Senin, 29 Agustus 2016

PEMBUKAAN METERAI-METERAI

Sampai dengan tahun 2003-an rupanya masih belum ada orang yang menghubungkan kitab Daniel ke kitab Wahyu. Itulah sebabnya anda takkan pernah mendapatkan buku yang berjudul: "DANIEL-WAHYU." Tapi ketika saya sebagai penginjil di kota Ngawi, Jawa Timur, mengadakan seminar: "Daniel-Wahyu", seorang pendeta senior Advent terkejut mendengar pemaparan saya yang menghubungkan ke-2 kitab tersebut, dan beliau berkata: "Seumur-umur saya menjadi pendeta baru sekali ini saya mengerti bahwa kitab Wahyu merupakan sambungan dari kitab Daniel. Saya belum pernah mendapatkan pelajaran yang seperti ini. Terimakasih sekali, bro."

Nah, bagaimana penyambungan ke-2 kitab tersebut?

Sekitar tahun 500 Sebelum Masehi atau 600 tahun sebelum rasul Yohanes mendapatkan penglihatan kitab Wahyu, seorang malaikat berkata kepada nabi Daniel;

Daniel 12:4Tetapi engkau, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman; banyak orang akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah."
12:9Tetapi ia menjawab: "Pergilah, Daniel, sebab firman ini akan tinggal tersembunyi dan termeterai sampai akhir zaman.

"Pergilah, Daniel ...." maksudnya, beristirahatlah dalam kuburmu. Biarkan semua nubuatan-nubuatan itu tersembunyikan artinya sampai genap waktu pengungkapannya, yaitu akhir zaman.

Kitab yang termeterai itulah yang dilihat oleh rasul Yohanes dipegang oleh ELOHIM YAHWEH;

Wahyu  5:1Maka aku melihat di tangan kanan Dia yang duduk di atas takhta itu, sebuah gulungan kitab, yang ditulisi sebelah dalam dan sebelah luarnya dan dimeterai dengan tujuh meterai.

Siapakah yang berhak membuka ke-7 meterai itu?

Wahyu 5:5Lalu berkatalah seorang dari tua-tua itu kepadaku: "Jangan engkau menangis! Sesungguhnya, singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud, telah menang, sehingga Ia dapat membuka gulungan kitab itu dan membuka ketujuh meterainya."
5:7Lalu datanglah Anak Domba itu dan menerima gulungan kitab itu dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu.

Di zaman Perjanjian Lama, ketika bangsa Israel dipimpin oleh nabi Yosua memasuki negeri Kanaan, mereka dihadang oleh tembok kota Yerikho yang kokoh dan tak terobohkan. ELOHIM YAHWEH memerintahkan supaya bangsa Israel mengitari kota itu sekali putaran setiap hari selama 6 hari. Tapi di hari yang ke-7 supaya dikitari sebanyak 7 kali;

Yosua
6:2Berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: "Ketahuilah, Aku serahkan ke tanganmu Yerikho ini beserta rajanya dan pahlawan-pahlawannya yang gagah perkasa.
6:3Haruslah kamu mengelilingi kota itu, yakni semua prajurit harus mengedari kota itu sekali saja; demikianlah harus engkau perbuat enam hari lamanya,
6:4dan tujuh orang imam harus membawa tujuh sangkakala tanduk domba di depan tabut. Tetapi pada hari yang ketujuh, tujuh kali kamu harus mengelilingi kota itu sedang para imam meniup sangkakala.

Konsep 7 hari 7 putaran itu kelihatannya menggambarkan pembukaan meterai-meterai kitab Daniel yang hendak dibuka oleh ELOHIM YESHUA. Kitab itu dimeterai dengan 7 meterai, yang setiap meterainya menandai sebuah zaman, dan di meterai yang ke-7, meterai yang terakhir, terdapat 7 sangkakala. Di peniupan sangkakala yang ke-6 itulah kejayaan kekaisaran Ottoman, Turki - Islam, dinubuatkan, sedangkan di peniupan sangkakala yang ke-7 atau yang terakhir itulah segala rahasia kitab Daniel-Wahyu disingkapkan kepada Williem Miller dan Ny. Ellen G. White, Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh.

Nama Yosua sendiri searti dengan YESHUA. Jika nabi Yosua membawa bangsa Israel memasuki negeri Kanaan, ELOHIM YESHUA membawa kita memasuki negeri Kanaan sorgawi, yaitu: Yerusalem baru. Jika bangsa Israel dihadang dengan tembok kota Yerikho, kita dihadang dengan kitab nabi Daniel yang termeterai, yang membuat rasul Yohanes menangis;

Wahyu
5:3Tetapi tidak ada seorangpun yang di sorga atau yang di bumi atau yang di bawah bumi, yang dapat membuka gulungan kitab itu atau yang dapat melihat sebelah dalamnya.
5:4Maka menangislah aku dengan amat sedihnya, karena tidak ada seorangpun yang dianggap layak untuk membuka gulungan kitab itu ataupun melihat sebelah dalamnya.

Nabi Yosua meniup sangkakala, di meterai yang ke-7 ada 7 malaikat yang meniup sangkakala juga.

Apa yang diceritakan oleh meterai-meterai dan sangkakala itu? Mari kita lihat;

METERAI PERTAMA;

Wahyu
6:1Maka aku melihat Anak Domba itu membuka yang pertama dari ketujuh meterai itu, dan aku mendengar yang pertama dari keempat makhluk itu berkata dengan suara bagaikan bunyi guruh: "Mari!"
6:2Dan aku melihat: sesungguhnya, ada seekor kuda putih dan orang yang menungganginya memegang sebuah panah dan kepadanya dikaruniakan sebuah mahkota. Lalu ia maju sebagai pemenang untuk merebut kemenangan.

Kuda adalah binatang tunggangan. Jadi, kuda adalah organisasi atau kumpulan orang-orang atau jemaat atau umat atau gereja. Warna putih menunjukkan kesucian jemaat JALAN TUHAN antara tahun 31 - 325 Tarikh Masehi, sebelum masuknya kaisar Konstantin Agung yang merusakkan Kekristenan. Penunggang kuda putih itu membawa sebuah panah, menyatakan bahwa jemaat JALAN TUHAN pada masa itu tegas dalam menjaga kesucian dan kemurnian ajarannya. Karena itu jemaat itu dikaruniakan sebuah mahkota kemenangan. Dalam surat kepada 7 jemaat, itulah jemaat Efesus;

Wahyu
2:1"Tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Efesus: Inilah firman dari Dia, yang memegang ketujuh bintang itu di tangan kanan-Nya dan berjalan di antara ketujuh kaki dian emas itu.
2:2Aku tahu segala pekerjaanmu: baik jerih payahmu maupun ketekunanmu. Aku tahu, bahwa engkau tidak dapat sabar terhadap orang-orang jahat, bahwa engkau telah mencobai mereka yang menyebut dirinya rasul, tetapi yang sebenarnya tidak demikian, bahwa engkau telah mendapati mereka pendusta.
2:3Dan engkau tetap sabar dan menderita oleh karena nama-Ku; dan engkau tidak mengenal lelah.
2:4Namun demikian Aku mencela engkau, karena engkau telah meninggalkan kasihmu yang semula.
2:5Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan. Jika tidak demikian, Aku akan datang kepadamu dan Aku akan mengambil kaki dianmu dari tempatnya, jikalau engkau tidak bertobat.

ELOHIM YESHUA memuji pemeliharaan mereka terhadap ajaran-ajaran yang asli, tapi mencela hilangnya kasih mereka.

METERAI KEDUA:

Wahyu
6:3Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang kedua, aku mendengar makhluk yang kedua berkata: "Mari!"
6:4Dan majulah seekor kuda lain, seekor kuda merah padam dan orang yang menungganginya dikaruniakan kuasa untuk mengambil damai sejahtera dari atas bumi, sehingga mereka saling membunuh, dan kepadanya dikaruniakan sebilah pedang yang besar.

Di zaman ini jemaat sudah tidak suci lagi, digambarkan oleh warna kuda yang merah padam, seperti warna iblis. Jemaat Kristen, tepatnya: Roma Katolik, mulai melakukan penganiayaan-penganiayaan. Ini adalah antara tahun 325 - 538 Tarikh Masehi, digambarkan sebagai jemaat di Smirna:

Wahyu
2:8"Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Smirna: Inilah firman dari Yang Awal dan Yang Akhir, yang telah mati dan hidup kembali:
2:9Aku tahu kesusahanmu dan kemiskinanmu--namun engkau kaya--dan fitnah mereka, yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian: sebaliknya mereka adalah jemaah Iblis.
2:10Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita! Sesungguhnya Iblis akan melemparkan beberapa orang dari antaramu ke dalam penjara supaya kamu dicobai dan kamu akan beroleh kesusahan selama sepuluh hari. Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan.

METERAI KETIGA:

Wahyu
6:5Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang ketiga, aku mendengar makhluk yang ketiga berkata: "Mari!" Dan aku melihat: sesungguhnya, ada seekor kuda hitam dan orang yang menungganginya memegang sebuah timbangan di tangannya.
6:6Dan aku mendengar seperti ada suara di tengah-tengah keempat makhluk itu berkata: "Secupak gandum sedinar, dan tiga cupak jelai sedinar. Tetapi janganlah rusakkan minyak dan anggur itu."

Kuda hitam menggambarkan zaman kegelapan antara 538 - 1798 Tarikh Masehi. Secupak gandum sedinar menggambarkan langkanya kebenaran. Tapi ELOHIM YESHUA memberikan jaminan bahwa ROH KUDUS dan orang-orang pilihan masih tetap ada disepanjang zaman itu. ELOHIM YAHWEH menyimpan orang-orang Waldenses di padang gurun selama 1260 tahun itu. Dalam suratNYA kepada jemaat di Pergamus, ELOHIM YESHUA menuliskan;

Wahyu
2:12"Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Pergamus: Inilah firman Dia, yang memakai pedang yang tajam dan bermata dua:
2:13Aku tahu di mana engkau diam, yaitu di sana, di tempat takhta Iblis; dan engkau berpegang kepada nama-Ku, dan engkau tidak menyangkal imanmu kepada-Ku, juga tidak pada zaman Antipas, saksi-Ku, yang setia kepada-Ku, yang dibunuh di hadapan kamu, di mana Iblis diam.
2:14Tetapi Aku mempunyai beberapa keberatan terhadap engkau: di antaramu ada beberapa orang yang menganut ajaran Bileam, yang memberi nasihat kepada Balak untuk menyesatkan orang Israel, supaya mereka makan persembahan berhala dan berbuat zinah.

Roma Katolik, sekalipun memakai nama Yesus Kristus, namun sesungguhnya adalah jemaah iblis.


METERAI KEEMPAT:

Wahyu
6:7Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang keempat, aku mendengar suara makhluk yang keempat berkata: "Mari!"
6:8Dan aku melihat: sesungguhnya, ada seekor kuda hijau kuning dan orang yang menungganginya bernama Maut dan kerajaan maut mengikutinya. Dan kepada mereka diberikan kuasa atas seperempat dari bumi untuk membunuh dengan pedang, dan dengan kelaparan dan sampar, dan dengan binatang-binatang buas yang di bumi.

Kita lihat dulu surat ke-4 kepada jemaat di Tiatira;

Wahyu
2:18"Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Tiatira: Inilah firman Anak Allah, yang mata-Nya bagaikan nyala api dan kaki-Nya bagaikan tembaga:
2:19Aku tahu segala pekerjaanmu: baik kasihmu maupun imanmu, baik pelayananmu maupun ketekunanmu. Aku tahu, bahwa pekerjaanmu yang terakhir lebih banyak dari pada yang pertama.
2:20Tetapi Aku mencela engkau, karena engkau membiarkan wanita Izebel, yang menyebut dirinya nabiah, mengajar dan menyesatkan hamba-hamba-Ku supaya berbuat zinah dan makan persembahan-persembahan berhala.
2:21Dan Aku telah memberikan dia waktu untuk bertobat, tetapi ia tidak mau bertobat dari zinahnya.
2:22Lihatlah, Aku akan melemparkan dia ke atas ranjang orang sakit dan mereka yang berbuat zinah dengan dia akan Kulemparkan ke dalam kesukaran besar, jika mereka tidak bertobat dari perbuatan-perbuatan perempuan itu.
2:23Dan anak-anaknya akan Kumatikan dan semua jemaat akan mengetahui, bahwa Akulah yang menguji batin dan hati orang, dan bahwa Aku akan membalaskan kepada kamu setiap orang menurut perbuatannya.
2:24Tetapi kepada kamu, yaitu orang-orang lain di Tiatira, yang tidak mengikuti ajaran itu dan yang tidak menyelidiki apa yang mereka sebut seluk-beluk Iblis, kepada kamu Aku berkata: Aku tidak mau menanggungkan beban lain kepadamu.
2:25Tetapi apa yang ada padamu, peganglah itu sampai Aku datang.

Maut Hitam, disebut juga Wabah Hitam atau Black Death, adalah suatu pandemi hebat yang pertama kali melanda Eropa pada pertengahan hingga akhir abad ke-14 (13471351) dan membunuh sepertiga hingga dua pertiga populasi Eropa. Pada saat yang hampir bersamaan, terjadi pula epidemi pada sebagian besar Asia dan Timur Tengah, yang menunjukkan bahwa peristiwa di Eropa sebenarnya merupakan bagian dari pandemi multi-regional. Jika termasuk Timur Tengah, India, dan Tiongkok, Maut Hitam telah merenggut sedikitnya 75 juta nyawa. Penyakit yang sama diduga kembali melanda Eropa pada setiap generasi dengan perbedaan intensitas dan tingkat fatalitas yang berbeda hingga dasawarsa 1700-an. Beberapa wabah penting yang muncul kemudian antara lain Wabah Italia (16291631), Wabah Besar London (16651666), Wabah Besar Wina (1679), Wabah Besar Marseille (17201722), serta wabah pada tahun 1771 di Moskwa. Penyakit ini berhasil dimusnahkan di Eropa pada awal abad ke-19, tapi masih berlanjut pada bagian lain dunia (Afrika Tengah dan Oriental, Madagaskar, Asia, beberapa bagian Amerika Selatan).
Maut Hitam menimbulkan akibat drastis terhadap populasi Eropa, serta mengubah struktur sosial Eropa. Wabah ini mengakibatkan perburuan dan pembunuhan terhadap kaum minoritas seperti Yahudi, pendatang, pengemis, serta penderita lepra. Ketidakpastian untuk tetap bertahan hidup menciptakan suatu kecenderungan yang tak sehat pada masyarakat untuk hidup hanya untuk hari ini, seperti digambarkan oleh Giovanni Boccaccio pada The Decameron (1353).

Tingkat kematian dari wabah ini sangat bervariasi di seluruh daerah dan berbeda tergantung sumbernya. Diperkirakan wabah ini membunuh kurang lebih 200 juta orang pada abad ke-14.
Wabah ini membunuh sekitar 40% populasi Mesir pada saat itu.[1] Setengah populasi penduduk Paris meninggal, Florence Italia kehilangan populasinya dari 110 ribu orang pada tahun 1338, menjadi sekitar 50 ribu orang pada tahun 1351.60% penduduk Hamburg dan Bremen meninggal.[2] Sebelum tahun 1350, terdapat sekitar 170.000 penduduk di Jerman, dan angka ini berkurang hampir 40.000 pada 1450.[3] Pada tahun 1348 wabah ini menyebar dengan sangat cepat sebelum para dokter atau pemerintah dapat mengetahui asal wabah tersebut, populasi Eropa telah berkurang sepertiganya. Pada kota yang padat, sangat umum ketika setengah penduduknya meninggal karena wabah. Orang Eropa yang tinggal di daerah yang terisolasi tidak mengalami kerugian separah yang di kota. Salah satu pihak yang tingkat kematiannya juga tinggi adalah rahib dan biarawan, karena biasanya mereka yang merawat korban Maut Hitam.[4]

ELOHIM YAHWEH membunuh 200 juta jiwa. Wahyu 6:8 menyebutkan seperempat, Wikipedia menyebutkan sepertiga populasi Eropa. Selebihnya adalah pembunuhan terhadap orang-orang minoritas, tepat sebagaimana nubuatannya. Jadi, meterai ke-4 ini masih dalam zaman meterai yang ke-3: 538 - 1798 Tarikh Masehi, merupakan hukuman ELOHIM YAHWEH atas dosa umat manusia yang sudah bertimbun-timbun di zaman itu.

METERAI KELIMA:

Wahyu
6:9Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang kelima, aku melihat di bawah mezbah jiwa-jiwa mereka yang telah dibunuh oleh karena firman Allah dan oleh karena kesaksian yang mereka miliki.
6:10Dan mereka berseru dengan suara nyaring, katanya: "Berapa lamakah lagi, ya Penguasa yang kudus dan benar, Engkau tidak menghakimi dan tidak membalaskan darah kami kepada mereka yang diam di bumi?"
6:11Dan kepada mereka masing-masing diberikan sehelai jubah putih, dan kepada mereka dikatakan, bahwa mereka harus beristirahat sedikit waktu lagi hingga genap jumlah kawan-kawan pelayan dan saudara-saudara mereka, yang akan dibunuh sama seperti mereka.

Ini adalah gaya bahasa personifikasi untuk menggambarkan pertanyaan orang-orang kudus: "Kapan zaman kegelapan ini akan berakhir?" Dan inilah surat ELOHIM YESHUA untuk jemaat ke-5: jemaat di Sardis:

Wahyu
3:1"Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Sardis: Inilah firman Dia, yang memiliki ketujuh Roh Allah dan ketujuh bintang itu: Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau dikatakan hidup, padahal engkau mati!
3:2Bangunlah, dan kuatkanlah apa yang masih tinggal yang sudah hampir mati, sebab tidak satupun dari pekerjaanmu Aku dapati sempurna di hadapan Allah-Ku.
3:3Karena itu ingatlah, bagaimana engkau telah menerima dan mendengarnya; turutilah itu dan bertobatlah! Karena jikalau engkau tidak berjaga-jaga, Aku akan datang seperti pencuri dan engkau tidak tahu pada waktu manakah Aku tiba-tiba datang kepadamu.
3:4Tetapi di Sardis ada beberapa orang yang tidak mencemarkan pakaiannya; mereka akan berjalan dengan Aku dalam pakaian putih, karena mereka adalah layak untuk itu.
3:5Barangsiapa menang, ia akan dikenakan pakaian putih yang demikian; Aku tidak akan menghapus namanya dari kitab kehidupan, melainkan Aku akan mengaku namanya di hadapan Bapa-Ku dan di hadapan para malaikat-Nya.

Tahun 1517 Tarikh Masehi, Martin Luther mengkritisi ajaran-ajaran Roma Katolik dan memisahkan diri. Kelihatannya sesuatu yang membuka harapan besar bagi kebenaran Kristen. Tapi ELOHIM YAHWEH melihat bahwa itu sesungguhnya masih sangat jauh dari sempurna. Dikatakan hidup padahal sesungguhnya mati. Terbukti pecahnya gereja sampai menjadi 666 denominasi Kristen, semuanya tak ada yang beres. Semuanya masih sama seperti induknya, yaitu: Roma Katolik. Bagaimana bisa hidup jika ibadahnya hari Minggu???? Hayo, tobat!

METERAI KEENAM:

Wahyu
6:12Maka aku melihat, ketika Anak Domba itu membuka meterai yang keenam, sesungguhnya terjadilah gempa bumi yang dahsyat dan matahari menjadi hitam bagaikan karung rambut dan bulan menjadi merah seluruhnya bagaikan darah.
6:13Dan bintang-bintang di langit berjatuhan ke atas bumi bagaikan pohon ara menggugurkan buah-buahnya yang mentah, apabila ia digoncang angin yang kencang.
6:14Maka menyusutlah langit bagaikan gulungan kitab yang digulung dan tergeserlah gunung-gunung dan pulau-pulau dari tempatnya.
6:15Dan raja-raja di bumi dan pembesar-pembesar serta perwira-perwira, dan orang-orang kaya serta orang-orang berkuasa, dan semua budak serta orang merdeka bersembunyi ke dalam gua-gua dan celah-celah batu karang di gunung.
6:16Dan mereka berkata kepada gunung-gunung dan kepada batu-batu karang itu: "Runtuhlah menimpa kami dan sembunyikanlah kami terhadap Dia, yang duduk di atas takhta dan terhadap murka Anak Domba itu."
6:17Sebab sudah tiba hari besar murka mereka dan siapakah yang dapat bertahan?

ELOHIM YESHUA menerangkan kepada para murid tentang akhir dari masa 1260 tahun itu akan ditandai dengan tanda-tanda alam;

Matius 24:29"Segera sesudah siksaan pada masa itu, matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya dan bintang-bintang akan berjatuhan dari langit dan kuasa-kuasa langit akan goncang.

>> Tahun 1773 penganiayaan secara umum sudah berakhir,  tapi kepausan masih ada.

>> Tahun 1798 kuasa kepausan terluka parah oleh revolusi Perancis.


>> Tanggal 01 November 1755 gempa bumi di Lisbon.

>>  Tanggal 19 Mei 1780 matahari gelap.

>> Tanggal 13 November 1833 bintang-bintang berjatuhan.

Surat ELOHIM YESHUA kepada jemaat ke-6: jemaat di Filadelfia;

Wahyu
3:7"Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia: Inilah firman dari Yang Kudus, Yang Benar, yang memegang kunci Daud; apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka.
3:8Aku tahu segala pekerjaanmu: lihatlah, Aku telah membuka pintu bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorangpun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku.
3:9Lihatlah, beberapa orang dari jemaah Iblis, yaitu mereka yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian, melainkan berdusta, akan Kuserahkan kepadamu. Sesungguhnya Aku akan menyuruh mereka datang dan tersungkur di depan kakimu dan mengaku, bahwa Aku mengasihi engkau.
3:10Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Akupun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi.
3:11Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorangpun mengambil mahkotamu.

Tahun 1830 - 1844 Tarikh Masehi, Williem Miller mengabarkan nubuatan 2300 petang dan pagi. ELOHIM YESHUA telah membuka pintu bagi umatNYA, melalui pengungkapan nubuatan tersebut. Dan semenjak terbukanya arti nubuatan 2300 petang dan pagi[Daniel 8:14], maka secara satu-persatu dari nubuatan-nubuatan yang lainnya berhasil disingkapkan artinya.

ELOHIM YESHUA menyatakan bahwa apa yang IA buka takkan ada seorangpun yang bisa menutup. Maksudnya, pengartian nubuat-nubuat itu hingga sekarang masih tetap sama sebagaimana dari awalnya disingkapkan. Tidak bisa dibengkokkan sebab itu tercatat dalam sejarah!

>> Masih ada 1 meterai lagi yang isinya 7 sangkakala.
Hasil gambar untuk gambar gulungan kitab yang termeterai

3 komentar:

  1. ASSALAMU ALAIKUM WR.WB saya ingin berbagi cerita
    bahwa dulu saya hanya seorang tukang sapu,disalah satu
    perusahaan swasta di jawa tenga,gaji saya tidak seberapa dalam
    sebulan,sungguh sangat tidak mencukupi kehidupan keluarga saya,pada suatu hari saya coba coba buka internet,dan saya melihat beberapa pengakuan sukses dari member MBAH LIMPAH yang diberikan angka togel,akhirnya saya pun coba-coba menhubungi MBAH LIMPAH dan saya pun dibantu 4D SINGAPURA selama 2x putaran,angkanya tembus100% terakhir saya menang Rp.240.juta,dengan uang tersebut,saya dan keluarga,kini kehidupan keluarga saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,saya sudah buka usaha TOKO BAJU,sekali lagi saya dan keluarga mengucapkan banyak terima kasih kepada MBAH LIMPAH..

    BAGI TEMAN-TEMAN YANG INGIN MERUBAH NASIB SEPERTI SAYA
    SILAHKAN HUBUNGI MBAH LIMPAH DINOMOR HP: 085 312 407 999

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
      dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
      berikan 4D/ angka [] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
      dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
      ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI insya
      allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
      kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
      sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
      yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI ALIH,,di no (((_082==313==669==888 _)))insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 275 JUTA , wassalam.


      dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....


      Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


      1"Dikejar-kejar hutang

      2"Selaluh kalah dalam bermain togel

      3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel


      4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat


      5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya

      tapi tidak ada satupun yang berhasil..



      KLIK DISINI ANGKA TOGEL JITU 2D 3D 4D 5D 6D





      Solusi yang tepat jangan anda putus asah... AKI ALIH akan membantu

      anda semua dengan Angka ritual/GHOIB:

      butuh angka togel 2D/ ,3D/, 4D/ 5D/ 6D/ SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO

      MAGNUM / dijamin

      100% jebol

      Apabila ada waktu

      silahkan Hub: AKI ALIH DI NO: (((_082==313==669==888 _)))


      ANGKA RITUAL: TOTO/MAGNUM 4D/5D/6D/


      ANGKA RITUAL: HONGKONG 2D/3D/4D/6D/



      ANGKA RITUAL; KUDA LARI 2D/3D/4D/6D/



      ANGKA RITUAL; SINGAPUR 2D/3D/4D/ 6D/



      ANGKA RITUAL; TAIWAN,THAILAND



      ANGKA RITUAL: SIDNEY 2D/3D/4D 6D/






      ..(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
      «´
      _ ¨`»082==313==669==888
      ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..


      الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

      Hapus
    2. Saya mau berbagi cerita kepada teman-teman melalui media internet yang dulunya saya berkerja sebagai tukang ojek yang pendapatan tak seberapa untuk menapkai istri dan ke-2 anak saya, namu suatu hari saya merasa kebingungan karna anak saya kepingin lanjut sekolah dan ingin mencapai cita-cita nya,namu saya berbicara dalam hati apakah anak saya bisah melanjutkan sekolah dan mencapai cita-cita nya sedangkan penghasiln yang aku dapatkan tidak tertentu berapa sehari cuma cukup/paspsan untuk buat makan aja. Dan aku merasa sedih melihrt anak-anak saya yang selalu termenung dia takut kalau putus sekolah, namu suatu hari aku berusaha mencari pinjaman kepada orang namun tak satu pun orang yang mau membantuku karna aku tak punya apa-apa yang bisa diambil sebagai jaminan, aku merasa kebingungan dan aku pasrakan pada yang maha kuasah karna kalau memang sudah takdir dan kehendaknyan pasti anak saya sudah tidak bisah lanjut sekolah lagi, kami terima atas ketidak sanggupan saya sebagai orang tua yang tidak mampu membiayai sekolah anak saya. namu suatu hari aku mengantar seseorang kedesa sebrang di situlah aku mendengar cerita pada teman-teman kalau AKI ARSO bisah membantu orang yang lagi kesusahan, namun saya dulunya tidak percaya dengan yang namanya peramal, tapi saya juga berpikir tidak ada salah aku mencoba, dan aku memikirkan anak saya yang penuh semangat ingin mencapai cita-cita nya, saya coba bergabung dan menjadi member AKI ARSO dan saya menghubungi AKI ARSO di nomor 085295323157 meminta angka jitu/gaib hasil ritual AKI,walau saya harus mencari pinjama uang untuk membayar mahar supaya aku bisa mendapatkan angka gaibnya, alhamdulillah atas pemberian dan bantuan AKI ARSO kami menang togel Rp.375 juta, atas keberasilan aku memenangkan togel semua hutang-hutang aku telah terlunasih. Termasuk uang pinjaman di koprasih, dan anak saya juga sudah bisah lanjut sekolah lagi mudah-mudahan bisah mencapai cita-cita yang selama ini dia impi-impikan dan sekarang kami sekeluarga mau berbagi kepada teman-teman semua jika anda mau merubah nasib seperti saya atau butuh angka jitu/gaib hasil ritual HUB AKI ARSO di 085295323157 atau kunjungi di http://mastertogelterbaru.blogspot.com dijamin 100% tembus dan saya sudah buktikan sendiri, bukan cuma pada saya tapi banyak orang yang berhasil melalui bantuan AKI ARSO, jika anda yakin dengan adanya angka gaib silahkan buktikan.

      Hapus