Senin, 19 September 2016

HUKUM TAURAT ITU MERANGSANG DOSA - ROMA 4

ROMA 3:

Ayat 1-4:
Jika demikian, apakah kelebihan orang Yahudi dan apakah gunanya sunat? Banyak sekali, dan di dalam segala hal. Pertama-tama: sebab kepada merekalah dipercayakan firman Allah. Jadi bagaimana, jika di antara mereka ada yang tidak setia, dapatkah ketidaksetiaan itu membatalkan kesetiaan Allah? Sekali-kali tidak! Sebaliknya: Allah adalah benar, dan semua manusia pembohong, seperti ada tertulis: "Supaya Engkau ternyata benar dalam segala firman-Mu, dan menang, jika Engkau dihakimi."

Kita semua tahu bahwa bangsa Yahudi secara nasionalnya adalah murtad. Mereka hingga kini masih berkeras hati menolak ELOHIM YESHUA. Demikian halnya dengan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, yang sudah dituliskan sebagai gereja yang dimuntahkan dari mulut ELOHIM YESHUA[Wahyu 3:14-22]. Kalau Yahudi disebut dibuang, Advent disebut dimuntahkan. Keduanya sama saja, yaitu orang-orang yang ditolak oleh ELOHIM YESHUA, karena suam-suam kuku, melarat, malang, miskin, buta dan telanjang. Advent yang memasalahkan makanan telah mengikuti ajaran setan-setan, sebagaimana kata 1Timotius 4:1-5.

Jika saya seorang hakim yang sedang mengadili 2 kasus narkoba, yang seorang anak kandung saya sedangkan yang lainnya orang lain, maka seperti apakah sikap saya? Mungkinkah saya akan berlaku seperti bapak yang melupakan anaknya?

Yes. 49:15Dapatkah seorang perempuan melupakan bayinya, sehingga ia tidak menyayangi anak dari kandungannya? Sekalipun dia melupakannya, Aku tidak akan melupakan engkau.

ELOHIM YAHWEH menyatakan, kalaupun ada seorang perempuan yang melupakan bayinya, namun ELOHIM YAHWEH tak mungkin bisa melupakan anak-anakNYA. Mengapa ELOHIM YAHWEH sampai menyatakan takkan melupakan Israel? Pasti ada masalah! Jika Israel baik-baik saja tak mungkin ELOHIM YAHWEH perlu membuat pernyataan seperti itu. Jadi, pernyataan itu dibuat dengan maksud memberikan pengharapan yang tetap bagi Israel, sekalipun keadaannya terburuk.

Ketidaksetiaan Israel takkan membatalkan kesetiaan ELOHIM YAHWEH. Sekalipun Israel sebagai istriNYA berkali-kali bersundal dan berselingkuh.

Itulah kelebihan dari seorang anak yang mempunyai bapak-ibu, dibandingkan dengan anak-anak yatim-piatu, seperti: gereja-gereja Minggu, Islam, Hindu, Buddha, dan lain-lainnya yang tak memiliki "akta kelahiran."

Dalam perumpamaan 5 gadis yang pandai dengan 5 gadis yang bodoh, sekalipun diceritakan kesemuanya terlelap tidur, atau sama-sama ketiduran rohaninya, namun 5 gadis yang pandai itu telah menyiapkan minyak, sehingga di saat terdaruratpun ke-5 gadis itu lebih siap menyalakan lampunya, daripada ke-5 gadis yang bodoh yang tidak membawa minyak sama sekali. - Minyak adalah ROH KUDUS, Matius 25:1-13.

Atau semisal seorang tentara dengan seorang biasa sedang ketiduran, jika ada serangan mendadak dari penjahat, manakah yang lebih siap menghadapinya? Pasti tentara itu yang lebih siap, sebab dia sudah terlatih. Jadi, sekalipun bangsa Yahudi dan Advent sama-sama murtadnya, namun keberadaan mereka sebagai bangsa dan orang-orang pilihan masih banyak sekali gunanya.

Mungkin anda protes: "ELOHIM YAHWEH tidak adil! Masakan orang dengan kesalahan yang sama, yang seorang dihukum ringan karena anaknya hakim, sedangkan yang satunya dihukum berat karena bukan anaknya?!"

Maka ELOHIM YAHWEH-pun akan menjawab: "Sorry, sejahat-jahatnya gereja Advent, mereka masih mau menerima 10 Hukum ELOHIM YAHWEH. Mereka mau menerima hukum hari Sabat, dan tidak bermaksud mengubah-ubah ke-10 hukum tersebut. Mereka bukan orang yang anti 10 Hukum, bukan orang yang anti ELOHIM YAHWEH. Itulah letak perbedaan antara anda dengan orang-orang Advent."

Jadi, bukan sekedar mereka itu anak-anak hakim, tapi memang ada sesuatu yang membuat mereka berbeda.

Ibrani
4:9Jadi masih tersedia suatu hari perhentian, hari ketujuh, bagi umat Allah.

Sebab untuk menjadi anak-anak hakim itu ada syaratnya, yaitu menguduskan hari Sabat. Tanpa tanda hari Sabat ini, maka dia bukanlah umat ELOHIM YAHWEH.

"Sebaliknya: Allah adalah benar, dan semua manusia pembohong, seperti ada tertulis: "Supaya Engkau ternyata benar dalam segala firman-Mu, dan menang, jika Engkau dihakimi."

Ayat 5-7:
Tetapi jika ketidakbenaran kita menunjukkan kebenaran Allah, apakah yang akan kita katakan? Tidak adilkah Allah--aku berkata sebagai manusia--jika Ia menampakkan murka-Nya? Sekali-kali tidak! Andaikata demikian, bagaimanakah Allah dapat menghakimi dunia? Tetapi jika kebenaran Allah oleh dustaku semakin melimpah bagi kemuliaan-Nya, mengapa aku masih dihakimi lagi sebagai orang berdosa?

Di atas rasul Paulus mengatakan bahwa semua orang adalah pembohong, hanya ELOHIM YAHWEH saja yang benar. Manusia tak ada yang benar, hanya ELOHIM YAHWEH saja yang benar. Adakah itu ELOHIM YAHWEH tidak adil, arogan, seolah-olah tidak ada seorangpun yang benar, termasuk rasul Paulus adalah bukan orang yang benar, termasuk pendusta?! Sebab jika rasul Paulus tidak memposisikan dirinya seperti manusia-manusia yang lainnya, yakni berdosa dan berdusta, maka ada yang salah dengan Firman ELOHIM yang menyatakan tak ada seorangpun yang benar. Kalau rasul Paulus bisa benar, tak perlu ELOHIM YESHUA turun ke dunia sebagai JURUSELAMAT. Cukup menyampaikan teori-teori atau risalah-risalah saja, tak perlu menjadi DOMBA yang disembelih.

Kalau rasul Paulus bisa benar, maka dia tak perlu menjadi hamba ELOHIM YESHUA, melainkan bisa berdiri sejajar denganNYA. Rasul Paulus bisa berdiri sejajar dengan malaikat-malaikat kudus. Tapi kenyataannya dia yang semula menolak ELOHIM YESHUA, kini bersedia menjadi hambaNYA, menyatakan bahwa rasul Paulus tiada beda dengan manusia-manusia lainnya.

Saya pernah kecewa berat dengan sebuah warung, karena harganya yang mahal sekali, tidak umum. Karena itu saya berketetapan untuk tidak ke warung itu lagi. Tapi ketika hari raya Lebaran, tak ada warung lain yang buka, sehingga terpaksalah saya ke warung itu. Tidakkah posisi ini membuat warung itu menang, sedangkan saya kalah?!

Jadi, entah pendusta atau tidak, nyatanya rasul Paulus takluk pada ELOHIM YESHUA! Itulah yang harus kita catat, supaya menjadi alat pengukur kita. Sebab jika seorang rasul sekaliber Paulus saja masih merasa kecil di hadapan ELOHIM YESHUA, maka apakah artinya kita-kita ini yang masih belepotan dosa? Itu artinya kita harus mengejar ketertinggalan kita, supaya tidak terlalu jauh jaraknya dengan rasul Paulus.

Rasul Paulus bertanya: "Tetapi jika kebenaran Allah oleh dustaku semakin melimpah bagi kemuliaan-Nya, mengapa aku masih dihakimi lagi sebagai orang berdosa?" Rasul Paulus membuat rumusan jika semakin berdosanya dia semakin memuliakan ELOHIM YAHWEH, apakah dia masih dihakimi lagi sebagai orang berdosa? Tidak! Sebab jatuhnya rasul Paulus memberikan keuntungan bagi ELOHIM YAHWEH, maka rasul Paulus takkan dihakimi lagi sebagai orang berdosa. Justru disitulah letak keselamatan rasul Paulus!

Sebab barangsiapa yang merendahkan diri, dia akan ditinggikan, tapi barangsiapa yang meninggikan diri akan direndahkan.

Mat. 23:12Dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.

Orang-orang Farisi dan orang-orang Saduki menduduki kursi nabi Musa. Mereka menempatkan diri sebagai tokoh-tokoh agama yang tidak bisa berbuat salah. Sama seperti zaman sekarang para pendeta dan majelis gereja yang menempatkan diri sebagai orang-orang suci, yang menandainya dengan jas dan dasi, yang akan disebut orang pinter, orang intelek, orang baik dan orang terhormat. Perkataan mereka dianggap kebenaran dan diperlakukan seperti Firman TUHAN, sehingga jika mereka berkata: "Saksi Jehovah sesat", maka tanpa diselidiki lagi semua jemaatnya akan mengaminkannya.

1Yohanes 1:8

Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita.
1:9Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.
1:10Jika kita berkata, bahwa kita tidak ada berbuat dosa, maka kita membuat Dia menjadi pendusta dan firman-Nya tidak ada di dalam kita.

Jadi, keselamatan akan terjadi jika kita bisa melihat dosa-dosa kita dan melihat kekudusan TUHAN.

Ayat 8:
Bukankah tidak benar fitnahan orang yang mengatakan, bahwa kita berkata: "Marilah kita berbuat yang jahat, supaya yang baik timbul dari padanya." Orang semacam itu sudah selayaknya mendapat hukuman.

Jika semakin berdosa kita semakin menyenangkan hati ELOHIM YAHWEH, apakah berarti kita harus menyukai dosa atau menumpuk dosa? Itu pikiran orang yang terkutuk!

ELOHIM YESHUA bertanya pada Simon, pemungut cukai: Jika ada orang berutang 10 juta dengan 1 juta, lalu keduanya sama-sama dibebaskan, maka manakah yang menerima pengampunan terbesar? Bukankah yang berutang 10 juta?

Lukas 7:40

Lalu Yesus berkata kepadanya: "Simon, ada yang hendak Kukatakan kepadamu." Sahut Simon: "Katakanlah, Guru."
7:41"Ada dua orang yang berhutang kepada seorang pelepas uang. Yang seorang berhutang lima ratus dinar, yang lain lima puluh.
7:42Karena mereka tidak sanggup membayar, maka ia menghapuskan hutang kedua orang itu. Siapakah di antara mereka yang akan terlebih mengasihi dia?"
7:43Jawab Simon: "Aku kira dia yang paling banyak dihapuskan hutangnya." Kata Yesus kepadanya: "Betul pendapatmu itu."
7:44Dan sambil berpaling kepada perempuan itu, Ia berkata kepada Simon: "Engkau lihat perempuan ini? Aku masuk ke rumahmu, namun engkau tidak memberikan Aku air untuk membasuh kaki-Ku, tetapi dia membasahi kaki-Ku dengan air mata dan menyekanya dengan rambutnya.
7:45Engkau tidak mencium Aku, tetapi sejak Aku masuk ia tiada henti-hentinya mencium kaki-Ku.
7:46Engkau tidak meminyaki kepala-Ku dengan minyak, tetapi dia meminyaki kaki-Ku dengan minyak wangi.
7:47Sebab itu Aku berkata kepadamu: Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih."

Jadi, maksudnya, ELOHIM YAHWEH itu lebih suka mengampuni orang yang dosanya besar daripada mengampuni orang yang dosanya sedikit, seperti para pendeta dan majelis gereja. Sebab semakin banyak menerima kasih ELOHIM YAHWEH, dia akan semakin mengasihi ELOHIM YAHWEH. Tapi para pendeta dan majelis gereja yang "dosanya sedikit" itu kasihnya terhadap ELOHIM YAHWEH kering kerontang! Bahkan seringkali sembrono terhadap kekudusan ELOHIM YAHWEH. Ketika seorang pelacur bertobat dan hidup semakin baik, seorang pendeta terjatuh karena kasus perkosaan.

Ayat 9-18:
Jadi bagaimana? Adakah kita mempunyai kelebihan dari pada orang lain? Sama sekali tidak. Sebab di atas telah kita tuduh baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, bahwa mereka semua ada di bawah kuasa dosa, seperti ada tertulis: "Tidak ada yang benar, seorangpun tidak. Tidak ada seorangpun yang berakal budi, tidak ada seorangpun yang mencari Allah. Semua orang telah menyeleweng, mereka semua tidak berguna, tidak ada yang berbuat baik, seorangpun tidak. Kerongkongan mereka seperti kubur yang ternganga, lidah mereka merayu-rayu, bibir mereka mengandung bisa. Mulut mereka penuh dengan sumpah serapah, kaki mereka cepat untuk menumpahkan darah. Keruntuhan dan kebinasaan mereka tinggalkan di jalan mereka, dan jalan damai tidak mereka kenal; rasa takut kepada Allah tidak ada pada orang itu."

Kembali pada pertanyaan tentang keistimewaan bangsa Yahudi atau orang Advent. Apakah orang Yahudi dan orang Advent lebih baik? Tidak! Kalau soal kwalitasnya tidak ada kelebihan orang Yahudi dan orang Advent dibandingkan dengan orang-orang lainnya.

Ayat 19:
Tetapi kita tahu, bahwa segala sesuatu yang tercantum dalam Kitab Taurat ditujukan kepada mereka yang hidup di bawah hukum Taurat, supaya tersumbat setiap mulut dan seluruh dunia jatuh ke bawah hukuman Allah.

Hukum Taurat itu untuk orang Yahudi, ajaran Kristen itu untuk orang Advent. Apa artinya semua ini? Untuk membungkam setiap mulut yang hendak memprotes ELOHIM YAHWEH. Sebab jika orang Yahudi saja harus masuk ke Hukum Taurat, jika orang Advent saja harus masuk ke Hukum Kristen, lebih-lebih lagi orang-orang yang lainnya. Mareka pasti takkan luput dari hukuman ELOHIM YAHWEH;

1Ptr. 4:18Dan jika orang benar hampir-hampir tidak diselamatkan, apakah yang akan terjadi dengan orang fasik dan orang berdosa?

Betapa mengerikannya orang-orang yang bukan Yahudi dan bukan Advent, yang merasa aman dengan hidupnya yang tidak diatur hukum-hukum? Karena bukan Advent, maka bukan apa-apa makan babi dan menginjak-injak hari Sabat. Bukankah yang harus memelihara hari Sabat itu orang Advent? Saya orang GPdI, karena itu tidak wajib berhari Sabat.

Ayat 20:
Sebab tidak seorangpun yang dapat dibenarkan di hadapan Allah oleh karena melakukan hukum Taurat, karena justru oleh hukum Taurat orang mengenal dosa.

Apakah Hukum Taurat itu untuk keselamatan? Bukan! Hukum Taurat itu untuk memperkenalkan apa-apa yang disebut dosa. Apakah rambu-rambu lalulintas itu jaminan keselamatan anda berlalulintas? Bukan! Itu hanya petunjuk bahaya saja. Jalan di situ dilarang. Mengapa dilarang? Sebab berbahaya! Apakah kalau tidak jalan di situ selamat? Belum tentu!

Hukum Taurat memberitahukan bahwa pergi ke dukun-dukun atau paranormal itu dosa. Menyembah setan, mempelajari ilmu sihir dan ilmu tenung, menyembah patung-patung, mencuri, berzinah, membunuh, tidak menghormati orangtua, tidak menyucikan hari Sabat, berbuat kejahatan, berbuat yang merugikan orang lain, seks bebas, homoseks, lesbian, mabuk-mabukan, menyesatkan orang, sombong, berkata-kata kasar, dan lain-lainnya itu dosa.

Di Yahudi atau Advent anda diberitahukan bahwa cara hidup anda yang lama itu adalah salah dan berdosa. Sekarang ambillah kalkulator untuk menjumlahkan dosa-dosa anda itu, seperti kasir Alfamart yang menghitung belanjaan orang. Barang apa saja yang diambil, berapa totalnya? Maka anda akan dirujuk untuk datang kepada ELOHIM YESHUA. Pergilah ke ELOHIM YESHUA supaya anda menerima pengampunan!

Hukum Taurat mengajarkan jika berdosa, pergilah ke Bait Suci dengan membawa persembahan seekor domba. Tapi Perjanjian Baru mengajarkan jika berdosa, mintalah ampunan pada ELOHIM YESHUA.

Jika perpindahan Perjanjian Lama ke Perjanjian Baru itu berkenaan dengan korban penebus salahnya, yakni dari domba binatang ke DOMBA - ELOHIM YESHUA, maka apakah yang dulu dinyatakan berdosa sekarang tidak lagi berdosa? Apakah yang dulu perzinahan dilarang, sekarang diperbolehkan? Apakah yang dulu harus menguduskan hari Sabat, sekarang bisa dipindahkan ke hari Minggu?

Ayat 21-22:
Tetapi sekarang, tanpa hukum Taurat kebenaran Allah telah dinyatakan, seperti yang disaksikan dalam Kitab Taurat dan Kitab-kitab para nabi, yaitu kebenaran Allah karena iman dalam Yesus Kristus bagi semua orang yang percaya. Sebab tidak ada perbedaan.

Di depan telah kita buktikan bahwa baik orang Yahudi, orang Advent maupun orang-orang lainnya adalah orang-orang berdosa. Semua orang tak ada bedanya. Sekalipun ada Hukum Taurat, ya dilanggar, sekalipun ada ajaran Kristen, ya dilanggar. Karena itu ELOHIM YAHWEH menetapkan keselamatan berdasarkan iman kepada ELOHIM YESHUA, baik terhadap orang Yahudi, orang Advent maupun orang-orang lainnya.

Ukurannya bukan lagi hukum-hukum, tapi iman pada ELOHIM YESHUA. Di sini rasul Paulus mementahkan Keyahudian maupun Keadventan. Bukan Yahudi dan Advent yang menyelamatkan, tapi iman kita kepada ELOHIM YESHUA.

Yohanes 3:16Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Ayat 23-24:
Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah, dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.

Kalau kebenaran di Perjanjian Lama: kebenaran melakukan Hukum Taurat, di Perjanjian Baru: kebenaran karena iman pada ELOHIM YESHUA.

Ayat 25-26:
Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya. Maksud-Nya ialah untuk menunjukkan keadilan-Nya pada masa ini, supaya nyata, bahwa Ia benar dan juga membenarkan orang yang percaya kepada Yesus.

Melalui KEJURUSELAMATAN ELOHIM YESHUA, ELOHIM YAHWEH telah menetralkan posisi pelanggaran bangsa-bangsa lain. Orang-orang yang tadinya pelaku dosa, yakni bangsa-bangsa lain, telah dinetralisirkan melalui iman pada ELOHIM YESHUA.

Ayat 27-28:
Jika demikian, apakah dasarnya untuk bermegah? Tidak ada! Berdasarkan apa? Berdasarkan perbuatan? Tidak, melainkan berdasarkan iman! Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman, dan bukan karena ia melakukan hukum Taurat.

Kalau mau bermegah atau bersyukur, ya syukurilah iman itu, jangan mensyukuri kebaikan yang anda lakukan. Jangan membanggakan segala kebaikan yang anda lakukan di masa lalu, sebab bukan di perbuatan perhitungan keselamatannya, melainkan di iman. Banggalah karena anda orang Kristen, bukan bangga karena anda orang baik.

Ayat 29-30:
Atau adakah Allah hanya Allah orang Yahudi saja? Bukankah Ia juga adalah Allah bangsa-bangsa lain? Ya, benar. Ia juga adalah Allah bangsa-bangsa lain! Artinya, kalau ada satu Allah, yang akan membenarkan baik orang-orang bersunat karena iman, maupun orang-orang tak bersunat juga karena iman. Jika demikian, adakah kami membatalkan hukum Taurat karena iman? Sama sekali tidak! Sebaliknya, kami meneguhkannya.

Apakah dari perkataan-perkataan di atas mengesankan rasul Paulus sedang meremehkan Hukum Taurat? Sama sekali tidak! Justru, semakin menguatkan Hukum Taurat.

Seorang anak setiap hari dipaksa ibunya menyapu. Tapi tetangga sebelah menanamkan rasa cinta kepada orangtuanya. Orangtua tersebut tak pernah menyuruh-nyuruh anaknya apapun, melainkan segala pekerjaan dikerjakannya sendiri. Nah, apakah orang yang tak pernah menyuruh-nyuruh anaknya ini sedang merobohkan kedisiplinan anak-anaknya? Bukan! Justru setelah rasa cinta anak itu pada orangtuanya tumbuh, anak itu segera menggantikan segala pekerjaan orangtuanya. Bukan hanya menyapu saja yang dilakukannya, tapi mencuci pakaian, seterika, mencuci gelas dan piring yang dilakukannya. Lebih besar, lebih banyak dan lebih luas jangkauannya dari Hukum Taurat.

Nah, apakah anda melihat metode iman Kristen itu menggugurkan metode Hukum Taurat?
Hasil gambar untuk gambar anak yang rajin membantu orangtuanya

2 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
    dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
    berikan 4D/ angka [] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
    dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
    ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI insya
    allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
    kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
    sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
    yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI ALIH,,di no (((_082 313 669 888_)))insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 2750 JUTA , wassalam.


    dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....


    Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


    1"Dikejar-kejar hutang

    2"Selaluh kalah dalam bermain togel

    3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel


    4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat


    5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya

    tapi tidak ada satupun yang berhasil..




    KLIK DISINI ANGKA TOGEL JITU 2D 3D 4D 5D 6D




    Solusi yang tepat jangan anda putus asah... AKI ALIH akan membantu

    anda semua dengan Angka ritual/GHOIB:

    butuh angka togel 2D/ ,3D/, 4D/ 5D/ 6D/ SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO

    MAGNUM / dijamin

    100% jebol

    Apabila ada waktu

    silahkan Hub: AKI ALIH DI NO: (((_082 313 669 888_)))


    ANGKA RITUAL: TOTO/MAGNUM 4D/5D/6D/


    ANGKA RITUAL: HONGKONG 2D/3D/4D/6D/



    ANGKA RITUAL; KUDA LARI 2D/3D/4D/6D/



    ANGKA RITUAL; SINGAPUR 2D/3D/4D/ 6D/



    ANGKA RITUAL; TAIWAN,THAILAND



    ANGKA RITUAL: SIDNEY 2D/3D/4D 6D/




    BalasHapus
  2. Salam kenal Saya Syafitri TKI DI MALAYSIA
    Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidak yg jelasnya inilah kenyataannya...
    Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karnah sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa sebab,saya harus bekerja di negri orang (Arab Saudi) karna ada hutang yang harus saya bayar di majikan yaitu 257 juta untuk uang indo namun saya tidak pusing lagi sebab kemaring saya di berikan Info oleh seseorang yang tidak saya kenal,katanya kalau mengalami kesulitan Ekonomi,Terlilit hutang silahkan minta bantuan sama
    KI BARONG di Nomor telfon 0852 8895 8775 di jamin bantuan beliau 100% …
    Stay >>KLIK DISINI<<
    BANTUAN DARI KI BARONG
    1.PESUGIHAN
    2.TOGEL
    3. DANAH GHAIB
    4.PENGGANDAAN UANG
    5.UANG BALIK
    6.PEMIKAT
    7.PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)
    8.PERLANJAR DALAM BERBAGAI HAL
    Jadi saya beranikan diri menghubungi beliau dan menyampaikan semua masalah saya dan alhamdulillah saya bisa di bantu,kini semua hutang saya sama majikan di Saudi semua bisa terlunasi dan punya modal untuk pulang kampung,,,,
    Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi KI BARONG di nomor 0852 8895 8775 Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya dan yg lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda trimahkasi….

    BalasHapus