Jumat, 23 September 2016

HUKUM TAURAT ITU MERANGSANG DOSA - ROMA 8

ROMA 7:

Ayat 1:
Apakah kamu tidak tahu, saudara-saudara, --sebab aku berbicara kepada mereka yang mengetahui hukum--bahwa hukum berkuasa atas seseorang selama orang itu hidup?

Abraham mempunyai anak Ishak, Ishak mempunyai anak Yakub, Yakub mempunyai anak 12 orang. Ketika salah seorang anak Yakub itu melahirkan anak, yaitu cucu Yakub yang pertama, itulah orang pertama yang menjadi bangsa Israel, yang ditandai dengan sunat. Dan dengan tanda sunat ini mereka secara otomatis menjadi peserta agama Yahudi.

Dari anak ke anak, dari generasi ke generasi, hingga ke zaman Yohanes Pembaptis, mereka semua ditandai dengan sunat. Oleh Yohanes Pembaptis mereka dipanggil untuk bertobat dari kesesatan mereka selama berabad-abad yang dikendalikan oleh orang-orang Farisi, Saduli dan ahli-ahli Taurat, untuk berbalik ke Jalan ELOHIM YAHWEH kembali. Semua dosa-dosa mereka yang bertobat itu "dikuburkan" oleh Yohanes Pembaptis dalam baptisan di sungai Yordan. Mengapa sungai Yordan? Sebab sungai Yordan itulah pintu gerbang mereka memasuki negeri Palestina, dari perjalanan mereka di padang gurun selama 40 tahun bersama nabi Musa.

Ketika mereka menyeberangi sungai Yordan, terjadilah keajaiban sebagaimana di Laut Teberau, yaitu arus sungai itu mendadak terputus sebelah-menyebelah, sehingga ada jalan untuk bangsa itu menyeberangi sungai Yordan dengan berjalan kaki. Dan atas perintah TUHAN, masing-masing suku diwakili seorang mengambil sebuah batu dari sungai itu lalu dipanggul ke atas bahunya. Sesampai di pertengahan, ke-12 batu itu didirikan sebagai tugu peringatan oleh nabi Yosua, bahwa mereka memasuki negeri Palestina itu sebagai penyembah-penyembah ELOHIM YAHWEH;

Yosua 4:5

dan Yosua berkata kepada mereka: "Menyeberanglah di depan tabut TUHAN, Allahmu, ke tengah-tengah sungai Yordan, dan angkatlah masing-masing sebuah batu ke atas bahumu, menurut bilangan suku orang Israel,
4:6supaya ini menjadi tanda di tengah-tengah kamu. Jika anak-anakmu bertanya di kemudian hari: Apakah artinya batu-batu ini bagi kamu?
4:7maka haruslah kamu katakan kepada mereka: Bahwa air sungai Yordan terputus di depan tabut perjanjian TUHAN; ketika tabut itu menyeberangi sungai Yordan, air sungai Yordan itu terputus. Sebab itu batu-batu ini akan menjadi tanda peringatan bagi orang Israel untuk selama-lamanya."
4:9Pula Yosua menegakkan dua belas batu di tengah-tengah sungai Yordan itu, di tempat bekas berjejak kaki para imam pengangkat tabut perjanjian itu. Batu-batu itu masih ada di sana sampai sekarang.

Karena itu mereka dibawa kembali oleh Yohanes Pembaptis ke situ untuk disucikan melalui baptisan. Orang-orang yang telah menerima baptisan Yohanes inilah yang diserahkan kepada ELOHIM YESHUA. Mereka bukan saja disucikan dari kesesatan mereka selama ini, tapi sekaligus untuk menandai "dikuburkannya" segala peraturan Hukum Taurat. Mereka sudah tidak lagi dibawah bayang-bayang Hukum Taurat. Mereka telah dimerdekakan dari Hukum Taurat oleh ELOHIM YESHUA;

Yoh. 8:36Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamupun benar-benar merdeka."

Hukum berkuasa selama orang itu masih hidup. Tapi oleh baptisan Yohanes, kebangsaan Israel sudah ditenggelamkan. Sudah tidak ada lagi Israel, sudah tidak ada lagi Hukum Taurat. Tapi jangan lupa bahwa yang mati ELOHIM YESHUA, yang bangkit juga ELOHIM YESHUA. Itu artinya secara konsep masih tetap sama. Hukum Taurat masih membayangi Perjanjian Baru. Bangsa Israel memang sudah tidak ada, tapi ELOHIM YESHUA adalah Raja Orang Israel. Jadi, Israel tetap ada di Perjanjian Baru!

Ayat 2-3:
Sebab seorang isteri terikat oleh hukum kepada suaminya selama suaminya itu hidup. Akan tetapi apabila suaminya itu mati, bebaslah ia dari hukum yang mengikatnya kepada suaminya itu. Jadi selama suaminya hidup ia dianggap berzinah, kalau ia menjadi isteri laki-laki lain; tetapi jika suaminya telah mati, ia bebas dari hukum, sehingga ia bukanlah berzinah, kalau ia menjadi isteri laki-laki lain.

"Suami" Israel adalah ELOHIM YAHWEH. Kini, "Suami" Israel itu telah meninggal, ELOHIM YAHWEH sudah tidak lagi memerintah bangsa Israel, sebab jadwal pemerintahanNYA sudah habis oleh kelahiran ELOHIM YESHUA, sebagaimana isi perjanjianNYA dengan Abraham. Kini Israel dikawinkan dengan ELOHIM YESHUA, ANAK ELOHIM YAHWEH. Wouh, masih sedarah, ternyata. Ganti status, ganti orang, ganti nama, namun masih satu jiwa. ELOHIM YESHUA secara tegas menyatakan datang dengan membawa misi dari BAPANYA. Sama saja dengan boss Lippobank, dari bapaknya: Mochtar Riady, diganti dengan anaknya: James Riady.

BAPA-ANAK, mungkinkah berbeda? Mungkinkah saling bertentangan? Mungkinkah ANAK melemparkan tahi ke muka BAPANYA? ANAK macam apa itu? Apakah anda ingin ELOHIM YESHUA itu mendurhakai BAPANYA dengan mengotak-atik hari Sabat ke hari Minggu? Tolong, berikan saran-saran anda, bagaimana sebaiknya ELOHIM YESHUA sebagai TUHAN atas hari Sabat itu memperlakukan hari Sabat.

Ayat 4:
Sebab itu, saudara-saudaraku, kamu juga telah mati bagi hukum Taurat oleh tubuh Kristus, supaya kamu menjadi milik orang lain, yaitu milik Dia, yang telah dibangkitkan dari antara orang mati, agar kita berbuah bagi Allah.

2Kor. 11:2Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.

Kita dikawinkan dengan ELOHIM YESHUA, supaya berbuah bagi siapa? Bagi ELOHIM YAHWEH! Semua anak ELOHIM YESHUA adalah anak-anak ELOHIM YAHWEH.

Ayat 5:
Sebab waktu kita masih hidup di dalam daging, hawa nafsu dosa, yang dirangsang oleh hukum Taurat, bekerja dalam anggota-anggota tubuh kita, agar kita berbuah bagi maut.

Ayat 5 inilah yang diajukan oleh seorang jemaat hari Mingguria untuk membatalkan hari Sabat. Sebab Hukum Taurat itu merangsang dosa, sebagaimana judul tulisan ini. Maksud si Mingguria, karena merangsang dosa, maka Hukum Taurat itu tidak boleh dipakai melainkan harus dibuang ke tong sampah. Karena itu halal untuk menggantikannya ke hari Mingguria. Okey, mari kita pelajari baik-baik.

Sebuah fakta membuktikan semakin dilarang semakin dilanggar, inilah yang meramaikan dunia disepanjang masa. Mulai dari anak-anak Balita sudah begitu. Minta permen, tidak dibelikan, dia akan nangis terus. Dicubitpun tak bisa menghentikan tangisnya. Yang bisa menghentikan tangisannya adalah permen sebagaimana yang dia inginkan. Gembong narkoba, Freddy Budiman, biarpun sudah dipenjarakan, di dalam penjarapun masih menyalurkan narkoba. Minuman keras, judi, pelacuran, perselingkuhan, pornografi, korupsi, maling, copet, pembunuhan, penipuan, dan lain-lainnya adalah pelanggaran dari apa yang dilarang pemerintah. Semakin harus menegakkan hukum, polisi semakin gila korupsinya. Semakin harus adil, para hakim semakin gila sogok-menyogoknya. Dan itu dedengkotnya adalah Adam dan Hawa. Mereka itulah pelanggar larangan yang pertamakalinya.

Penjara itu sarang atau tempatnya telor larangan. Larangan akan bertelor di penjara. Karena itu sebelum membuat larangan, harus dibangun lebih dahulu penjaranya. Sebab larangan yang tanpa penjara akan disebut macan ompong. Hukum tak ada wibawanya, seperti macan ompong yang tak bisa menggigit. Nah, jika penjara yang harus dibangun lebih dahulu daripada peraturannya, menyatakan bahwa sekelompok masyarakat yang diaturnya itu adalah para pelanggar hukum.

Jika orang berdosa itu kambing, peraturan adalah rumputnya, sehingga orang berdosa semakin lahap ketika melihat suatu peraturan. Apa yang dilarang, apa yang disembunyikan, apa yang dirahasiakan, semakin menimbulkan rasa ingin tahu. Itulah sebabnya sesuatu yang sudah diketahui disebut pengetahuan, dan kita sangat tergila-gila dengan "ilmu pengetahuan", yaitu suatu cara untuk mengetahui sesuatu yang belum kita ketahui.

Jadi, sifat dasar manusia adalah ingin mengetahui dari apa yang belum ia ketahui. Yang halal tidak menarik hati, tapi yang haram menawan sekali.

Kalau larangan malah menyuburkan dosa, mengapa perlu dibuat larangan? Kalau Hukum Taurat malah merangsang dosa, mengapa perlu dibuat Hukum Taurat? Sebab terdapat dua kutub, sebab terdapat dua kehendak, sebab kehendak ELOHIM YAHWEH berbeda dengan kehendak manusia. Sebab apa yang disukai manusia itu yang dibenci ELOHIM YAHWEH, sebab apa yang disukai ELOHIM YAHWEH itu yang dibenci oleh manusia. Dan ELOHIM YAHWEH menghendaki terjadinya tabrakan atau peperangan. ELOHIM YAHWEH ingin menghancurkan segala kehendak manusia.

Melalui Hukum Taurat itulah ELOHIM YAHWEH memperkenalkan DiriNYA.

Ayat 6:
Tetapi sekarang kita telah dibebaskan dari hukum Taurat, sebab kita telah mati bagi dia, yang mengurung kita, sehingga kita sekarang melayani dalam keadaan baru menurut Roh dan bukan dalam keadaan lama menurut huruf hukum Taurat.

Selama 2.000 tahun, disepanjang sejarah Israel, ELOHIM YAHWEH telah memperkenalkan segala kehendakNYA, sehingga manusia mempunyai pengetahuan tentang pilihan mana-mana yang baik dengan mana-mana yang tidak baik. Kini, melalui ELOHIM YESHUA, kita diajak memasuki segala perintah ELOHIM YAHWEH dengan jiwa baru, yakni dengan kesadaran, dengan kemerdekaan, dengan sukacita, dan dengan hikmat ROH KUDUS.

Ayat 7:
Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Apakah hukum Taurat itu dosa? Sekali-kali tidak! Sebaliknya, justru oleh hukum Taurat aku telah mengenal dosa. Karena aku juga tidak tahu apa itu keinginan, kalau hukum Taurat tidak mengatakan: "Jangan mengingini!"

Hukum Taurat itu memperkenalkan kehendak ELOHIM YAHWEH. Hukum Taurat itu memperkenalkan apa-apa yang disebut dosa, yang dilarang. Jadi, Hukum Taurat itu bukan dosa, bukan pula perangsang dosa.

Berhubungan seks dengan pelacur itu berdosa. Tapi apakah seorang perempuan pelacur itu dosa? Bukan! Apakah perempuan pelacur itu perangsang dosa? Juga bukan! Bagi orang yang kuat imannya, perempuan pelacur itu bukan apa-apa. Hanya bagi yang lemah imannya saja pelacur itu merangsang dosa. Karena itu yang dirangsang dosa adalah orang-orang yang berdosa.

Apakah warung itu perangsang kita makan? Bukan! Kalau kita kenyang kita tak ingin ke warung. Tapi ketika kita berkebutuhan makan barulah warung itu perlu. Demikian halnya dengan Hukum Taurat. Bagi orang-orang kudus Hukum Taurat itu menyegarkan jiwa. Bagi orang-orang baik jika diberitahu tentang hal-hal yang baik, dia tidak marah, malah berterimakasih. Hanya orang-orang yang berjiwa jahat saja ketika diberitahu yang baik malah marah-marah. Jadi, yang terangsang dosa oleh Hukum Taurat adalah orang-orang yang berdosa saja.

Nah, di dalam Kekristenan sudah tidak ada orang yang berdosa lagi. Kenapa? Sebab Kristen memanggil orang-orang secara sukarela, bukan pemaksaan sebagaimana bangsa Yahudi. Sebab Kristen memanggil orang-orang yang sadar, yang terpanggil, yang merindukan kebenaran, yang berjiwa baik, yang ingin diperbaiki, yang beriman dan yang dipilih ELOHIM YAHWEH.

Yoh. 6:44Tidak ada seorangpun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman.

1Ptr. 2:9Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:

Ayat 8:
Tetapi dalam perintah itu dosa mendapat kesempatan untuk membangkitkan di dalam diriku rupa-rupa keinginan; sebab tanpa hukum Taurat dosa mati. Dahulu aku hidup tanpa hukum Taurat. Akan tetapi sesudah datang perintah itu, dosa mulai hidup, sebaliknya aku mati. Dan perintah yang seharusnya membawa kepada hidup, ternyata bagiku justru membawa kepada kematian. Sebab dalam perintah itu, dosa mendapat kesempatan untuk menipu aku dan oleh perintah itu ia membunuh aku. Jadi hukum Taurat adalah kudus, dan perintah itu juga adalah kudus, benar dan baik. Jika demikian, adakah yang baik itu menjadi kematian bagiku? Sekali-kali tidak! Tetapi supaya nyata, bahwa ia adalah dosa, maka dosa mempergunakan yang baik untuk mendatangkan kematian bagiku, supaya oleh perintah itu dosa lebih nyata lagi keadaannya sebagai dosa. Sebab kita tahu, bahwa hukum Taurat adalah rohani, tetapi aku bersifat daging, terjual di bawah kuasa dosa.

Di situ rasul Paulus menceritakan keadaan dirinya ketika masih lemah, ketika masih berada di dalam ajaran Hukum Taurat.
Hasil gambar untuk gambar diperbudak dosa

2 komentar:

  1. ASS..WR.WB.SAYA pak alresky TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN AKI SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH


    NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208)


    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
    angka;GHOIB: singapura

    angka;GHOIB: hongkong

    angka;GHOIB; malaysia

    angka;GHOIB; toto magnum

    angka”GHOIB; laos…

    angka”GHOIB; macau

    angka”GHOIB; sidney

    angka”GHOIB: vietnam

    angka”GHOIB: korea

    angka”GHOIB: brunei

    angka”GHOIB: china

    angka”GHOIB: thailand

    ANGKA TOGEL JITU 2D 3D 4D 5D 6D
    0823-9177-2208
    saya pak alresky posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI berikan 4D/ angka [] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI insyaallah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI MUPENG,,di No (((_0852 9445 0976 _)))atau KLIK DISINI, insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 275 JUTA , wassalam.dijamin 100jebol saya sudah buktikan...sendiri....Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!1"Dikejar-kejar hutang2"Selaluh kalah dalam bermain togel3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya tapi tidak ada satupun yang berhasil. 4d 5d 6d Solusi yang tepat jangan anda putus asah... AKI MUPENG akan membantu anda semua dengan Angka ritual/GHOIB:butuh angka togel 2D/ ,3D/, 4D/ 5D/ 6D/ SGP / HKG / MALAYSIA / TOTOMAGNUM / dijamin100jebol Apabila ada waktu silahkan Hub: AKI MUPENG DI NO: (((_0852 9445 0976 _)))ANGKA RITUAL: TOTO/MAGNUM 4D/5D/6D/ANGKA RITUAL: HONGKONG 2D/3D/4D/6D/ANGKA RITUAL; KUDA LARI 2D/3D/4D/6D/ANGKA RITUAL; SINGAPUR 2D/3D/4D/ 6D/ANGKA RITUAL; TAIWAN,THAILANDANGKA RITUAL: SIDNEY 2D/3D/4D 6D/»0852 9445 0976 ..

      Hapus