Minggu, 24 Juli 2016

1. ALKITAB >< SEJARAH BAPA GEREJA

Siapakah yang disebut sebagai bapa-bapa gereja dan siapakah yang menyebutkannya? Yang disebut bapa-bapa gereja adalah teolog dan filsuf yang hidup di era awal gereja Kristen, dan itu bukan termasuk para rasul. Jadi, para rasul bukanlah bapa-bapa gereja. Sedangkan yang menganugerahkan istilah "bapa-bapa gereja" adalah gereja Roma Katolik.

Setiap orang yang memiliki pemikiran tentang Kekristenan yang pemikirannya diakui oleh Roma Katolik, itulah yang disebut bapa-bapa gereja.

Tapi apakah arti gereja? Gereja dari awalnya adalah tentang agama Roma Katolik. Dari bahasa Portugis: Igreja, yang searti dengan ekklesia[bahasa Yunani], yang artinya dipanggil keluar. Tentu saja maksudnya adalah orang-orang Kristen awal yang dipanggil masuk ke agama Roma Katolik. Sebab Roma Katolik berambisi memasukkan semua orang ke dalam agamanya.

>> Tahun 325 Tarikh Masehi kaisar Konstantin Agung menerbitkan undang-undang Milan yang isinya menjadikan Kristen sebagai agama resmi negara, dan hari peribadatannya Minggu. Itulah salah-satu hasil dari konsili Nicea I yang merumuskan Kekristenan.

Harusnya konsili Nicea I itu dianggap tidak sah, karena hanya dihadiri oleh 200-an uskup dari 1.800 uskup yang diundang. Gara-gara inilah Kekristenan menjadi rusak parah.

        Pada abad keempat undang-undang hari Minggu mulai diperkenalkan. Undang-undang hari
        Minggu yang pertama dikeluarkan dan kemudian menjadi undang-undang hari Minggu yang
         bersifat religius. Undang-undang sipil pertama mengenai hari Minggu didekritkan oleh kaisar
         Konstantinus I pada tanggal 7 Maret 321 M. Dengan melihat bahwa hari Minggu itu sangat
          populer di kalangan pemuja matahari dan juga di kalangan Kristen, sehingga Konstantin
          berharap bahwa dengan menjadikan hari Minggu itu sebagai hari libur, ia dapat memastikan
          dukungan dan kedua konstituensi ini bagi pemerintahannya. [13]

         Undang-undang hari Minggu Konstantin membayangkan latar-belakangnya selaku penyembah
          matahari. “Pada Hari pemujaan Matahari (venerabili die Solis) hendaknya para hakim dan
          penduduk yang tinggal di kota-kota beristirahat dan tempat-tempat kerja ditutup. Di pedesaan,
          penduduk yang berhubungan dengan pertanian dapat dengan bebas dan didukung undang-
          undang meneruskan usaha mereka.” [14]

         Beberapa dekade kemudian gerejapun mengikuti teladan itu. Konsili Laodikea (364 M), yang
         tidak merupakan konsili universal pertama kalinya mengeluarkan undang-undang pemeliharaan
         hari Minggu. Dalam Kanon 29 ketentuan gereja menyatakan bahwa orang-orang Kristen
          haruslah memuliakan hari Minggu dan “jika mungkin janganlah bekerja hari itu,” sementara
          itu  mencela praktik pemeliharaan hari Sabat, dan mengatakan supaya orang-orang Kristen
          janganlah “berpangku tangan pada Sabtu (kata Yunani sabbaton, “Sabat”), dan harus bekerja
          pada hari itu.” [15]

         Pada tahun 538 M, Konsili ketiga Gereja Katolik Roma mengeluarkan sebuah undang-undang
         yang lebih keras dari yang dikelurkan Konstantin. Kanon 28 dan konsili ini mengatakan bahwa
         pada hari Minggu “pekerjaan pertanian pun harus disingkirkan agar dengan demikian orang-

         orang tidak terhalang datang ke gereja” [16]

>> Di abad 11, gereja Roma Katolik mengadakan "Inkuisisi gereja" yang artinya mengadili orang-orang yang mereka sebut bidaah atau sesat, yaitu mereka yang tidak sejalan dengan ajaran Roma Katolik. Mereka dianiaya dan dikenakan hukuman mati.

>> Pada abad ke-16, Paus Paulus III membentuk sebuah sistem tribunal, dibawahi oleh "Kongregasi Suci Tertinggi Inkuisisi Universal", dijalankan oleh para kardinal dan pejabat-pejabat Gereja lainnya. Sistem ini kelak dikenal sebagai Inkuisisi Romawi. Pada 1908 Santo Paus Pius X mengganti nama organisasi tersebut menjadi "Kongregasi Suci Tertinggi Jawatan Suci". nama ini kemudian digantikan menjadi Kongregasi Doktrin Iman[5] Pada 1965, nama inilah yang dipergunakan sampai sekarang.

>> Inkuisisi Spanyol: Pada 1492 Ferdinand dan Isabella mengeluarkan Dekrit Alhambra yang memerintahkan seluruh Yahudi untuk meninggalkan Spanyol. Umat Islam di Spanyol juga mendapat perintah serupa. Banyak di antara mereka yang pindah ke agama Kristen daripada harus meninggalkan Spanyol, dan mereka ini disebut dengan istilah conversos. Para conversos ini dicurigai tidak pindah agama dengan jujur dan tulus.
Ferdinand II kemudian menekan Paus Sikstus IV agar menyetujui pembentukan sebuah Inkuisisi yang dikendalikan oleh Spanyol. Paus menyetujuinya karena Ferdinand mengancam menarik dukungan militernya kepada Sang Paus, padahal saat itu Kepausan sedang terancam oleh Turki Ottoman

Jadi, pengertian gereja yang aslinya adalah tentang agama Roma Katolik. Gereja, ya Roma Katolik, suatu agama buatan kaisar Konstantin Agung, agama negara dan agama dunia, yang ajaran-ajarannya didasarkan pada hasil pemikiran konsili Nicea I.

Jika sekarang ini ada ratusan macam gereja, itu semua adalah pecahan dari Roma Katolik. Alkitab menyebut Roma Katolik sebagai ibu dari gereja-gereja;

Why. 17:5Dan pada dahinya tertulis suatu nama, suatu rahasia: "Babel besar, ibu dari wanita-wanita pelacur dan dari kekejian bumi."

Karena itu, semua gereja-gereja Kristen di seluruh dunia merupakan sebuah keluarga, yang tes DNA-nya menunjukkan bahwa mereka itu keturunan Roma Katolik. Mereka ini merupakan sempalan dari jemaat JALAN TUHAN, yang didirikan oleh ELOHIM YESHUA ke atas diri rasul Petrus;

Mat. 16:18Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.

Alkitab tidak mengenal istilah: "gereja", tapi: "jemaat." Jika "gereja" artinya adalah orang yang dipanggil murtad ke Roma Katolik, "jemaat" artinya adalah kumpulan orang yang menyatakan ELOHIM YESHUA sebagai MESIAS, ANAK ELOHIM YAHWEH yang hidup, sebagaimana kronologis pendiriannya dimulai dari pertanyaan: "Siapakah AKU?"

Matius
16:13Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: "Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?"
16:14Jawab mereka: "Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi."
16:15Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?"
16:16Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!"
16:17Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.
16:18Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.

Jadi, kalau ada orang yang berkata ELOHIM YESHUA itu Yohanes Pembaptis, atau Elia, atau Yeremia, atau salah seorang nabi, itu adalah salah, bukan jemaat ELOHIM YESHUA. Termasuk yang mengatakan ALLAH TRINITAS. ELOHIM YESHUA baru mau mendirikan jemaatNYA di atas kebenaran, bahwa DIA adalah ANAK ELOHIM YAHWEH.

Siapakah ELOHIM YESHUA menurutmu, kawan? Ayat di atas akan menilai apakah jawabanmu benar atau salah. Dan atas jawabanmu itulah kamu akan dihakimi;

Mat. 12:37Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum."

Kumpulan orang percaya itulah yang disebut "jemaat." Ini adalah hak paten ELOHIM YAHWEH, yang orang lain tidak boleh menggunakan istilah tersebut. Karena itu kumpulan orang-orang Kristen tidak boleh disebut "jemaat Kristen", kumpulan orang-orang Islam tidak boleh disebut "jemaat Islam", demikian pula dengan umat agama lainnya.

Mzm. 107:32Biarlah mereka meninggikan Dia dalam jemaat umat itu, dan memuji-muji Dia dalam majelis para tua-tua.

Di dalam kumpulan orang percaya hanya terdiri dari jemaat dan majelis tua-tua. Tidak ada "pendeta" yang dilahirkan oleh Konsili Nicea I, yang ilmunya berasal dari sekolah theologia. Sumber hikmat dari kumpulan orang percaya itu adalah ROH KUDUS, bukan sekolahan theologia yang ajaran-ajarannya bersumber dari hasil Konsili Nicea I.

Yeremia
6:16Beginilah firman TUHAN: "Ambillah tempatmu di jalan-jalan dan lihatlah, tanyakanlah jalan-jalan yang dahulu kala, di manakah jalan yang baik, tempuhlah itu, dengan demikian jiwamu mendapat ketenangan. Tetapi mereka berkata: Kami tidak mau menempuhnya!
6:17Juga aku mengangkat atas mereka penjaga-penjaga, firman-Ku: Perhatikanlah bunyi sangkakala! Tetapi mereka berkata: Kami tidak mau memperhatikannya!
6:18Sebab itu dengarlah, hai bangsa-bangsa, dan ketahuilah, hai jemaat, apa yang akan terjadi atas mereka!
6:19Dengarlah, hai bumi! Sungguh, ke atas bangsa ini Aku akan mendatangkan malapetaka, akibat dari rancangan-rancangan mereka, sebab mereka tidak memperhatikan perkataan-perkataan-Ku dan menolak pengajaran-Ku.

ELOHIM YAHWEH menyuruh kita mengambil posisi di luar, di jalan-jalan, jangan hanya berpedoman pada ajaran guru-gurumu saja, tapi carilah pengetahuan dari sumber yang lainnya. Apakah Kekristenan pada mulanya itu seperti sekarang ini? ELOHIM YAHWEH menuntut "jemaat"-NYA berpedoman pada pengajaranNYA.

Perkembangan pengertian "gereja" dari yang semula menunjuk ke agama Roma Katolik, sekarang ini apakah yang terbayang dalam benak anda, jika anda mendengar kata-kata: "gereja?" Pasti yang terbayang adalah tentang sebuah bangunan yang atapnya berbentuk lancip, yang bertanda: salib. Anda tak mungkin membayangkan "gereja" itu seperti bentuk mesjid atau kuil atau klenteng, atau gedung kantoran. Dan jika anda disuruh menggambar "gereja", pasti bangunan itulah yang anda gambar. Kenapa pikiran anda secara otomatis bekerja begitu? Sebab itulah yang diajarkan sejak mulanya, bahwa gereja adalah bangunan bukan orangnya. Untuk menunjuk pada "orang"-nya harus ditambahkan keterangan: "orang gereja."

Pak Anton adalah "orang gereja" Bethany. Tapi "gereja Bethany" adalah bangunannya. Sekarang mari kita melihat pada amanah ELOHIM YESHUA kepada rasul Petrus yang keduakalinya, sebelum ELOHIM YESHUA terangkat ke sorga. Jika pesan pertama adalah mendirikan "jemaat"-NYA, apakah pesan keduanya?

Yoh. 21:17Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?"* Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: /"Apakah engkau mengasihi Aku?"* Dan ia berkata kepada-Nya: "Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: /"Gembalakanlah domba-domba-Ku.

"Gembalakanlah domba-dombaNYA", menunjuk pada orang atau "jemaat"-NYA, bukan pada kandang atau bangunannya. ELOHIM YESHUA tidak pernah memesankan supaya membangun gedung gereja, tapi bangunlah orang-orangnya. Dandanilah orang-orangnya, bukan bangunannya. Masak sebuah lantai gereja yang diinjak-injak kaki harganya lebih mahal dibandingkan dengan pakaian yang saya kenakan?

Dan lihatlah sekarang ini, apakah yang menjadi biang keributan antara Kristen dengan kaum Muslim? Hal kemanusiaan atau masalah bangunan gedung gereja? Bandingkan dengan di zaman rasul-rasul, apakah yang menjadi sungut-sungut mereka?

Kisah
6:1Pada masa itu, ketika jumlah murid makin bertambah, timbullah sungut-sungut di antara orang-orang Yahudi yang berbahasa Yunani terhadap orang-orang Ibrani, karena pembagian kepada janda-janda mereka diabaikan dalam pelayanan sehari-hari.
6:2Berhubung dengan itu kedua belas rasul itu memanggil semua murid berkumpul dan berkata: "Kami tidak merasa puas, karena kami melalaikan Firman Allah untuk melayani meja.
6:3Karena itu, saudara-saudara, pilihlah tujuh orang dari antaramu, yang terkenal baik, dan yang penuh Roh dan hikmat, supaya kami mengangkat mereka untuk tugas itu,
6:4dan supaya kami sendiri dapat memusatkan pikiran dalam doa dan pelayanan Firman."
6:5Usul itu diterima baik oleh seluruh jemaat, lalu mereka memilih Stefanus, seorang yang penuh iman dan Roh Kudus, dan Filipus, Prokhorus, Nikanor, Timon, Parmenas dan Nikolaus, seorang penganut agama Yahudi dari Antiokhia.
6:6Mereka itu dihadapkan kepada rasul-rasul, lalu rasul-rasul itupun berdoa dan meletakkan tangan di atas mereka.
6:7Firman Allah makin tersebar, dan jumlah murid di Yerusalem makin bertambah banyak; juga sejumlah besar imam menyerahkan diri dan percaya.

3 komentar:

  1. Saya IBU SALMAH ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di ARAB SAUDI jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga di kampun,jadi TKW itu sangat menderita dan di suatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak di sengaja saya melihat komentar orang tentan AKI SOLEH dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di ARAB SAUDI,akhirnya saya coba untuk menhubungi AKI SOLEH dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg di berikan AKI SOLEH meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan AKI SOLEH kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik AKI SOLEH sekali lagi makasih yaa AKI dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja AKI SOLEH DI 082-313-336-747- insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW trimah kasih banyak AKI atas bantuang nomor togel nya wassalam.


    KLIK DISINI BOCORAN TOGEL HARI INI




















    Saya IBU SALMAH ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di ARAB SAUDI jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga di kampun,jadi TKW itu sangat menderita dan di suatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak di sengaja saya melihat komentar orang tentan AKI SOLEH dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di ARAB SAUDI,akhirnya saya coba untuk menhubungi AKI SOLEH dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan AKI SOLEH meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan AKI SOLEH kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik AKI SOLEH sekali lagi makasih yaa AKI dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja AKI SOLEH DI 082-313-336-747- insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW
    trimah kasih banyak AKI atas bantuang nomor togel nya wassalam.


    KLIK DISINI BOCORAN TOGEL HARI INI





















    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya IBU WINDA ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di SINGAPURA jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga di kampun,jadi TKW itu sangat menderita dan di suatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak di sengaja saya melihat komentar orang tentan AKI SOLEH dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di SINGAPURA,akhirnya saya coba untuk menhubungi AKI SOLEH dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg di berikan AKI SOLEH meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan AKI SOLEH kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik AKI SOLEH sekali lagi makasih yaa AKI dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja AKI SOLEH DI 082-313-336-747- insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW trimah kasih banyak AKI atas bantuang nomor togel nya wassalam.


      KLIK DISINI BOCORAN TOGEL HARI INI

      Hapus
    2. Saya sekeluarga mengucapkan banyak trima kasih kepada AKI MUPENG karena atas bantuannyalah saya bisa menang togel dan nomor gaib hasil ritual yang di berikan AKI MUPENG bener-bener dijamin tembus dan saat sekarang ini kehidupan saya sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya itu semua berkat bantuan AKI kini hutang-hutang saya sudah pada lunas semua dan sekarang saya sudah buka usaha sendiri. jika anda mau bukti bukan rekayasa silahkan hubungi/sms AKI MUPENG di 0852 9445 0976 atau KLIK DISINI insya allah angka beliau di jamin tembus dan beliau akan menbantu anda selama 3x putaran berturut-turut akan memenangkan angka togel dan ingat kesempatan tidak datang 2x,trima kasih.

      Hapus