kasih kepada KI WARSA atas bantuan AKI. kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan KI WARSA pula yang telah memberikan angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D dan alhamdulillah telah berhasil memenangkan 5x berturut turut tembus.sekali lagi makasih yaa AKI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 ribu dan akhirnya saya menang.Berkat angka gaib hasil ritual AKI WARSA saya sudah buka usaha matreal di jakarta dan istri saya juga buka butyk baju dimall mangga dua. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan HUB/SMS AKI WARSA di nomor hpnya di: 0852 4968 9269 atau KLIK DISINI dan ramalan AKI WARSA memang memiliki ramalan GAIB” yang dijamin 100% tembus.
    KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA MAKANYA NAMA BELIAU SAYA CANTUNKAN DI INTERNET…

    *angka ritual gaib singapura

    *angka ritual gaib hongkong

    *angka ritual gaib malyaisia

    *angka ritual gaib sidney

    *angka ritual gaib kuda lari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
      dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
      berikan 4D/ angka [] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
      dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
      ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI insya
      allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
      kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
      sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
      yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI ALIH,,di no (((_082 313 669 888_)))insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 2750 JUTA , wassalam.


      dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....


      Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


      1"Dikejar-kejar hutang

      2"Selaluh kalah dalam bermain togel

      3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel


      4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat


      5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya

      tapi tidak ada satupun yang berhasil..




      KLIK DISINI ANGKA TOGEL JITU 2D 3D 4D 5D 6D




      Solusi yang tepat jangan anda putus asah... AKI ALIH akan membantu

      anda semua dengan Angka ritual/GHOIB:

      butuh angka togel 2D/ ,3D/, 4D/ 5D/ 6D/ SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO

      MAGNUM / dijamin

      100% jebol

      Apabila ada waktu

      silahkan Hub: AKI ALIH DI NO: (((_082 313 669 888_)))


      ANGKA RITUAL: TOTO/MAGNUM 4D/5D/6D/


      ANGKA RITUAL: HONGKONG 2D/3D/4D/6D/



      ANGKA RITUAL; KUDA LARI 2D/3D/4D/6D/



      ANGKA RITUAL; SINGAPUR 2D/3D/4D/ 6D/



      ANGKA RITUAL; TAIWAN,THAILAND



      ANGKA RITUAL: SIDNEY 2D/3D/4D 6D/







      Hapus