Sabtu, 03 September 2016

TUJUH MALAPETAKA TERAKHIR

Wahyu
14:6Dan aku melihat seorang malaikat lain terbang di tengah-tengah langit dan padanya ada Injil yang kekal untuk diberitakannya kepada mereka yang diam di atas bumi dan kepada semua bangsa dan suku dan bahasa dan kaum,
14:7dan ia berseru dengan suara nyaring: "Takutlah akan Allah dan muliakanlah Dia, karena telah tiba saat penghakiman-Nya, dan sembahlah Dia yang telah menjadikan langit dan bumi dan laut dan semua mata air."
14:8Dan seorang malaikat lain, malaikat kedua, menyusul dia dan berkata: "Sudah rubuh, sudah rubuh Babel, kota besar itu, yang telah memabukkan segala bangsa dengan anggur hawa nafsu cabulnya."
14:9Dan seorang malaikat lain, malaikat ketiga, menyusul mereka, dan berkata dengan suara nyaring: "Jikalau seorang menyembah binatang dan patungnya itu, dan menerima tanda pada dahinya atau pada tangannya,
14:10maka ia akan minum dari anggur murka Allah, yang disediakan tanpa campuran dalam cawan murka-Nya; dan ia akan disiksa dengan api dan belerang di depan mata malaikat-malaikat kudus dan di depan mata Anak Domba.

Konsep kerja ELOHIM YAHWEH itu selalu rangkap 2; harafiah dan rohani, lambang dan nyatanya, skala kecil dan skala sesungguhnya, pendahuluan dan terakhirnya. Demikian halnya dengan sebagian nubuat-nubuat Alkitab, ada yang didahului dengan hal-hal yang tidak nyata sebagai gambaran dari yang sebenarnya yang akan terjadi kemudian. Sebagai contoh yang saat ini sedang ramai diperbincangkan orang di berbagai belahan dunia adalah terdengarnya suara misterius seperti bunyi sangkakala, termasuk pernah terdengar di Jakarta, Yogyakarta, dan lain-lainnya. Saya pikir itu hanyalah pendahuluan dari yang sebenarnya yang akan terjadi kelak jika ELOHIM YESHUA datang keduakalinya.

Nah, berikut ini adalah 7 malapetaka yang akan ditimpakan ELOHIM YAHWEH ke dunia dalam waktu sehari atau setahun nubuatan;

Why. 18:8Sebab itu segala malapetakanya akan datang dalam satu hari, yaitu sampar dan perkabungan dan kelaparan; dan ia akan dibakar dengan api, karena Tuhan Allah, yang menghakimi dia, adalah kuat."

1. BISUL YANG JAHAT

Wahyu
16:1Dan aku mendengar suara yang nyaring dari dalam Bait Suci berkata kepada ketujuh malaikat itu: "Pergilah dan tumpahkanlah ketujuh cawan murka Allah itu ke atas bumi."
16:2Maka pergilah malaikat yang pertama dan ia menumpahkan cawannya ke atas bumi; maka timbullah bisul yang jahat dan yang berbahaya pada semua orang yang memakai tanda dari binatang itu dan yang menyembah patungnya.

Itulah penyakit kanker yang diawali dengan bisul, yang saat ini merupakan ancaman besar umat manusia.


2. LAUT DARAH

Wahyu 16:3Dan malaikat yang kedua menumpahkan cawannya ke atas laut; maka airnya menjadi darah, seperti darah orang mati dan matilah segala yang bernyawa, yang hidup di dalam laut.

Kita memiliki kesaksian adanya lautan yang diberi nama: LAUT MERAH, sebuah nama yang aneh untuk suasana air lautan yang umumnya berwarna biru. Yang dimaksud Laut Merah adalah laut Teberau, yang pernah dilalui oleh nabi Musa beserta dengan bangsa Israel. "Teberau" adalah terjemahan bahasa Indonesia yang artinya adalah gelagah, dari bahasa Ibrani: YAM SUF - Laut Gelagah, karena banyak ditumbuhi gelagah. Tidak jelas bagaimana asal mulanya sampai diberi nama Laut Merah.

Sekalipun Alkitab bahasa Inggris menterjemahkannya sebagai "The Reed Sea", yang mirip-mirip "Red" yang artinya merah, tidak mungkin orang-orang seluruh dunia bisa salah dengan memberinya nama: Laut Merah. Pasti ada dasarnya orang memberi nama tersebut, misalnya pernah terjadi air laut itu tiba-tiba berwarna merah. 

Jadi, karena tidak ada kejelasan asal-usulnya, maka itu bisa dijadikan pembenaran untuk Alkitab. Contoh lainnya adalah penciptaan alam semesta. Karena tidak ada klaim yang jelas dari teori-teori kejadian alam semesta, maka itu menjadi kebenaran Alkitab bahwa ELOHIM-lah yang menciptakannya.

>> Dalam pendapat lain, laut itu disebut dengan Laut Merah dikarenakan terkadang dipenuhi oleh bunga ganggang syanobacteria yang disebut trichodesmium erythaerum. Nah, setelah tanaman ini mati biasanya air laut berubah menjadi cokelat kemerahan. Tapi, dikarenakan warna tersebut tidak betul-betul melekat dengan air di seluruh lautan luas, maka tingkat kemerahannya bervariasi tergantung banyak atau tidaknya ganggang tersebut.


3. SUNGAI DARAH

Wahyu
16:4Dan malaikat yang ketiga menumpahkan cawannya atas sungai-sungai dan mata-mata air, dan semuanya menjadi darah.
16:5Dan aku mendengar malaikat yang berkuasa atas air itu berkata: "Adil Engkau, Engkau yang ada dan yang sudah ada, Engkau yang kudus, yang telah menjatuhkan hukuman ini.
16:6Karena mereka telah menumpahkan darah orang-orang kudus dan para nabi, Engkau juga telah memberi mereka minum darah; hal itu wajar bagi mereka!"
16:7Dan aku mendengar mezbah itu berkata: "Ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa, benar dan adil segala penghakiman-Mu."



>> 22 Juni 2015 - KOMPAS.com
 — Warna air di perairan Pulau Ai, Kepulauan Banda, Maluku Tengah, tiba-tiba menjadi merah. Fenomena itu membuat warga setempat geger dan panik.

>> 29 November 2012 - Pantai Bondi Australia yang selalu dipadati turis ini mendadak memiliki air laut yang berwarna merah seperti darah. Hal ini disebabkan banyaknya populasi alga merah yang terdapat di pantai Bondi dan membuat air laut menjadi merah. Namun, fenomena alam ini termasuk normal dan terjadi karena kondisi cuaca yang buruk. Fenomena ini juga terjadi di Pantai Maroubra dan Pantai Clovelly yang mengalami hal serupa karena alga merah dan ditutup sementara untuk dilakukan tes air. Kepala penjaga pantai, Bruce Hopkins mengatakan bahkan ledakan populasi alga itu terlihat di sisi utara Pantai Bondi pada pukul 06.30 waktu setempat. "Akibatnya ini menimbulkan bau amis," kata Hopkins seperti yang dilansir dari News Australia, Selasa (27/11/2012). "Ini mungkin bisa menimbulkan iritasi kulit beberapa orang, tapi umumnya tidak akan lebih dari itu," lanjutnya. Hopkins mengungkapkan banyaknya alga ini membuat warna merah keungunan mirip seperti kilauan minyak. Sebelumnya hal ini belum pernah terjadi di Bondi. Penutupan pantai-pantai ini menjadi berita buruk bagi turis dan pengunjung pantai. Apalagi kalau tragedi ini berlanjut selama seminggu ketika suhu menonjak hingga lebih dari 40 derajat Celcius pada hari Sabtu. "Ada beberapa kemungkinan risiko terhadap kesehatan manusia dari ganggang merah termasuk ruam kulit dan iritasi mata, dan untuk alasan ini, pantai akan tetap ditutup sampai ganggang menghilang," kata juru bicara Dewan Randwick.


>> 29 Apr 2016 - Liputan6.com, Kediri - Warga Kota Kediri, Jawa Timur, sempat heboh menyusul temuan sungai yang berwarna merah darah. Dari kajian yang dilakukan, sungai di kawasan Pesantren Kota Kediri itu hanya sebagai jalur yang dilintasi air berwarna merah darah.

"Dari laporan masyarakat setempat, kejadian tersebut terjadi pada Kamis 28 April 2016, sekitar pukul 11.30 Wib," kata Kepala Humas Pemerintah Kota Kediri, Apip Purnama, kepada Liputan6.com, Jumat (29/4/2016).

Apip mengatakan bahwa setengah jam setelah mendapatkan laporan, beberapa staf dari kantor Lingkungan Hidup langsung menuju ke lokasi kejadian. Namun temuan di lokasi menunjukkan bahwa sungai yang dimaksud sudah tidak berwarna merah atau sudah normal.

>> 28/3/2014 - Sindonews.com - Air Sungai Citarum di Karawang, Jawa Barat mendadak berwarna merah. Kondisi terparah perubahan warna Sungai Citarum, terjadi di bawah Jembatan Galuh Mas, Telukjambe Karawang.
Di bawah jembatan yang menghubungkan wilayah Telukjambe dengan perkotaan Karawang ini, air Sungai Citarum yang mengalir dari Walahar hingga Tanjungpura, berwarna merah, seperti darah.
Akibatnya ratusan ikan terlihat mengambang di sungai tersebut. Tentu saja, perubahan warna air sungai yang mendadak ini membuat geger warga.
Mardi (47) warga bantaran air Sungai Citarum di kawasan Telukjambe menuturkan, pertama kali dirinya melihat air Sungai Citarum berubah warna menjadi merah, ketika dirinya hendak mencari ikan di sungai tersebut.
Mardi yang kesehariannya menggantungkan nafkahnya pada pencarian ikan di Sungai Citarum, mengaku kaget ketika dilihatnya air sungai berwarna merah seperti darah.
"Saat itu pukul 06.00 WIB. Saya mau mencari ikan, begitu lihat air sungai ternyata warna merah seperti darah. Saya sempat kaget,"ujarnya, Jumat (28/3/2014).

>> Sungai Yangtze di China Berubah Warna Menjadi Merah

Penduduk yang tinggal di daerah pesisir sungai Yangtze China gempar akibat berubahnya warna air menjadi warna merah yang menyerupai jus tomat yang mengalir di sungai tersebut. Pejabat resmi setempat mengkonfirmasi bahwa mereka tidak tahu persis apa yang menyebabkan perubahan warna pada air sungai tersebut.

Menurut harian berita ABC News, sebagian besar warna merah darah pada sungai tersebut berpusat di daerah Chongqing, salah satu kawasan industri terkenal dan terbesar yang terletak di kawasan China barat daya. Selain di daerah tersebut, warna merah tersebut juga terlihat di beberapa daerah lainnya di sepanjang sungai.
Tim peneliti yang turun ke lapangan belum menemukan secara pasti penyebabnya, namun harian Inggris, Telegraph mengatakan bahwa kemungkinan terbesar penyebab perubahan warna tersebut adalah disebabkan oleh polusi industri yang berlebihan.

>> Di Northamptonshire, Inggris. Airnya tak berwarna kecoklatan seperti biasa. Melainkan semerah darah. Bahkan pekat di beberapa titik. Perubahan tiba-tiba itu membuat warga desa bingung bukan kepalang. Kejadian tak biasa itu jadi ramai dibahas di Facebook. Beberapa orang membandingkannya dengan adegan dari film horor. Lainnya tanpa pikir panjang berspekulasi, itu pertanda kiamat.

“Saat pertama melihatnya, aku pikir sesuatu mati di sana, karena warnanya amat mirip dengan darah. Lalu, kulihat sepanjang aliran berwarna merah. Hanya seekor paus yang bisa menghasilkan darah sebanyak itu,” kata Pep Finn-Scinaldi (28) kebingungan.

>> 30 April 2014, di Bern, Swiss, sungai Lotzwil berubah warnanya menjadi merah seperti darah merah.“Sama sekali belum ada penjelasan untuk itu. Mungkinkah ini tanda kawasan Kutub mengalami pergeseran?” kata para ilmuwan.

>> Warga Sevenagala dan Indikolapelessa di Kabupaten Moneragala, daerah di bagian tenggara Sri Lanka menyaksikan fenomena yang tidak biasa pada 14-15 November 2012. Awalnya turun hujan berwarna itu selama lebih dari 15 menit di Sewanagala, Monaragala dan Manampitiya dan Polonnaruwa. Laporan awal dari seorang pejabat senior dari Departemen Meteorologi mengatakan hujan merah bukanlah fenomena alam. Alasannya karena bahan kimia dari pabrik-pabrik yang tercampur dengan awan.

>> Sungai Beirut juga berubah darah berwana merah darah pada pekan kedua Februari 2012. Hal itu terjadi setelah aliran cairan merah tak dikenal mulai mengalir dari tepi selatan sungai di Furn al-Shubbak.

>> Danau di Camargue, Prancis selatan juga telah berubah darah merah. Ilmuwan percaya bahwa itu merupakan fenomena alam. Namun beberapa analisa awal menyebutkan, konsentrasi garam yang tinggi dalam bentuk dataran garam mengubah air biasanya biru merah warna merah pekat.


4. MATAHARI YANG MENGHANGUSKAN

Wahyu
16:8Dan malaikat yang keempat menumpahkan cawannya ke atas matahari, dan kepadanya diberi kuasa untuk menghanguskan manusia dengan api.
16:9Dan manusia dihanguskan oleh panas api yang dahsyat, dan mereka menghujat nama Allah yang berkuasa atas malapetaka-malapetaka itu dan mereka tidak bertobat untuk memuliakan Dia.

>> 25 Juli 2016 - Suhu udara di Amerika saat ini sangat panas dan pakar-pakar cuaca mengatakan wilayah di belahan utara akan mengalami suhu yang lebih panas dibanding biasanya setidaknya dua bulan mendatang atau sepanjang musim panas hingga musim gugur.
The National Weather Service telah mengeluarkan peringatan suhu sangat panas di sebagian besar wilayah Amerika, mulai dari North Dakota hingga ke negara-negara bagian di tengah dan selatan.
Pakar cuaca menyalahkan kondisi ini pada “heat dome” atau “kubah panas” di Amerika, yaitu sistem tekanan tinggi yang merangkap suhu panas dan lembab dalam jumlah besar yang menimbulkan panas terik di permukaan bumi.
Zona udara sangat panas itu mencakup Philadelphia, di mana konvensi nasional Partai Demokrat akan dilangsungkan mulai Senin (25/7). Beberapa pejabat telah mengingatkan siapa pun yang ingin menggelar demonstrasi di luar arena konvensi supaya hati-hati, minum banyak air dan tidak berkemah di dekat lokasi konvensi.
Tim medis akan siap siaga merawat siapa pun yang terpapar udara panas ini.
Suhu udara hingga 40 derajat Celsius diperkirakan akan terasa di sejumlah daerah hingga hari Senin (25/7/2016).
Kelembaban tinggi akibat air yang sangat panas di Teluk Meksiko akan membuat cuaca lebih tertekan lagi.

>> 21 Mei 2016 -
Kota Rajasthan di India memecahkan rekor suhu terpanas mencapai 51C, yang tertinggi sejak catatan temperatur dimulai, jelas petugas Badan Meteorologi.
Rekor terbaru tercatat di Phalodi sebuah wilayah gurun ditengah gelombang panas yang terjadi di seluruh India.
Sebelumnya, rekor temperatur tertinggi mencapai 50,6C pada 1956.
Gelombang panas sebagian besar menerpa wilayah bagian utara India, di mana temperatur mencapai 40C selama sepekan.
Musim penghujan di India selalu ditandai dengan pekan-pekan yang panas dengan sinar matahari yang terik dan peningkatan temperatur, tetapi suhu panas sampai 50 derajat yang dapat mengancam jiwa jarang terjadi.

Warga frustasi

Rumor dan meme yang menunjukan rasa frustasi penduduk India tampak dalam media sosial.
Murari Lal Thanvi, seorang saksi mata di Phalodi, mengatakan kepada BBC dia harus berjuang untuk berada di luar ruangan pada Jumat lalu.
"Bahkan telepon seluler saya pun menyerah dan berhenti bekerja ketika saya berusaha mengambil foto hari ini," kata dia.
"Saya biasanya dapat menyalakan telepon seluler saya setelah meletakkan sebuah kain basah di atasnya sekitar 20-25 menit."

>> Gelombang panas Eropa 2003 adalah musim panas terpanas di Eropa sejak tahun 1540.[1] Perancis adalah negara yang terkena dampak paling parah. Gelombang panas ini menyebabkan krisis kesehatan di beberapa negara dan dikombinasikan dengan kekeringan di beberapa bagian Eropa Selatan. Analisis medis menyatakan bahwa jumlah korban tewas di Eropa akibat peristiwa ini sebanyak 70.000 jiwa.[2]

>> 2 Mei 2016 - BANGKOK – Thailand tengah menghadapi gelombang panas terpanjang dengan suhu rata-rata per harinya di atas 40 derajat Celsius tahun ini. Dengan suhu tertinggi yang pernah tercatat sebesar 44,3 derajat Celsius. Pemerintah pun mengimbau warganya untuk tetap berada di rumah, menghindari cuaca panas.
“Tetaplah di dalam rumah, batasi kegiatan di luar. Gunakan kaca mata hitam, pakai topi dengan pinggiran besar. Minum air lebih banyak dari biasanya,” demikian seruan Kementerian Pengendalian Penyakit di Bangkok, dikutip dari Asian Correspondent, Senin (2/5/2016).


5. BISUL VATIKAN

Wahyu
16:10Dan malaikat yang kelima menumpahkan cawannya ke atas takhta binatang itu dan kerajaannya menjadi gelap, dan mereka menggigit lidah mereka karena kesakitan,
16:11dan mereka menghujat Allah yang di sorga karena kesakitan dan karena bisul mereka, tetapi mereka tidak bertobat dari perbuatan-perbuatan mereka.

>> 19 Oktober 2012 -  Tiap Bulan 8 Orang Italia Bunuh Diri Karena Krisis Ekonomi

Sedikitnya 110 orang Italia nekad bunuh diri pada 2012 akibat krisis ekonomi yang merongrong negeri itu, kata perhimpunan pertanian terbesar nasional, Coldiretti.

Menurut studi oleh perhimpunan tersebut, yang dilakukan dengan dasar jumlah yang disiarkan oleh Perhimpunan Ahli Ilmu Jiwa Italia, negara itu telah menghadapi lebih dari delapan kasus bunuh diri setiap bulan.

"Itu adalah tragedi yang mempengaruhi pegawai dan majikan yang tak melihat prospek apa pun dalam pekerjaan dan tertekan oleh masa depan mereka dan keluarga mereka," kata Coldiretti, Kamis (18/10).

"Perilaku ekstrem semacam itu mencerminkan situasi kesulitan ekonomi yang mempengaruhi banyak keluarga dan pengusaha, yang seringkali ditambah parah oleh krisis kredit," tambah laporan tersebut.

Menurut satu studi yang disiarkan awal pekan ini oleh penyedia informasi usaha Cribis D&B, hampir 9 ribu perusahaan telah tutup sejak awal 2012 di negara yang dilanda resesi yang menanggung beban hampir tiga juta warganya tak bekerja.

Pada Kamis, seorang pria membakar dirinya di luar kediaman resmi Presiden Italia, Giorgio Napolitano, di Roma.

Lelaki itu, yang dilaporkan berusia 55 tahun dan ayah yang baru saja kehilangan pekerjaan, dengan cepat memperoleh bantuan medis dan dibawa ke rumah sakit.

Media lokal melaporkan nyawanya bisa diselamatkan meski menderita banyak luka bakar.

>> 14 Agu 2014 -  Meskipun pertumbuhan ekonomi Italia diprediksi membaik, tapi hidup dirundung kesulitan ekonomi tentu tak mudah. Sejumlah laporan menyebutkan, tingkat bunuh diri penduduk meningkat sebesar 40 persen pada tiga bulan pertama tahun lalu.
Peningkatan kasus bunuh diri tersebut disebabkan situasi ekonomi yang kacau di negara tersebut. Sekitar 28 persen kasus bunuh diri disebabkan karena kehilangan pekerjaan.
Baru-baru ini, Perdana Menteri Italia Matteo Renzi merasa tertekan mengingat ibu kota negara tersebut benar-benar jatuh bangkrut dan sangat membutuhkan dana segar.
Sementara Gubernur Roma Ignazio Marino mengatakan, Roma telah berpuluh-puluh tahun membuang banyak uang yang bukan untuk kepentingan negara.
Sejauh ini, Italia masih berusaha keras untuk bisa keluar dari jebakan krisis ekonomi yang menderanya sejak enam tahun lalu. (Sis/Nrm)


6. SUNGAI EFRAT MENGERING

Wahyu 16:12Dan malaikat yang keenam menumpahkan cawannya ke atas sungai yang besar, sungai Efrat, lalu keringlah airnya, supaya siaplah jalan bagi raja-raja yang datang dari sebelah timur.


>> Sungai Eufrat. Sungai terpanjang di Asia bagian Barat yang bermata air di Anatolia Turki dan bermuara di Teluk Persia ini mengalami proses mengering. Sungai sepanjang 2,781 meter itu menjadi perhatian khusus NASA.

Para ilmuwan NASA menemukan, sejak tahun 2003 hingga 2010, debit air sepanjang sungai Tigris dan Eufrat mulai Turki, Suriah, Irak hingga Iran telah kehilangan 144 juta kilometer kubik. Debit itu terus berkurang dalam jumlah besar pada periode 2010 hingga 2015.


7. KOTA VATIKAN TERBELAH TIGA

Wahyu
16:17Dan malaikat yang ketujuh menumpahkan cawannya ke angkasa. Dan dari dalam Bait Suci kedengaranlah suara yang nyaring dari takhta itu, katanya: "Sudah terlaksana."
16:18Maka memancarlah kilat dan menderulah bunyi guruh, dan terjadilah gempa bumi yang dahsyat seperti belum pernah terjadi sejak manusia ada di atas bumi. Begitu hebatnya gempa bumi itu.
16:19Lalu terbelahlah kota besar itu menjadi tiga bagian dan runtuhlah kota-kota bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Maka teringatlah Allah akan Babel yang besar itu untuk memberikan kepadanya cawan yang penuh dengan anggur kegeraman murka-Nya.
16:20Dan semua pulau hilang lenyap, dan tidak ditemukan lagi gunung-gunung.
16:21Dan hujan es besar, seberat seratus pon, jatuh dari langit menimpa manusia, dan manusia menghujat Allah karena malapetaka hujan es itu, sebab malapetaka itu sangat dahsyat.


>> 25 Agustus 2016 - Sedikitnya 159 orang meninggal dan 368 lainnya cedera akibat gempa bumi yang menghantam kawasan pegunungan di Italia utara, ungkap pejabat terkait.
Gempa dengan kekuatan 6,2 pada skala Richter itu menyerang Rabu (24/08) subuh waktu setempat di lokasi sekitar 100km dari ibukota Roma.
Sebelumnya, saat berkunjung ke kawasan yang dilanda gempa, Perdana Menteri Matteo Renzi menyatakan bahwa angka korban biosa terus meningkat.

Hasil gambar untuk gambar sungai darah

1 komentar:

  1. ASS..WR.WB.SAYA pak alresky TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN AKI SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH


    NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208)


    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
    angka;GHOIB: singapura

    angka;GHOIB: hongkong

    angka;GHOIB; malaysia

    angka;GHOIB; toto magnum

    angka”GHOIB; laos…

    angka”GHOIB; macau

    angka”GHOIB; sidney

    angka”GHOIB: vietnam

    angka”GHOIB: korea

    angka”GHOIB: brunei

    angka”GHOIB: china

    angka”GHOIB: thailand

    ANGKA TOGEL JITU 2D 3D 4D 5D 6D
    0823-9177-2208
    saya pak alresky posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa

    BalasHapus