Senin, 04 Juli 2016

PERUMPAMAAN YESHUA - 23

Perumpamaan ini dimulai dari pertanyaan orang-orang Farisi tentang murid-murid ELOHIM YESHUA yang tidak berpuasa;

Matius
9:14Kemudian datanglah murid-murid Yohanes kepada Yesus dan berkata: "Mengapa kami dan orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?"
9:15Jawab Yesus kepada mereka: "Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berdukacita selama mempelai itu bersama mereka? Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa.

Sebagai pegawai toko bangunan si Antok setiap hari mendapatkan uang makan. Dengan uang itulah si Antok biasa makan siang di Warteg, sebelah tokonya. Tapi siang ini tumben si boss tengok-tengok warung dan akhirnya membeli nasi bungkus di situ. Dan ketika dilihatnya si Antok, pegawainya, sedang makan di situ, maka dibayarilah makannya. Ini adalah peristiwa yang langka sekali bagi si Antok, sebab biasanya si boss makan dari masakan istrinya. Mbak pemilik warung menggodanya: "Waah, uang makanmu utuh, ya?!" Dan si Antok senyam-senyum, senang dibayari makan siangnya.

Saya juga, jika kebetulan diajak makan oleh teman yang berduit, makan saya ditraktir olehnya. Itu namanya "tanggungan boss." Jika seseorang merasa dirinya lebih besar, lebih kuat, lebih berduit, maka ada semacam beban moral untuk menanggung yang lebih kecil, yang lebih lemah dan yang lebih tak berduit. Misalnya kalau di buskota memberikan tempat duduk kepada orang tua, atau kepada perempuan hamil.

Begitulah ELOHIM YESHUA, selaku ANAK YAHWEH, memberikan banyak kelonggaran kepada para muridNYA, sehingga mereka dibebaskan dari beban-beban ritual Hukum Taurat serta adat-istiadat bangsa Israel. Bahwa selama mereka bersama ELOHIM YESHUA, mereka diringankan bebannya. Tapi ada masanya, yakni setelah ELOHIM YESHUA tidak bersama mereka lagi, pada saat itulah mereka akan menghadapi berbagai penderitaan, yang justru lebih besar dan lebih berat dari puasa yang dipertanyakan oleh orang-orang Farisi itu. Dan perkataan ELOHIM YESHUA itu terbukti kebenarannya dengan kisah-kisah kematian syahid mereka dalam mempertahankan iman mereka.

Lalu ELOHIM YESHUA memberikan sebuah perumpamaan;

Matius
9:16Tidak seorangpun menambalkan secarik kain yang belum susut pada baju yang tua, karena jika demikian kain penambal itu akan mencabik baju itu, lalu makin besarlah koyaknya.
9:17Begitu pula anggur yang baru tidak diisikan ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian kantong itu akan koyak sehingga anggur itu terbuang dan kantong itupun hancur. Tetapi anggur yang baru disimpan orang dalam kantong yang baru pula, dan dengan demikian terpeliharalah kedua-duanya."

Kalau kain tua ditambal dengan kain baru, maka kain penambal itu akan mencabik baju itu sehingga semakin besar koyakannya. Demikian pula kalau anggur baru dimasukkan ke kantong tua, maka kantong tua itu akan hancur oleh anggur yang baru itu. Karena itu anggur baru harus dimasukkan ke dalam kantong yang masih baru juga.

ELOHIM YESHUA sedang menyatakan bahwa ajaran Perjanjian Lama tidak boleh dimasukkan ke dalam ajaran Perjanjian Baru. Sebab kedua perjanjian itu saling bertentangan sehingga tidak mungkin untuk dikawinkan. ELOHIM YESHUA datang untuk mengakhiri berlakunya Perjanjian Lama, dan memulai dengan Perjanjian Baru.

Hukum Musa yang sifatnya hanya bayangan saja, yakni membayangkan tentang ELOHIM YESHUA, tidak bisa dimasukkan ke dalam "kenyataan." Sama seperti kita yang kalau belum ketemu pacar, yang ada hanya bayangan wajahnya saja. Kita hidup dalam bayang-bayang wajahnya. Tapi manakala kita sudah ketemu orangnya, masakan kita masih membayang-bayangkannya? Bayangan-bayangan itu habis dengan sendirinya.

Bangsa Israel mendirikan KEMAH SUCI, itu membayangkan TUBUH YESHUA ha MASHIA. Jika semula bangsa Israel berkumpulnya di KEMAH SUCI, sebagai tujuan peribadatan, kini tujuan peribadatan kita adalah pada YESHUA ha MASHIA.

Jika bangsa Israel menghapuskan dosanya dengan darah domba, kini kita dihapuskan oleh darah ANAK DOMBA YAHWEH, yakni darah YESHUA ha MASHIA.

Jika bangsa Israel ditempatkan di tanah Palestina, kita dijanjikan kota Yerusalem yang baru. Jika bangsa Israel dilarang makan binatang haram[babi], itu melambangkan larangan bergaul dengan bangsa-bangsa kafir. Tapi ELOHIM YESHUA telah membuka pintu bagi bangsa-bangsa lain, sehingga larangan memakan babi itu harus diakhiri.

Yang dimaksud dengan Perjanjian Lama adalah kitab-kitab Taurat nabi Musa ditambah dengan kitab para nabi. Tapi intinya pada 5 kitab Taurat Musa; Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan dan Ulangan.

>> Kitab Kejadian: tentang kelahiran bangsa Israel dari Abraham, Ishak dan Yakub.

>> Kitab Keluaran: tentang penyelamatan bangsa Israel dari perbudakan Mesir.

>> Kitab Imamat: tentang aturan-aturan keagamaan bangsa Israel.

>> Kitab Bilangan: tentang jumlah bangsa Israel.

>> Kitab Ulangan: tentang nasehat-nasehat dan peringatan-peringatan.

Jadi, ke-5 kitab Taurat itu berbicara tentang bangsa apa yang dilahirkan YAHWEH, bangsa apa yang diselamatkan, bangsa apa yang diajari keagamaan, berapa banyak jumlahnya dan seperti apa penjabaran ajaran-ajarannya.

Itu tentang kitab Tauratnya, yakni terdiri dari 5 kitab. Tapi tentang hukum-hukumnya, hukum Taurat itu harus dipilah-pilahkan;

1. Hukum Moral, yakni 10 Hukum yang ditulis oleh Jari YAHWEH sendiri ke dalam 2 loh batu.

Hukum ini tidak mungkin dihapuskan, sebab bukan merupakan ritual tapi merupakan ajaran moral tentang hubungan kita terhadap ELOHIM YAHWEH dan hubungan kita terhadap sesama. ELOHIM YESHUA meringkas 10 Hukum tersebut ke dalam 2 Hukum kasih; kasih terhadap YAHWEH dan kasih terhadap sesama;

Matius 22:40Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

Dan melalui rasul Yohanes, YAHWEH memperingatkan bahwa ke-10 Hukum tersebut akan dijadikan standart penghakiman;

Wahyu 11:19Maka terbukalah Bait Suci Allah yang di sorga, dan kelihatanlah tabut perjanjian-Nya di dalam Bait Suci itu dan terjadilah kilat dan deru guruh dan gempa bumi dan hujan es lebat.

Di dalam tabut perjanjian itulah ditempatkan ke-2 loh batu tersebut;

Kel. 32:16Kedua loh itu ialah pekerjaan Allah dan tulisan itu ialah tulisan Allah, ditukik pada loh-loh itu.

Ibr. 9:4Di situ terdapat mezbah pembakaran ukupan dari emas, dan tabut perjanjian, yang seluruhnya disalut dengan emas; di dalam tabut perjanjian itu tersimpan buli-buli emas berisi manna, tongkat Harun yang pernah bertunas dan loh-loh batu yang bertuliskan perjanjian,

Jika ke-10 Hukum itu dihapuskan, sebagaimana kata orang-orang gereja Minggu, maka apa jadinya moral manusia ini? Tapi apa kata para rasul?

Kisah 15:21Sebab sejak zaman dahulu hukum Musa diberitakan di tiap-tiap kota, dan sampai sekarang hukum itu dibacakan tiap-tiap hari Sabat di rumah-rumah ibadat."

Alkitab memerintahkan supaya dibacakan "sampai sekarang", mengapa sekarang sudah tidak dibacakan lagi? Kapan gereja mulai menghentikannya? Mengapa dihentikan? Atas perintah siapa menghentikannya?


2. Hukum ritual adalah hukum-hukum dan peraturan-peraturan yang berkenaan dengan Bait Suci. Inilah hukum yang dihapuskan oleh salib YESHUA;

Dan. 9:27Raja itu akan membuat perjanjian itu menjadi berat bagi banyak orang selama satu kali tujuh masa. Pada pertengahan tujuh masa itu ia akan menghentikan korban sembelihan dan korban santapan; dan di atas sayap kekejian akan datang yang membinasakan, sampai pemusnahan yang telah ditetapkan menimpa yang membinasakan itu."

Matius 27:51Dan lihatlah, tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah dan terjadilah gempa bumi, dan bukit-bukit batu terbelah,


3. Hukum kemasyarakatan adalah hukum yang mengatur Israel sebagai suatu bangsa. Hukum ini telah diserahkan ke hukum negara masing-masing, sehingga jika kita orang Indonesia, ya harus mentaati aturan pemerintah Indonesia yang berlaku;

Rm. 13:1Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah.

Mat. 22:21Jawab mereka: "Gambar dan tulisan Kaisar." Lalu kata Yesus kepada mereka: "Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah."


Jadi, ajaran-ajaran keagamaan Yahudi memang harus diakhiri oleh kebenaran JALAN TUHAN. Aturan-aturan hukum Perjanjian Lama yang bersifat lahiriah dan duniawi; darah domba, harus diganti dengan Perjanjian Baru yang bersifat rohani dan ILAHIAH. JALAN TUHAN adalah peningkatan status dari jalan dunia. Karena itu Kristen adalah JALAN TUHAN, bukan agama Kristen. ELOHIM YESHUA mengajarkan JALAN TUHAN, bukan mengajarkan agama Kristen.

Gal. 3:3Adakah kamu sebodoh itu? Kamu telah mulai dengan Roh, maukah kamu sekarang mengakhirinya di dalam daging?

Kristen itu sudah sampai di tingkat ROH, masakan hendak kita rendahkan ke tingkatan agama lagi?

>> "TUHAN koq mati?" Itulah logika duniawi.

Tapi logika ILAHIAH berkata: "TUHAN koq takut mati?" YESHUA tidak takut mati, itulah sebabnya DIA mati.

1Korintus
15:54Dan sesudah yang dapat binasa ini mengenakan yang tidak dapat binasa dan yang dapat mati ini mengenakan yang tidak dapat mati, maka akan genaplah firman Tuhan yang tertulis: "Maut telah ditelan dalam kemenangan.
15:55Hai maut di manakah kemenanganmu? Hai maut, di manakah sengatmu?"



1 komentar:

  1. KISAH NYATA DARI SAYA BPK.KARTA BUKAN REKAYASA INI BETUL2 NYATA DIKELUARGA KAMI.
    Assalamualaikum wr.wb,saya BPK.KARTA seorang buruh tani di madium jawa timur ingin mengucapka banyak terimah kasih kepada KI WARSA atas bantuan AKI. kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan KI WARSA pula yang telah memberikan angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D dan alhamdulillah telah berhasil memenangkan 5x berturut turut tembus.sekali lagi makasih yaa AKI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 ribu dan akhirnya saya menang.Berkat angka gaib hasil ritual AKI WARSA saya sudah buka usaha matreal di jakarta dan istri saya juga buka butyk baju dimall mangga dua. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan HUB/SMS AKI WARSA di nomor hpnya di: 0852 4968 9269 atau KLIK DISINI dan ramalan AKI WARSA memang memiliki ramalan GAIB” yang dijamin 100% tembus.
    KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA MAKANYA NAMA BELIAU SAYA CANTUNKAN DI INTERNET…

    *angka ritual gaib singapura

    *angka ritual gaib hongkong

    *angka ritual gaib malyaisia

    *angka ritual gaib sidney

    *angka ritual gaib kuda lari.

    BalasHapus