Rabu, 07 September 2016

AJARAN-AJARAN YESHUA - 23

Mat. 23:14(Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu menelan rumah janda-janda sedang kamu mengelabui mata orang dengan doa yang panjang-panjang. Sebab itu kamu pasti akan menerima hukuman yang lebih berat.)


>> Gereja Bethany dilanda Prahara

Skandal pendeta Gereja Bethany Nginden Surabaya memasuki babak baru. Setelah Pendeta Abraham Alex Tanuseputra selaku Ketua Umum Majelis Sinode Gereja Bethany Indonesia (GBI), tak bersedia membeber keuangan gereja, justru kasus lainnya terbongkar. Jumat (26/4) kemarin, penyidik Polda Jatim resmi menetapkan Pendeta Yusak Hadisiswantoro sebagai tersangka. Ini terkait kasus dugaan pemalsuan dokumen dalam pengalihan sertifikat hak milik (SHM) Gereja Bethany dan memberikan keterangan palsu, sesuai pasal 263 dan 266 KUHP. Pendeta Yusak yang kini menjadi pengurus Gereja Bethany di Jl. Tenaga Baru IV/6 Kawi Malang, ini merupakan menantu Pendeta Abraham Alex.

Pendeta Yusak diduga mengalihkan aset-aset Gereja Bethany menjadi atas nama aset pribadi senilai Rp 50 miliar. Pdt Yusak yang tinggal di Manyar Rejo Surabaya itu diduga telah memalsukan beberapa dokumen untuk merubah sertifikat gereja Bethany Indonesia di Malang menjadi miliknya.
 >> Pendeta Gilbert Lumoindong Dilaporkan ke Polisi atas Dugaan Pelecehan Seksual

Seorang pendeta berinisial GL telah dilaporkan ke Mapolda Metro Jaya oleh seorang wanita bernama Leleany Jeaneruth, yang tidak lain adalah adik iparnya, dengan dugaan pelecehan seksual. Laporan bernomor 215/1/2012/Dit Reskrimum/21 Januari itu kini dilimpahkan ke Polres Jakarta Pusat.

Kemudian dalam perkembangannya, Leleany Jeaneruth kembali melaporkan istri pendeta GL (inisial RL) tersebut ke Polres Jakarta Pusat atas tuduhan fitnah. "Klient saya yaitu Leleany telah melaporkan kepada Polisi, tetapi atas laporannya Leleany malah mendapat fitnah dan kecaman dari terlapor yaitu RL yang merupakan kakak dari Leleany, atau istri dari Pendeta GL," ujar Kuasa Hukum Leleany, Yance Andreas Mada, (22/2) seperti dikutip inilah.com.


Jakarta–SI. Yance Andreas Mada, S.H. Kuasa Hukum Leleany Jeaneruth  yang sedang ditanganinya melawan Pendeta Gilbert Lumoindong beserta istrinya, mengatakan perkara yang terjadi antara Leleany Jeaneruth (sebegai pelapor) dan Reinda Lumoindong (sebagai terlapor) serta rangkaian kejadian awal kasus tersebut.

sesuai Laporan Polisi dilakukan pada tanggal 21 Januari 2012 di Polda Metro Jaya dengan No LP : 215/1/2012/Dit.Reskrimum. Laporan ini lalu dilimpahkan ke Polres Jakarta Pusat dan hari ini 20 Februari 2012 telah dilakukan BAP Korban di Polres Jakarta Pusat.

Menurut Yance, Sekitar bulan Februari 2011, GL telepon Leleany, mintanya  ke-JACC untuk mengamambil buku-buku GL karena dia mau barter apartemen. Sebenarnya sudah lama GL selalu memintanya  seperti ini, tapi Leleany selalu mengulur-ngulur waktu atau menghindar karena pernah di Apartemen Taman Anggrek kejadiannya GL memeluknya. Saat itu anaknya GL  sedang sakit, Reinda kakaknya Leleany berada di Bali, Leleany diminta jaga anaknya. Malam itu ada mama, tapi sedang tidur di kamar lain.

Saat GL datang, dan mengajak leleany ngobrol di ruang makan, dia cerita tentang rumah tangganya. Menurut pengakuan Leleany bilang “Nanti juga Tuhan kasih jalan.” Tiba-tiba anaknya yang bungsu batuk-batuk, GL bergegas ke kamar tengok anaknya, kemudian Leleany disuruh ambil air putih untuk anaknya, saat air putih bawa ke kamarnya, GL tiba-tiba peluk Leleany. Ketika itu leleany kaget dan menghindar, serta berucap “Apa-apaan ini.” . Lalu GL mundur dan bilang maaf. Disitulah awalnya Leleany yang sebagai adik Iparnya selalu menghindar. Masih menurut Yance dengan rinci menguaraikan kronologisnya sesuai penuturan dari Leleany  :
  1. Pada Saat di JACC itu, Leleany akhirnya mau disuruh GL ambil buku-buku, kebetulan memang Leleany juga pegang kunci apartemen disana. Pengakuan Leleany pada Yance sebagai kuasa hukumnya  “Saat datang, aku cek ke semua ruangan, ternyata tidak ada orang, aku lebih tenang, aku cuma takut ada GL disana. Saat aku beres-beres, tiba-tiba GL datang, aku kaget juga. GL minta aku nyalain AC dikamar utama, aku jalan ke kamar utama untuk nyalain AC. Saat aku nyalain AC, tiba-tiba GL peluk aku dari belakang. Aku kaget bercampur takut, aku meronta-ronta, tapi karena badan dia terlalu besar, aku tak punya daya apapun untuk melawan. Dia buka paksa baju aku, aku tetap berusaha meronta, sampai dia buka celana jeans aku dan dia tau aku sedang menstruasi, baru dia refleks lepas aku dan pergi”.
  2. Saat itu aku shock berat, GL sudah pergi, aku tetap diam di ruangan itu dan menangis. Aku bingung mau bilang ke siapa. Tiba-tiba aku teringat Jimmy, teman dekat aku di Gereja, lalu aku telpon dia. Jimmy dengar suaraku menangis, Jimmy tanya ada apa, aku ga cerita semuanya. Setelah aku ketemu Jimmy, aku baru cerita semuanya dengan syarat jangan bilang apapun ke siapapun dulu karena posisiku serba salah. Satu sisi, keluargaku ditanggung oleh GL, sisi lain harga diriku terinjak, sisi lain lagi apa kata orang jika mereka tau aib ini.
  3. Setelah kejadian itu, GL sering sms dengan dalih cerita-cerita tentang rumah tangganya, tentang istrinya yang berselingkuh, bahkan dia juga pernah sms Tanya aku KAPAN KE JACC LAGI? Aku tidak pernah kasih tanggapan.
  4. Aku pernah bilang sama dia kalau aku mau berhenti kerja tapi dia selalu larang.
  5. Aku sering dipaksa ketemu GL suruh doa pagi, datang lebih pagi supaya bertemu dengan dia dengan maksudnya yang ga jelas jika istrinya tidak datang bersamanya doa pagi, tapi aku menolak karena takut kalau hanya berduaan dengan dia.
  6. Pernah GL ajak aku ke Apartemen saat kakakku Reinda ke Bandung, alasan GL ada urusan. Waktu itu ada Jimmy, jadi aku cerita Jimmy, aku bilang Jimmy aku takut, aku stress GL minta ketemu berdua lagi. Jimmy bilang “kalau ini urusan kerja, ga usa takut.” Saking stress, aku naik lift, lalu turun lagi, balik lagi ke Jimmy, aku minta doa dari Jimmy, lalu Jimmy doain aku. Sampai diatas, aku ragu lalu turun lagi, sedangkan GL sms dan telpon terus, katanya naik jangan lama-lama. Akhirnya Jimmy antar aku ke lift, dan Jimmy bilang “naik aja, kalau dia macam-macam dan terjadi apa-apa, nanti Jimmy yang hadapi dia.” Kata-kata itu menenangkan aku, supaya aku punya kekuatan bahwa ada yang bela aku. Dari situ, aku berusaha kuat dan memberanikan diri naik keatas. Untunglah, Tuhan melindungi. Diatas Reinda telpon, jadi GL tidak ada kesempatan untuk berbuat macam-macam. Setelah bicara, aku langsung turun.
  7. Tanggal 18 Desember 2011, aku ingat kalau anakku sakit dan harus opname di Rumah Sakit, yang bantu urus anakku Jimmy dan istrinya. Waktu itu ada GL juga, Ezer anakku lagi di UGD. Ezer minta tolong sama Jimmy untuk ambil HP nya di tas aku. Jimmy lalu ambilin HP Ezer, GL yang melihat Jimmy ambil HP di tas aku, langsung ngeliat dengan pandangan aneh.
  8. Tanggal 21 Desember 2011, aku dimintain tolong GL untuk urus ATM beliau di Taman Anggrek. Aku pikir itu tempat umum lah, GL ga mungkin bisa macem-macem. Selaku bawahan GL aku turuti perintahnya. Setelah urusannya selesai, aku mau langsung balik ke kantor karena sorenya aku harus berangkat ke Manado tapi GL ajak aku ke apartemennya, dia bilang ada yang mau dibicarain, ga enak kalau di kantor. Aku mulai takut dengan ajakannya. Aku bilang aku ada urusan penting, tapi GL bilang sebentar aja dan kesannya memaksa, aku tidak tau harus beralasan apa lagi. Aku cuma bisa berdoa pada Tuhan semoga tidak terjadi apa-apa, semoga tidak terjadi lagi. Sampai di apartemen, GL cuma tegur aku untuk tidak dekat dengan Jimmy, aku tidak boleh bergaul lagi dengan Jimmy dan istrinya. Aku bilang aku bukan orang yang tidak tau terima kasih lalu aku pergi. Diluar aku bersyukur bahwa aku bisa selamat.
  9. Malamnya saat tiba di Manado, sekitar jam 11 malam ada telpon dari kakakku Reinda. Saat aku angkat telpon, kakakku Reinda maki-maki aku dan tuduh aku selingkuh dengan Jimmy. Pasti sudah ada pembicaraan antara GL dengan kakakku, mungkin karena GL lihat Jimmy ambil HP di tas aku waktu di Rumah Sakit.
  10. Tanggal 23 Desember 2011, aku tidak tau ada pembicaraan antara Jimmy dengan GL di Israel, tapi aku dapat sms dari GL kalau GL minta maaf (sms terlampir), aku tidak balas.
  11. Tanggal 29 Desember 2011, Reinda telpon lagi dan dia bilang aku gila, dia jijik sama aku, dia bilang aku perek, dan aku mau dimasukin Rumah Sakit Jiwa.
  12. Tanggal 20 Januari 2012, dengan terpaksa aku memutuskan untuk menempuh jalur hukum. Karena semenjak kejadian Reinda maki-maki, mungkin keluarga sudah mendengar kejadian antara Aku, GL, dan Reinda tapi mereka terkesan seolah membela Reinda, mereka tidak mau mendengar aku. Sampai pada saat Papaku telpon Jimmy dan suruh aku pulang (telpon di loudspeaker), Jimmy bilang “Om tau kalau GL coba perkosa Ninie?”, papaku jawab, “Ahhhh, ga benar itu”. Disitu aku putus harapan. Aku tidak tau kemana lagi aku harus mengadu.
  13. Tanggal 21 Januari 2012, aku memutuskan untuk keluar dari rumah keluarga, aku pindah ke kontrakan di daerah Taman Mini.
  14. Tanggal 24 Januari 2012, Jimmy datang tengok aku di kontrakan. Aku minta tolong Jimmy antar mau belanja ke Carrefour, akhirnya kita pergi bertiga dengan Ezer. Saat di Carrefour, tetangga aku telpon, katanya ada keluarga datang cari aku, mereka ramai-ramai sampai 4 mobil. Memang aku dan keluarga sepakat untuk ketemu dan bicara masalah ini hari rabu tanggal 25 Januari 2012 di Cilandak Town Square, tapi aku kaget kenapa mereka gerombolan datang ke rumah, sedangkan kita sudah ada janji sebelumnya, aku jadi merasa tidak dihargai. Disitu aku memutuskan untuk tidak kembali ke kontrakan, aku cari tempat tinggal sementara.
  15. Malam itu aku putusin untuk cari hotel sampai jam 3 pagi sama Ezer, Ricky, dan Elberth. Paginya aku diantar istrinya Jimmy cari kost.
  16. Keesokan harinya, tetangga telpon aku lagi, katanya ada 3 orang preman yang datang ke kontrakan tanya-tanya aku, bahkan tetangga aku ditanya-tanya, tetangga aku bilang “ada apa pak, kok masalah keluarga sampai ramai sih?.... salah satu dari mereka bilang, “ga ada apa-apa bu, kami cuma pengen Bu Ninie aman.”
  17. Tanggal 26 Januari 2012, mendengar kejadian yang aku alami. Pak Yance datang kunjungi aku di kost. Karena waktu itu aku ga bawa baju, baju yang aku pakai dipinjamkan oleh istrinya Jimmy, aku minta antar Pak Yance dan istri ke kontrakan aku di TMII untuk ambil baju. Sampai disana, tetangga aku cerita bahwa keluargaku datang ramai-ramai sekitar jam 9.30 malam, mereka tunggu sampai jam 2 pagi, sampai Papa ketiduran.
  18. Ada 4 mobil yang datang sama 1 motor. Ada papa, mama, ibu Enda, Deny, Pak Gilbert, tapi Pak Gilbert naik mobil warna merah (padahal GL tidak punya mobil warna merah), ada juga yang lihat kalau 1 motor itu bicara dengan salah satu yang ada di mobil. Tetangga di kontrakan aku di TMII memang kenal aku sejak lama, karena semenjak aku hamil Ezer, aku tinggal disana, baru Ezer lulus SMP aku mau diajak keluarga untuk tinggal sama mereka.
  19. Waktu itu aku main ke rumah Jimmy di Kayuputih. Pas di depan pagar, ada seorang pengendara mio dengan gelagat mencurigakan memutar motor sengaja di depan rumah Jimmy, kemudian anak-anak mengejar dan menurut keterangan ibu di warung dekat rumah Jimmy, pria itu sudah mengamati dari sejak pagi. Lalu Jimmy memasang status di BB, “mata-mata bermotor mio, cari mati!!!” Tiba-tiba GL merespon dengan menelpon Jimmy dengan berkata bahwa itu bukan orangnya dia, orang-orangnya di Taman Mini sudah saya tarik…. Kata Jimmy, “awas Pak, kalau orang itu ketangkap, habis dia” maksudnya hanya menggertak GL. Lalu GL menjawab, “kamu matiin aja orang itu juga ga apa-apa, tapi jujur orang itu bukan orang saya, saya sudah tarik orang-orang yang jaga Ninie di Taman Mini.” Dari status Jimmy yang keras, hanya GL yang merespon dengan menelpon Jimmy. Menurut Jimmy, ada hubungan orang yang mendatangi aku di Taman Mini dan mata-mata yang mengawasi rumah Jimmy sejak pagi tersebut. Aku pikir, kalau dia tidak melakukan tindakan apapun, kenapa dia merespon Jimmy. Menurut Jimmy, selama hidupnya dia ga pernah bermasalah sama orang, kecuali baru kasus ini.
  20. Sungguh sangat terpaksa aku mengambil jalan ini, bukan karena aku ingin memperkeruh suasana, tiada maksud lain hanya mempertahankan harga diri aku. Bukan berarti aku seorang janda lalu aku bisa diinjak-injak. Bukan berarti mereka punya uang dan kuasa lalu mereka berhak membenarkan segala tingkah laku mereka. Aku hanya menuntut keadilan.
 

>> Sebut jemaat mirip sundel bolong, istri pendeta jadi tersangka


Merdeka.com - Istri seorang pemuka agama kondang Pendeta Gilbert Lumoindong, Reinda Lumoindong ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan terhadap seorang jemaatnya. Diketahui jemaat wanitanya bernama Bianda Martha Sihombing.
Kasubdit Kemanan Negara Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya AKBP Daniel Bolly Tifaona mengatakan pada pemeriksaan yang telah dilakukan Selasa 22 Januari 2013 kemarin, Reinda telah dinaikan statusnya menjadi tersangka.
"Sudah jadi tersangka, sekarang tinggal menunggu pemberkasan," ujar Daniel, saat dihubungi, Rabu (23/1).
Terkait kasus tersebut, lanjut Daniel, sudah diperiksa beberapa orang saksi. Setelah penetapan tersangka terhadap Reinda, penyidik akan segera merampungkan pemberkasan agar segera dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi.
 

>> (Anak) PENDETA BETHANY Aniaya Sopirnya!!


SURABAYA (Surabaya Pagi) – Terkait soal penganiayaan yang dilakukan oleh Pdt. David Aswin Tanuseputra kepada sopir pribadi Pdt Abraham Alex Tanuseputra hingga mengalami luka berat di wajah dan sekujur tubuhnya, hingga Kamis (30/7/2015) malam tadi belum ada tindakan hukum dari Polrestabes Surabaya. Bahkan, Aswin, yang sudah melakukan penganiayaan, masih belum ditahan meskipun telah dimiliki dua alat bukti cukup untuk bisa menetapkan tersangka.

Perkara yang awalnya masuk di Polda Jatim, Selasa (28/7/2015) kemarin resmi dilimpahkan ke Polrestabes Surabaya. Namun hingga Kamis (30/7/2015) malam tadi, penyidik masih belum melakukan tindakan pemanggilan para saksi, bahkan Pdt Aswin yang diduga sebagai otak penganiayaan sopir Pdt Abraham Alex ini juga belum dipanggil.


>> Pendeta HKBP Didemo Pendeta Wanita Karena Perkosa 19 Mahasiswi

TARUTUNG (voa-islam.com) – Terkait kasus pemerkosaan Pendeta HKBP terhadap 19 mahasiswi Sekolah Tinggi Teologi, Gereja HKBP di Tarutung, Sumatera Utara didemo pendeta wanita bersama puluhan mahasiswi.

Bertepatan dengan demo nasional besar-besaran dalam rangka mengkritisi kegagalan kinerja 100 hari SBY-Boediono, Kamis (28/1/2010), demo yang tak kalah panasnya, digelar pendeta wanita di lingkungan gereja HKBP Tarutung.

Dr Dewi Sri Sinaga, Pendeta wanita HKBP, bersama puluhan mahasiswi beramai-ramai menggeruduk Kantor Pusat Gereja HKBP (Huria Kristen Batak Protestan) di Tarutung. Mereka mengadukan skandal pelecehan seksual yang dilakukan oleh Pendeta Laguboti terhadap 19 mahasiswi Sekolah Biblevro, Tarutung, Sumatera Utara, sejak Desember 2009 lalu. Laguboti adalah pendeta HKBP yang juga menjadi staf pengajar di Sekolah Biblevro itu.
  

>> Dituduh Cabuli 7 Bocah, Pendeta Gea Dituntut 15 Tahun Penjara, begini Awal Kasusnya


SURYA.co.id | SURABAYA - Pendeta Idaman Asli Gea alias Idaman Asli Telambanua yang dituduh mencabuli 7 bocah dituntut 15 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Suci Anggraeni SH di Pengadilan Surabaya, Senin (22/8/2016).

Tuntutan berat yang diberikan JPU pertimbangannya, terdakwa dinilai berbelit-belit saat persidangan berlangsung. Korbannya anak-anak di bawah umur dan tidak menyesali perbuatannya.

"Tuntutan 15 tahun sudah maksimal terkait UU Perlindungan Anak," ujar Suci Anggraini.


>> Kasus Asusila Oknum Pendeta di Bekasi

BERITA BEKASI – Ketua Majelis Persatuan Gereja Pantekosta Daerah pendeta, Dr. Djuly Ardianto, MA. MTh mengatakan, pihaknya tidak akan menghalangi proses hukum terhadap pendeta DM. Sebaliknya, pihaknya justru mendorong pihak kepolisian agar DM cepat diproses secara hukum atas perbuatannya yang sudah mencoreng nama baik Gereja. Bahkan sudah merusak agama dan perbuatan ini tidak bisa ditolerir lagi. Hal tersebut dikatakannya ketika melakukan pertemuan di Resto Niko yang berlokasi di Jalan H. Juanda, Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Rabu (16/9/2015).

“Perbuatan DM sudah tidak bisa ditolerir lagi. Kita minta kepada pihak kepolisian agar segera menanggapi laporan korban. Dengan begitu, DM bisa segera diproses secara hukum untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya dan kita tidak akan menghalangi proses tersebut,” ujarnya kepada Beritaekspres.com, Rabu (16/9).
 >> Pastor Gaek, Tertangkap polisi kencani pelacur di Kuburan

Polisi mengatakan Pastor Coyle ditangkap sekitar pukul 17.00 waktu setempat Ahad kemarin, setelah pastor 62 tahun itu diduga ditemukan sedang bersama seorang pelacur di bagian belakang sebuah pemakaman di Lowell.
Pelacur yang diduga bersama dengan Pastor Coyle adalah Siriwan Kongkaen (38 tahun). Sebelumnya, sang pelacur kerap ditangkap polisi untuk kasus prostitusi dan pelanggaran terkait dengan narkotik, seperti dilansir surat kabar the Daily Mail.
Gilanya, polisi mengungkapkan bahwa sebelumnya Pastor Coyle memang terlihat puluhan kali berada di kawasan tidak jauh dari komplek pemakaman itu. Pastor gaek itu diketahui hobi menyewa pelacur.
>> Pastor Amerika cabuli 2 gadis dibawah umur untuk keluarkan setan

Seorang pastor di Negara Bagian Minnesota, Amerika Serikat dituding memerkosa dua gadis. Dia bilang ada setan di dalam tubuh korban dan dia berusaha mengeluarkannya.
Jacoby Kindred memperkosa dua anak dari kekasih putranya selama satu dekade, sejak umur anak itu masih empat dan enam tahun. Korban kini berusia 14 dan 16 tahun telah mengalami pelecehan mulai dari disuruh melakukan oral seks hingga disetubuhi.
Polisi mulai mengawasi pastor ini sejak Juli berkat pengaduan ibu sang anak lantaran menemukan surat dari salah satu putrinya menuliskan soal kekerasan seksual dilakukan oleh Kindred. Termasuk kebohongan Kindred soal iblis dalam diri para gadis.
>> Skandal seksual di gereja katolik Denmark dibongkar

Seiring dengan tekanan dari para jemaatnya, Gereja Katolik Denmark bakal menyelidiki kasus-kasus pelecehan sex terhadap anak-anak yang melibatkan pastor. Investigasi pihak gereja itu setelah keuskupan berada dalam tekanan besar.
"Gereja Katolik di Denmark belakangan dikritik oleh para jemaatnya karena tidak menginvestigasi dan melaporkan ke polisi kasus-kaus pelecehan seksual yang terjadi sejak 20 tahun lalu," demikian pernyataan di Kopenhagen.

>> Romo Marcial Maciel terbukti melakukan penganiayaan seksual

Paus Benediktus memerintahkan pemeriksaan terhadap pastor-pastor ordo atau serikat atau kongregasi Legiun Kristen setelah pendirinya Romo Marcial Maciel terbukti melakukan penganiayaan seksual pada 2006. 
Paus meminta Romo Maciel pensiun dan menghabiskan sisa hidupnya untuk berdoa dan bertobat. Maciel wafat pada 2008. ...pemeriksaan terhadap pastor-pastor ordo atau serikat atau kongregasi Legiun Kristen setelah pendirinya Romo Marcial Maciel terbukti melakukan penganiayaan seksual...
Total enam anak dengan tiga wanita yang berbeda. Marciel adalah seorang imam Meksiko dan pemimpin Legiun Kristus selama beberapa dekade. Digambarkan sebagai pemimpin karismatik dan "pengumpulan dana terbesar dari gereja Katolik Roma modern," ia berhasil merekrut seminaris pada saat mendapat panggilan. Ia adalah "imam peringkat tertinggi yang pernah dihukum karena tuduhan pelecehan seksual."

>> Kasus Pastor melakukan pelecehan,John Geogon melakukan pelecehan sexsual lebih dari 100 kali

Berita tersebut mengatakan: Bahwa salah seorang kapala biarawati di sebuah gereja - yang sengaja tidak disebutkan namanya - menyatakan, bahwa para pendeta di gereja tempatnya bekerja telah melakukan pelecehan seksual terhadap 29 biarawati yang ada dalam keuskupannya. Ketika salah seorang biarawati melaporkan permasalahan ini kepada uskup agung, maka dia pun dipecat dari pekerjaannya.
Di gereja lainnya - menurut laporan - para pendeta yang berada di sana minta disediakan biarawati untuk memenuhi nafsu seks mereka. Dalam berita itu dinyatakan, bahwa setelah kejadian tersebut terungkap, maka pihak gereja mengirim para uskup yang terlibat ke luar negeri untuk melanjutkan studi atau mengutus mereka ke gereja lain sampai batas waktu tertentu. Adapun para biarawati - yang takut pulang ke rumahnya - dipaksa untuk meninggalkan gereja, sehingga banyak dari mereka beralih profesi menjadi wanita tuna susila. Juga dinyatakan, bahwa telah ditemukan beberapa bulan yang lalu tentang adanya jaringan para uskup dan agamawan di Vatikan - dengan berbagai macam tingkatannya - yang melakukan perilaku seks menyimpang (homoseks) dan pecandu narkoba.
Pada akhir-akhir ini (maret 2003), Bapa Vatikan (Yohanes Paulus II) mengundang para pembesar gereja Katolik Roma di Amerika Serikat ke Vatikan Roma untuk membahas terbongkarnya skandal seks sebagian uskup Amerika yang mengguncang gereja di sana.
Sekitar 3000 pendeta menghadapi tuduhan pelecehan seksual terhadap anak-anak di bawah umur. Kardinal pun mendapat protes keras karena tidak memberikan sanksi di Boston kepada mantan pendeta John Geogon yang diyakini telah melakukan pelecehan seks terhadap 100 orang selama 20 tahun, malah dia hanya dipindahkan ke keuskupan lain. Skandal gereja tersebut menghabiskan biaya yang sangat besar mencapai milyar dolar untuk berdamai di luar pengadilan di beberapa kasus. Juga dinyatakan bahwa beberapa keuskupan bangkrut disebabkan oleh skandal seks tersebut.

>> Charles Fox Parham, 1907

Parham, seorang tokoh Pentakosta AS, memulai gerakan neo-Pentakosta di AS. Tapi dia dituduh melakukan sodomi atau semburit di Texas dan ditahan polisi. Sebagai akibatnya, dia kehilangan semua kepercayaan dengan gerakan itu melalui muridnya, William Seymour!

>> Aimee Semple McPherson, 1920-an – 1930-an

Dia seorang penginjil wanita yang cantik, pendiri suatu denominasi Pentakosta di AS, dan penginjil Pentakosta pertama yang terkenal. Akan tetapi, wanita kelahiran Kanada ini kawin-cerai beberapa kali, diduga merekayasa drama penculikan atas dirinya sebanyak dua kali, salah satu selama lebih dari tiga puluh hari, demi menjalin hubungan asrama rahasia dan tidak resmi dengan lelaki tertentu yang sudah berkeluarga tahun 1926.


>> Kathryn Kuhlman, 1930-an

Dia seorang penyembuh rohani dan penginjil wanita terkenal asal AS, seorang pendeta Gereja Baptis dan pendiri Tabernakel KKR Kuhlman di Denver tahun 1933. Akan tetapi, dia terlibat suatu perzinahan dengan seorang rekan penginjil lelaki yang sudah berkeluarga. Lelaki itu menceraikan isterinya supaya dia menikah dengan Kuhlman dan menghancurkan Tabernakel KKR Kuhlman.


>> Billy James Hargis, awal 1970-an

Hargis seorang  penginjil Kristen Protestan fundamental, penginjil yang membuat tafsiran harfiah tentang Alkitab dan yang taat secara ketat pada ajaran Kristen.

Selain itu, dia seorang penulis dan penginjil radio yang produktif asal AS. Dia membentuk Perguruan Kristen Amerika tahun 1971 untuk mengajarkan asas-asas Kristen fundamental.

Akan tetapi, suatu skandal seks muncul di perguruan itu. Skandal itu melibatkan tuduhan bahwa Hargis melakukan hubungan seks dengan mahasiswa pria dan wanita. Sebagai akibatnya, dia dipaksa mundur dari jabatannya sebagai seorang anggota presidium Perguruan Kristen Amerika.


>> Lonnie Frisbee, 1970-an – 1980-an

Dia seorang penginjil Pentakosta homoseksual yang tertutup asal AS. Dia mendaku dirinya adalah seorang “nabi yang melihat” di akhir 1960-an dan 1970-an. Meskipun penampilannya seperti seorang hippie (seorang lelaki muda yang penampilannya tidak konvensional di AS tahun 1960-an), dia seorang pendeta dan penginjil Pentakosta yang sangat berhasil. Karena terlibat homoseksualitas, dia dipecat dari kepemimpinannya dalam gereja. Dia meninggal dunia karena AIDS tahun 1993.

>> Jim dan Tammy Bakker dan Jimmy Swaggart, 1980 dan 1991

Pada tahun 1986, Jimmy Swaggart, seorang penginjil Pentakosta asal AS, mulai serangan-serangan melalui layar televisi terhadap dua orang rekan penginjil televisi, Marvin Gorman dan Jim Bakker. Dia membongkar hubungan asmara Gorman dengan seorang anggota jemaat Gorman. Dia juga menolong membeberkan penyelewengan seksual Bakker; penyelewengan Bakker diatur seorang rekan ketika Bakker melakukan suatu perjalanan ke luar kota. Pembeberan skandal seks kedua penginjil itu mendapat liputan media yang luas.

Gorman membalas. Dia menyewa seorang penyelidik pribadi untuk membongkar kesembronoan perzinahan Swaggart sendiri dengan seorang pelacur.

Swaggart akhirnya dipaksa mundur dari kependetaannya selama setahun. Dia membuat suatu permohonan maaf yang disiarkan televisi Februari 1988 kepada jemaatnya. “Saya sudah berdosa kepada-Mu, Tuhan,” katanya, “dan saya ingin memohon agar darah-Mu yang berharga membasuh dan membersihkan setiap noda sampai itu ada dalam lautan pengampunan Allah.”

Ternyata kemudian Swaggart belum bertobat. Dia tertangkap basah oleh polisi Kalifornia tahun 1991 dengan Rosemary Garcia, seorang pelacur. Pelacur itu ikut bersama dia dalam mobilnya; Swaggart dihentikan di jalan karena salah memasuki jalur yang keliru. Ketika ditanya mengapa Rosemary berada bersama Swaggart, pelacur itu, barangkali seorang pelacur jalanan,  menjawab, “Dia minta saya untuk seks. Maksudku, itulah sebabnya dia menghentikan saya [di jalan]. Itu yang saya lakukan. Saya seorang pelacur.”

>> James Cleveland, 1991

Pendeta Cleveland terkenal secara internasional sebagai seorang penyanyi lagu-lagu Gospel, seorang aranser lagu, seorang komponis, dan tokoh di balik penciptaan musik Gospel modern di AS. Tidak heran dia dijuluki Raja Musik Gospel AS. Tapi seniman musik Gospel dan rekaman musik Gospel ini diketahui adalah seorang homoseksual. Dia meninggal dunia karena AIDS. Cleveland pendiri Gereja Baptis Batu Penjuru di Los Angeles, Kalifornia.

Hasil gambar untuk gambar tanda tanya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar