Kamis, 22 September 2016

HUKUM TAURAT ITU MERANGSANG DOSA - ROMA 7

ROMA 6:

Ayat 1:
Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Bolehkah kita bertekun dalam dosa, supaya semakin bertambah kasih karunia itu?

Di depan dikatakan bahwa di mana dosa bertambah banyak di sana kasih karunia menjadi berlimpah-limpah. Apakah itu berarti ELOHIM YAHWEH menyukai orang yang dosanya bertumpuk-tumpuk? Bukan! Tapi untuk menunjukkan kesabaranNYA. Sebab jika ELOHIM YAHWEH sudah tidak tahan melihat tampang orang itu, pasti sudah dibinasakan. Sama seperti kita jika kesabaran kita sudah habis maka kita pasti akan main tangan.

Yes. 48:9Oleh karena nama-Ku Aku menahan amarah-Ku dan oleh karena kemasyhuran-Ku Aku mengasihani engkau, sehingga Aku tidak melenyapkan engkau.

Jika kita sudah terlanjur melakukan dosa dan aman-aman saja, bersyukurlah dan segera hentikan dosa itu. Jangan karena aman lalu anda melanjutkannya sehingga membiasa, dan lama-lama menjadi kurangajar menjadikan dosa sebagai lelucon. Berbuat dosa bukannya menyesal, tetapi malah ketawa-ketawa bangga dan berkata: "dosa itu enak!" Ingatlah ada orang yang lebih pandai dari anda yang menganggap perbuatan dan perkataan anda itu bodoh sekali, yang ketika anda mentertawakan dosa, orang itu mentertawakan kebodohan anda. Dan orang yang lebih pandai dari anda itu bisa membuktikan ketidakbenaran lelucon anda dari berita-berita di koran yang mengabarkan bahwa polisi menangkap dan memenjarakan orang-orang yang melakukan dosa sejenis, yang setelah ditangkap merasa sangat ketakutan sekali.

Kalau di Facebook ini adalah orang-orang yang mengumbar perkataan-perkataan liar, mengumbar perkataan-perkataan yang menghina agama lain secara kasar dan tak bertanggungjawab, mengirimkan gambar-gambar porno, dan lain-lainnya. Padahal di media yang sama juga diberitakan tentang orang-orang yang berhasil ditangkap polisi, yang ketika ditangkap ada yang babak belur wajahnya, atau kepalanya menunduk lesu. Sungguh tak sebanding dengan kegagahannya sewaktu masih belum ditangkap polisi. Itu tandanya nggak mikir! Kurang perhitungan! Bagaimana dengan saya? Apakah saya termasuk orang yang bebal karena juga suka menghina agama-agama lain? Jelas berbeda, sebab saya dalam rangka menyampaikan pengajaran. ELOHIM YAHWEH, para nabi, ELOHIM YESHUA dan para rasul juga suka menghina lawan-lawannya.

Ayat 2-4:
Sekali-kali tidak! Bukankah kita telah mati bagi dosa, bagaimanakah kita masih dapat hidup di dalamnya?
Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya? Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.


Kalau kita masuk Kristen dan tidak bertobat dari dosa-dosa kita, lalu Kristen ini anda anggap kumpulan apa? Masuk Kristen dosa-dosa kita diampuni oleh ELOHIM YESHUA, lalu anda memproduksi lagi dan menyetorkannya ke ELOHIM YESHUA lagi, apakah anda pikir ELOHIM YESHUA itu pengepul atau grosir dosa?

Harusnya kita merenungkan arti baptisan. Mengapa masuk Kristen harus diselamkan ke dalam air? Padahal kalau masuk menjadi anggota partai politik kita ditandai dengan kartu anggota. Tapi masuk Kristen koq dibaptis? Baptis itu artinya dibersihkan atau dimandikan. Kita dimandikan oleh darah ELOHIM YESHUA, yaitu air, supaya jiwa kita bersih. Setelah bersih itulah kita diterima sebagai murid ELOHIM YESHUA. Jadi, ELOHIM YESHUA tidak mau menerima yang kotor-kotor, seperti rak piring adalah tempatnya piring-piring yang sudah bersih. Itulah sebabnya murid-murid ELOHIM YESHUA itu disebut orang-orang kudus.

Disebut orang kudus tapi masih berbuat dosa. Itu tidak klop, tidak benar! Padahal Kristen adalah kebenaran! Kristen adalah terang. Bagaimana matahari tidak memancarkan cahaya? Masakan itu matahari? Kalau matahari tidak bersinar, bagaimana pakaian yang dijemur menjadi kering? Jika kita yang sudah masuk Kristen masih berdosa, bagaimana kita hendak menghentikan dosa orang-orang yang di luar sana?

Tit. 2:7dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik. Hendaklah engkau jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaranmu,

Ooh, betapa dalamnya kamu telah jatuh, sobat!

Ayat 5-7:
Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya. Karena kita tahu, bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa. Sebab siapa yang telah mati, ia telah bebas dari dosa.
Ketika kita diselamkan ke dalam air sewaktu baptis, itu melambangkan kematian kita. Sebab orang mati itu orang yang sudah berhenti berbuat dosa. Jadi, itu merupakan suatu janji kita kepada ELOHIM YESHUA, bahwa kita mulai saat itu akan menghentikan dari dosa-dosa lama kita.

Memang secara praktek tidaklah mungkin kita ini langsung menjadi orang suci atau malaikat. Tidak ada itu! Tapi jika kita membuat grafis, harusnya dari waktu ke waktu ada pengerucutan menuju kesempurnaan. Harus ada perubahan ke arah yang baik. Tapi yang sering terjadi justru semakin Kristen semakin jahat. Semakin lama semakin buruk keadaan kita.

Sekalipun dalam bidang yang lain memperlihatkan peningkatan, misalnya: setelah masuk Kristen semakin kaya, semakin lancar pekerjaan dan semakin meningkat kedudukan kita. Tapi bukan di situ yang harusnya meningkat. Justru dikeduniawian harusnya semakin dikikis habis, bukannya semakin dikembangkan. Ini sesuatu yang sangat fatal bagi seorang yang merindukan keselamatan yang pasti, bukan Kristen abal-abal atau Kristen iseng-iseng berhadiah.

Ayat 8-10:
Jadi jika kita telah mati dengan Kristus, kita percaya, bahwa kita akan hidup juga dengan Dia. Karena kita tahu, bahwa Kristus, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, tidak mati lagi: maut tidak berkuasa lagi atas Dia. Sebab kematian-Nya adalah kematian terhadap dosa, satu kali dan untuk selama-lamanya, dan kehidupan-Nya adalah kehidupan bagi Allah.

Kaum Muslim menyebut orang-orang Kristen itu sebagai "misionaris." Sekalipun dalam konotasi negatif, namun mengandung kebenaran untuk ELOHIM YESHUA. Sebab "misionaris" artinya adalah orang yang memiliki misi, memiliki tujuan, bukan orang yang kebingungan. Bahwa ELOHIM YESHUA dilahirkan ke dunia sebagai Manusia biasa lalu mati disalibkan itu adalah sebuah misiNYA, bukan suatu kebetulan, melainkan sesuatu yang sudah direncanakan atau diskenariokan ribuan tahun sebelumnya. DIA datang untuk menderita, bukan untuk berwisata. DIA datang untuk mati, bukan untuk hidup. DIA datang untuk melayani, bukan untuk dilayani. DIA datang sebagai ANAK Rakyat, bukan ANAK RAJA. DIA datang sebagai ANAK kita[manusia], bukan sebagai ANAK ELOHIM YAHWEH.

Selama seperti itu maka berita Injil adalah kebenaran.

Filipi 2:6

yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,
2:7melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.
2:8Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.
2:9Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama,
2:10supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,
2:11dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!

Ayat 11:
Demikianlah hendaknya kamu memandangnya: bahwa kamu telah mati bagi dosa, tetapi kamu hidup bagi Allah dalam Kristus Yesus.

Setelah dibaptis, hidupmu adalah bagi ELOHIM YAHWEH, bukan bagi karier, bukan bagi bisnis, bukan untuk mencari uang, bukan untuk pesta-pora, bukan untuk kesenangan-kesenangan, bukan sebagai aparat negara tapi sebagai aparat ELOHIM YAHWEH, bukan bagi teknologi, bukan bagi nusa dan bangsa, dan lain-lainnya.

"Hidup bagi ELOHIM YAHWEH dalam ELOHIM YESHUA." Apa maksudnya? Kita beribadah kepada ELOHIM YAHWEH berdasarkan ajaran-ajaran atau teladan ELOHIM YESHUA.

Yoh. 13:15sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu.

Meneladani ELOHIM YESHUA artinya segala aktifitas kita Alkitabiah, - termuat dalam Alkitab. Misalnya: ELOHIM YESHUA itu dituliskan sebagai Orang miskin, mengapakah kita ini kaya raya sehingga nggak klop?

Ayat 12:
Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana, supaya kamu jangan lagi menuruti keinginannya.

Manusia berdosa itu masih wajar. Malah tidak wajar kalau seperti malaikat. Tapi ada 2 macam dosa, yaitu dosa yang terjadi secara spontan dan dosa yang disadari. Dosa spontan itu dosa alamiah yang merupakan kekhilafan yang bekerjanya digerakkan oleh kebiasaan. Dosa ini bisa dihilangkan dengan cara merubah kebiasaan yang dipengaruhi oleh pembaruan akal budi kita;

Rm. 12:2Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Dosa itu masih mudah diampuni oleh ELOHIM YESHUA;

1Yoh. 2:1Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil.

Tapi dosa yang disadari adalah dosa yang disengaja. Tahu dosa tapi masih juga dilanggar. Ini yang harus dimusnahkan terlebih dahulu ketika kita dibaptiskan. Di Kristen tidak boleh ada dosa-dosa yang seperti itu. Misalnya dalam masalah seksual. Bagi dunia memperkosa itu lebih jahat daripada perselingkuhan. Tapi bagi ELOHIM YAHWEH, justru perselingkuhan itulah yang lebih keji daripada pemerkosaan. Apa sebab? Sebab pemerkosaan umumnya terjadi secara spontanitas atau dadakan. Tiba-tiba pikiran mata gelap! Tapi perselingkuhan adalah dosa yang dilakukan secara santai, rileks, perlahan dan memakan waktu yang panjang sekali. Jelas-jelas sadar sekali kita melakukannya!

Bukankah gereja justru lebih banyak dan lebih luas kasus perselingkuhannya daripada kasus perkosaannya?! Itulah hebatnya gereja masa kini!

Ayat 13:
Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran.

Gunakanlah kaki untuk berjalan memberitakan Injil, bukan berjalan-jalan ke mall-mall. Gunakanlah tangan untuk menolong orang, bukan untuk memukul orang. Gunakanlah mulut untuk menasehati orang, bukan untuk mengajak orang selingkuh. Gunakanlah mata untuk membaca Alkitab, bukan untuk mencari Pokemon. Gunakanlah telinga untuk mendengar kebenaran, bukan untuk mendengarkan musik.

Ayat 14:
Sebab kamu tidak akan dikuasai lagi oleh dosa, karena kamu tidak berada di bawah hukum Taurat, tetapi di bawah kasih karunia.

Karena pembahasan ini adalah sehubungan dengan masalah hari Sabat, maka saya fokuskan ke masalah hari Sabat. Di dalam Hukum Taurat ada perintah: "Ingat dan kuduskanlah hari Sabat." Karena ada perintahnya, maka jika tidak kita lakukan menjadi dosa. Tapi di Perjanjian Baru, perintahnya dicabut sehingga jika dilanggar tidak lagi berdosa. Melanggar kekudusan hari Sabat tidak berdosa!

Tapi sebagai orang Perjanjian Baru, kita dilahirkan dari Perjanjian Lama. Kristen bukanlah agama asing, melainkan kelanjutan dari Taurat. Karena itu kita tahu, bukan tidak tahu, kita mengerti, bukan tidak mengerti, bahwa hari Sabtu adalah hari Sabat ELOHIM YAHWEH. Berikutnya, bahwa babi juga pernah dilarang di Imamat 11. Sabat dan babi, kita tahu dan mengerti semua itu!

Di Perjanjian Baru kita lakukan atau tidak? Perintahnya sudah dicabut, masakan kita masih melakukannya? Tapi jika tidak kita lakukan lagi, bukankah berarti kita bergantung pada perintah? Padahal bergantung pada perintah berarti kita masih hidup dalam zaman Perjanjian Lama? Tapi kalau tanpa perintah kita melakukannya, bukankah itu tandanya kita telah dewasa, telah menggunakan kesadaran kita, bukan seperti anak kecil yang harus menunggu diperintah?

Mengapa kita melakukan yang tidak diperintahkan? Karena kita tahu dan mengerti tentang kebiasaan-kebiasaan lama. Kecuali kita melakukan sesuatu yang aneh-aneh, yang baru, yang tidak biasanya, barulah kita perlu mencari dasaran melakukannya.

Ketika kecil saya dibiasakan menyapu rumah[di Surabaya]. Ketika SMA, selama 3 tahun saya tinggal di kota Malang. Saya hanya pulang ke Surabaya kalau hari libur panjang saja. Nah, ketika saya berlibur di rumah, apakah berdosa kalau saya menyapu rumah sebagaimana biasa karena orangtua sudah tak menyuruh saya lagi? Apakah rumah masih perlu disapu? Apakah karena saya dewasa sehingga rumah tidak perlu disapu? Mari mikir, yuk!

Di atas saya katakan tidak berdosa tidak bersabat, karena tidak ada perintahnya. Tapi apakah perintah Perjanjian Baru? Perintah Perjanjian Baru yang terpenting adalah mengasihi ELOHIM YAHWEH. Karena itu tidak bersabat tidak berdosa, tapi kalau tidak mengasihi ELOHIM YAHWEH berdosa. Jadi, kita bukan dihakimi di Sabatnya, tapi dihakimi di masalah kasihnya. Dengan kata lain Perjanjian Baru berkata: kalau kamu tidak punya kasih, tidak ada gunanya kamu bersabat, tidak ada gunanya kamu tidak makan babi;

1Kor. 13:3Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikitpun tidak ada faedahnya bagiku.

Apakah rasul Paulus membatalkan perbuatan membagi-bagikan uang ke fakir miskin? Apakah rasul Paulus melecehkan Sadrakh, Mesakh dan Abednego yang dibakar hidup-hidup oleh raja Nebukadnezar? Bukan! Tapi menuntut supaya semuanya itu diisi atau dihidupkan dengan kasih.

Demikian halnya dengan masalah hari Sabat. Karena ELOHIM YAHWEH tak pernah mengadakan perubahan ke hari Minggu, maka itu artinya menguduskan hari Sabat harus dengan landasan kasih. Jadi, hukum-hukum yang ada di Perjanjian Lama itu jangan digoyang-goyang!

Kel. 31:16Maka haruslah orang Israel memelihara hari Sabat, dengan merayakan sabat, turun-temurun, menjadi perjanjian kekal.

Ayat 15:
Jadi bagaimana? Apakah kita akan berbuat dosa, karena kita tidak berada di bawah hukum Taurat, tetapi di bawah kasih karunia? Sekali-kali tidak!

Apakah kita akan menginjak-injak hari Sabat dan merubahnya ke hari Minggu karena tidak berada di bawah Hukum Taurat? Apakah burung merpati akan kabur karena sangkarnya terbuka? Apakah kita akan kebut-kebutan ketika lampu setopan mati? Apakah kita tidak mengenakan helm karena tidak ada razia? Apakah kita bukan lagi umat ELOHIM YAHWEH karena umatnya ELOHIM YESHUA? Apakah ELOHIM YAHWEH sudah hilang karena menjadi BAPA?

Rm. 11:33O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat dan pengetahuan Allah! Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusan-Nya dan sungguh tak terselami jalan-jalan-Nya!

Ayat 16-17:
Apakah kamu tidak tahu, bahwa apabila kamu menyerahkan dirimu kepada seseorang sebagai hamba untuk mentaatinya, kamu adalah hamba orang itu, yang harus kamu taati, baik dalam dosa yang memimpin kamu kepada kematian, maupun dalam ketaatan yang memimpin kamu kepada kebenaran? Tetapi syukurlah kepada Allah! Dahulu memang kamu hamba dosa, tetapi sekarang kamu dengan segenap hati telah mentaati pengajaran yang telah diteruskan kepadamu.

"Pengajaran yang diteruskan kepadamu." Bahwa Perjanjian Baru itu dari ROH yang satu, yaitu ELOHIM YAHWEH. Perjanjian Baru bukan meniadakan Hukum Taurat, tapi memindahkan Hukum Taurat itu ke dalam jiwa kita;

Yeremia
31:33Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman TUHAN: Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.

Ayat 18:
Kamu telah dimerdekakan dari dosa dan menjadi hamba kebenaran.

Menguduskan hari Sabat bukan sekedarnya tapi benarnya itu seperti apa?

Ayat 19-20:
Aku mengatakan hal ini secara manusia karena kelemahan kamu. Sebab sama seperti kamu telah menyerahkan anggota-anggota tubuhmu menjadi hamba kecemaran dan kedurhakaan yang membawa kamu kepada kedurhakaan, demikian hal kamu sekarang harus menyerahkan anggota-anggota tubuhmu menjadi hamba kebenaran yang membawa kamu kepada pengudusan. Sebab waktu kamu hamba dosa, kamu bebas dari kebenaran.

Sebab Hukum Taurat hanya menuntut dijalankan saja, tapi Perjanjian Baru menuntut diisi dengan kasih.

Ayat 21:
Dan buah apakah yang kamu petik dari padanya? Semuanya itu menyebabkan kamu merasa malu sekarang, karena kesudahan semuanya itu ialah kematian.

Perjanjian Baru menerangi pikiran kita untuk melihat betapa mengerikannya para pelaku Hukum Taurat, sebab mereka bukan seperti manusia tapi seperti zombie, seperti mayat hidup, seperti mesin atau robot. Mereka menguduskan hari Sabat tapi tanpa perasaan kemanusiaan sama sekali. Jika ada domba yang jatuh ke lobang di hari Sabat mereka tolong, tapi jika ada orang menolong orang sakit di hari Sabat, mereka persalahkan;

Matius 12:10

Di situ ada seorang yang mati sebelah tangannya. Mereka bertanya kepada-Nya: "Bolehkah menyembuhkan orang pada hari Sabat?" Maksud mereka ialah supaya dapat mempersalahkan Dia.
12:11Tetapi Yesus berkata kepada mereka: "Jika seorang dari antara kamu mempunyai seekor domba dan domba itu terjatuh ke dalam lobang pada hari Sabat, tidakkah ia akan menangkapnya dan mengeluarkannya?
12:12Bukankah manusia jauh lebih berharga dari pada domba? Karena itu boleh berbuat baik pada hari Sabat."

Ayat 22-23:
Tetapi sekarang, setelah kamu dimerdekakan dari dosa dan setelah kamu menjadi hamba Allah, kamu beroleh buah yang membawa kamu kepada pengudusan dan sebagai kesudahannya ialah hidup yang kekal. Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Hasil gambar untuk gambar kasih karunia

2 komentar:

  1. ASS..WR.WB.SAYA pak alresky TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN AKI SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH


    NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208)


    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
    angka;GHOIB: singapura

    angka;GHOIB: hongkong

    angka;GHOIB; malaysia

    angka;GHOIB; toto magnum

    angka”GHOIB; laos…

    angka”GHOIB; macau

    angka”GHOIB; sidney

    angka”GHOIB: vietnam

    angka”GHOIB: korea

    angka”GHOIB: brunei

    angka”GHOIB: china

    angka”GHOIB: thailand

    ANGKA TOGEL JITU 2D 3D 4D 5D 6D
    0823-9177-2208
    saya pak alresky posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI berikan 4D/ angka [] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI insyaallah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI MUPENG,,di No (((_0852 9445 0976 _)))atau KLIK DISINI, insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 275 JUTA , wassalam.dijamin 100jebol saya sudah buktikan...sendiri....Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!1"Dikejar-kejar hutang2"Selaluh kalah dalam bermain togel3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya tapi tidak ada satupun yang berhasil. 4d 5d 6d Solusi yang tepat jangan anda putus asah... AKI MUPENG akan membantu anda semua dengan Angka ritual/GHOIB:butuh angka togel 2D/ ,3D/, 4D/ 5D/ 6D/ SGP / HKG / MALAYSIA / TOTOMAGNUM / dijamin100jebol Apabila ada waktu silahkan Hub: AKI MUPENG DI NO: (((_0852 9445 0976 _)))ANGKA RITUAL: TOTO/MAGNUM 4D/5D/6D/ANGKA RITUAL: HONGKONG 2D/3D/4D/6D/ANGKA RITUAL; KUDA LARI 2D/3D/4D/6D/ANGKA RITUAL; SINGAPUR 2D/3D/4D/ 6D/ANGKA RITUAL; TAIWAN,THAILANDANGKA RITUAL: SIDNEY 2D/3D/4D 6D/»0852 9445 0976 ..

      Hapus