Kamis, 09 Juni 2016

PERUMPAMAAN YESHUA - 2

Matius
13:3Dan Ia mengucapkan banyak hal dalam perumpamaan kepada mereka. Kata-Nya: "Adalah seorang penabur keluar untuk menabur.
13:4Pada waktu ia menabur, sebagian benih itu jatuh di pinggir jalan, lalu datanglah burung dan memakannya sampai habis.
13:5Sebagian jatuh di tanah yang berbatu-batu, yang tidak banyak tanahnya, lalu benih itupun segera tumbuh, karena tanahnya tipis.
13:6Tetapi sesudah matahari terbit, layulah ia dan menjadi kering karena tidak berakar.
13:7Sebagian lagi jatuh di tengah semak duri, lalu makin besarlah semak itu dan menghimpitnya sampai mati.
13:8Dan sebagian jatuh di tanah yang baik lalu berbuah: ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat.
13:9Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!"

Perumpamaan ini berbicara tentang type-type manusia:

1. Seenaknya sendiri;

Maunya hanya yang enak-enak, yang nggak enak akan dihindarinya dengan berbagai cara atau dalih. Karena pedomannya pada yang enak menurut dirinya, maka orang ini tidak memiliki pendirian yang tetap. Selama masih suka durian ya setiap hari dimakanlah durian. Tapi ketika sudah bosan durian, bergantilah dengan semangka.

Sikapnya cuek dan masabodo, kurang peka dan kurang peduli terhadap alam sekitarnya. Tidak mau tahu dengan orang lain, tidak mau berkorban, tidak mau repot, dan tidak mau banyak pikir, apa lagi untuk merenungkan sesuatu. Sehingga ketika mendengar perkataan orang, didengar tapi segera terlupakan. Gampang menguap. Itulah type "pinggiran jalan" menurut perumpamaan YESHUA. Pinggiran jalan memang bukan lahan pertanian. Karena itu sia-sia berbicara dengan orang type ini. Orang yang tidak bisa diajak mikir karena egoismenya yang besar sekali.

Kata YESHUA: "lalu datanglah burung dan memakannya sampai habis." Benih yang ditaburkan habis dimakan burung. Ajaran atau nasehat yang sia-sia. 

Itulah type Esau, kakak kembar Yakub yang dibenci YAHWEH;


Kej. 25:34Lalu Yakub memberikan roti dan masakan kacang merah itu kepada Esau; ia makan dan minum, lalu berdiri dan pergi. Demikianlah Esau memandang ringan hak kesulungan itu.

"Ia makan dan minum, lalu berdiri dan pergi." Maksudnya, mau makan makan, mau minum minum, mau berdiri berdiri, mau pergi pergi. Seenaknya sendiri. Dia memandang ringan hak kesulungannya, ditukarkan dengan masakan kacang merah. Tapi benarkah dia tidak butuh hak kesulungannya? Tidak benar! Esau plin-plan, seenaknya sendiri. Ketika berkat kesulungan oleh Ishak, ayahnya, telah diberikan kepada Yakub, Esau merengek-rengek berkat;

Kejadian 27:34Sesudah Esau mendengar perkataan ayahnya itu, meraung-raunglah ia dengan sangat keras dalam kepedihan hatinya serta berkata kepada ayahnya: "Berkatilah aku ini juga, ya bapa!"

27:38Kata Esau kepada ayahnya: "Hanya berkat yang satu itukah ada padamu, ya bapa? Berkatilah aku ini juga, ya bapa!" Dan dengan suara keras menangislah Esau.

27:41Esau menaruh dendam kepada Yakub karena berkat yang telah diberikan oleh ayahnya kepadanya, lalu ia berkata kepada dirinya sendiri: "Hari-hari berkabung karena kematian ayahku itu tidak akan lama lagi; pada waktu itulah Yakub, adikku, akan kubunuh."

Dan inilah sikap YAHWEH;

Maleakhi
1:2"Aku mengasihi kamu," firman TUHAN. Tetapi kamu berkata: "Dengan cara bagaimanakah Engkau mengasihi kami?" "Bukankah Esau itu kakak Yakub?" demikianlah firman TUHAN. "Namun Aku mengasihi Yakub,
1:3tetapi membenci Esau. Sebab itu Aku membuat pegunungannya menjadi sunyi sepi dan tanah pusakanya Kujadikan padang gurun."

Apakah orang type "pinggiran jalan" ini bisa sembuh? Apakah ada yang mustahil bagi YAHWEH? Yabes, artinya kesakitan. Diberi nama demikian karena ibunya kesakitan sewaktu melahirkannya. Tapi Yabes berdoa supaya dibebaskan dari kutuk kesakitan itu, dan YAHWEH mengabulkannya;

1Taw. 4:10Yabes berseru kepada Allah Israel, katanya: "Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku!" Dan Allah mengabulkan permintaannya itu.

YAHWEH selalu siap membantu orang yang berkemauan untuk merubah dirinya.


2. Dikendalikan oleh perasaan;

Banyak orang yang malas mikir, akhirnya mengandalkan perasaannya. Inilah orang-orang yang dikendalikan oleh ajaran nenek-moyang, tradisi-tradisi, dan kebiasaan-kebiasaan. Dan apa yang sudah membiasa akan seperti komputer yang terprogram yang tidak mungkin keluar dari apa yang telah diprogramkan ke dirinya. Istilah lainnya adalah manusia robot atau zombie - mayat hidup. Dibilang hidup kayak sudah mati, dibilang mati tapi masih bernafas. Pikirannya tak jalan, sehingga kayak mobil yang kehabisan bensin.

Apa yang tidak seperti biasanya akan ditolaknya. Sangat sukar menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Biarpun Alkitab akan ditolaknya, jika tidak sesuai dengan tradisi gereja. Itulah orang-orang Farisi, Saduki dan ahli-ahli Taurat, orang-orang yang melestarikan ajaran nenek-moyang.

Mat. 15:2"Mengapa murid-murid-Mu melanggar adat istiadat nenek moyang kita? Mereka tidak membasuh tangan sebelum makan."

Itulah kefanatikan. Berpegang pada sesuatu berdasarkan pada kebiasaan, tanpa memiliki pengertian sama sekali akan apa yang dipegangnya. Istilah dalam perumpamaan YESHUA adalah "tanah yang berbatu-batu." Ada tanah, tapi banyak batunya, sehingga benih yang tumbuh tidak bisa berakar atau tidak memiliki akar.

Kata YESHUA: "Tetapi sesudah matahari terbit, layulah ia dan menjadi kering karena tidak berakar."

Orang-orang Farisi paling jago kalau marah-marah dan memaki-maki YESHUA. Namun mereka tak pernah bisa membantah segala perkataan YESHUA. Setelah kebenaran disingkapkan, setelah matahari terbit, layulah dia dan menjadi kering karena tidak memiliki landasan yang baik. Bungkam seribu bahasa! Hanya bisanya marah-marah doank. Terlalu gampang emosi, terlalu gegabah dalam menilai sesuatu.

Lukas 14:6Mereka tidak sanggup membantah-Nya.

Begitu semangat orang-orang gereja Minggu dalam peribadatannya. Tapi setelah saya muncul dan membuktikan bahwa itu salah, maka satu-persatu menjadi tersipu-sipu malu. Mereka tak sanggup membantah fakta kebenaran yang begitu kuat. Ternyatalah bahwa mereka hanya memeluk tong kosong yang nyaring bunyinya, yaitu ajaran-ajaran palsu.


3. Dikendalikan oleh teman;

Karena ada peribahasa "seribu teman masih kurang satu musuh terlalu banyak" maka berduyun-duyunlah orang menjalin pertemanan. Apa saja dikorbankan demi pertemanan. Nasehat bapak-ibu diabaikan, nasehat teman dinomorsatukan. Lebih baik dimarahi bapak-ibunya dari pada ditinggalkan temannya. Bahkan bila perlu ditinggalkannya rumahnya, demi temannya. Teman mengalahkan segala-galanya, bahkan hingga hancur hidupnya oleh sebab mengikuti langkah temannya.

Berapa banyak kehidupan yang rusak, menjadi penjudi, pemabuk, narkoba, maling, dan lain-lainnya oleh sebab pengaruh teman yang begitu dominan?

Ajaran dunia yang mengedepankan pertemanan, berbeda dengan ajaran YESHUA. Dalam konsep YESHUA, kebenaran itu melebihi apapun.

Matius
12:48Tetapi jawab Yesus kepada orang yang menyampaikan berita itu kepada-Nya: "Siapa ibu-Ku? Dan siapa saudara-saudara-Ku?"
12:49Lalu kata-Nya, sambil menunjuk ke arah murid-murid-Nya: "Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku!
12:50Sebab siapapun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku."

"Siapa saja yang hidup dalam kebenaran dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku." Itulah sebabnya disebut saudara seiman, bahwa yang seiman itulah saudara kita. Di sorga kita belum tentu berkumpul dengan kakak atau adik kita, bahkan ayah atau ibu kita, tapi pasti berkumpul dengan saudara seiman.

Mat. 19:29Dan setiap orang yang karena nama-Ku meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, bapa atau ibunya, anak-anak atau ladangnya, akan menerima kembali seratus kali lipat dan akan memperoleh hidup yang kekal.

Tentara kita bersemboyan: "Damai itu indah." Benar. Tapi bagaimana ada damai jika di sini ada perbedaan keyakinan: Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha dan Khong Hu Chu? Bisa damai jika ada kompromi, yaitu "harga damai." Dan "harga damai" itu berkata: "agamamu dengan agamaku itu sama saja", "TUHANmu dengan TUHANku itu sama saja." - "Semua agama sama-sama mengajarkan kebaikan. Janganlah bertengkar, janganlah diperdebatkan."

Tapi YESHUA berkata: "Tunggu dulu! Setiap tanaman yang tidak ditanam oleh Bapa-Ku yang di sorga akan dicabut dengan akar-akarnya." - Matius 15:13. 

Apapun resikonya, Injil dan kebenaran YAHWEH harus dikabarkan kepada semua orang. Ketika malam memang waktunya bagi kegelapan berkuasa. YAHWEH sudah memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi iblis untuk menaburkan kesalahan disepanjang ribuan tahun, sehingga kini seluruh dunia dikuasai oleh kesalahan dan kesesatan. 


Dan. 8:12Suatu kebaktian diadakan secara fasik menggantikan korban sehari-hari, kebenaran dihempaskannya ke bumi, dan apapun yang dibuatnya, semuanya berhasil.

Mat. 23:2"Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi telah menduduki kursi Musa.

Ajaran keagamaan telah dikuasai oleh ajaran-ajaran Farisi, Saduki dan ahli-ahli Taurat, seperti sekarang oleh gereja-gereja Minggu; peribadatan Minggu, trinitas, Natal, Paskah, berdoa lipat tangan tutup mata, dan lain-lainnya. Tapi YESHUA datang ke dunia untuk mencabut semua ajaran-ajaran yang tidak benar itu. YESHUA datang dengan kegusaran dan kemarahan yang besar, sehingga setiap bertemu dengan orang Farisi, Saduki dan ahli-ahli Taurat, DIA tak pernah ramah, tak pernah berbasa-basi, melainkan langsung mengata-ngatai mereka: "Celakalah kamu orang-orang Farisi ..................."

Maka terjadilah permusuhan yang keras antara YESHUA dengan mereka, yang puncaknya adalah YESHUA mereka salibkan. YESHUA tak mau berkompromi, tak mau berdamai, tak mau mengikuti semboyan TNI: "Damai itu indah."

Mat. 10:34"Jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi; Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang.

Kebenaran datang untuk menyingkirkan kesalahan, sama seperti matahari pagi menyingkirkan kegelapan malam. Tak ada pertemanan di sini. Kebenaran takkan berteman dengan kesalahan, sama seperti kesalahan juga selalu memusuhi kebenaran. Setiap nabi-nabi kebenaran selalu terbunuh oleh kesalahan.

Type pertemanan ini dalam perumpamaan YESHUA disebut sebagai "tanah semak duri." - "lalu makin besarlah semak itu dan menghimpitnya sampai mati." Pengaruh teman yang semakin lama semakin kuat sampai membinasakannya.


4. Dikendalikan oleh pikirannya;

Jika kita tidak mempercayai pikiran kita sendiri, maka celakalah kita. Masak kita seperti ekor kucing yang mengikuti kepala anjing? Masak kita hendak mempercayakan nasib kita pada pikiran orang lain dengan menjadi ikut-ikutan orang lain? Tapi saya bekerja menurut akal pikiran saya sendiri. Entah baik atau tidak baik, entah benar atau tidak benar, saya tetap akan berpegang pada hasil pemikiran saya sendiri.

Kata perasaan dan kata teman saya abaikan. Pedoman saya hanya pada mana yang benar? Jika tradisi saya anggap salah maka tradisi itu akan saya tinggalkan. Jika perkataan teman itu tidak patut saya dengarkan, saya siap dimusuhinya. Saya siap jika harus melawan arus kebanyakan orang. Dan apa yang saya pikir benar itulah yang saya praktekkan. Sebab apa gunanya mempunyai teori jika tak mempunyai praktek? Bagaimana saya mengharapkan suatu hasil jika saya tidak mempraktekkannya?

Tak peduli siapa anda, jika saya pandang baik bersahabat, maka saya akan bersahabat. Tapi jika saya pandang tak baik bersahabat maka saya takkan bersahabat dengan anda, sekalipun anda malaikat;

Galatia
1:6Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil kamu, dan mengikuti suatu injil lain,
1:7yang sebenarnya bukan Injil. Hanya ada orang yang mengacaukan kamu dan yang bermaksud untuk memutarbalikkan Injil Kristus.
1:8Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia.
1:9Seperti yang telah kami katakan dahulu, sekarang kukatakan sekali lagi: jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil, yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, terkutuklah dia.

Jika anda memandang orang berdasarkan merk sepatunya, saya memandang orang berdasarkan seperti apa pikirannya.

Setiap perkataan orang saya dengarkan. Saya tidak boleh memadamkan roh. Saya tidak boleh menolak pemikiran orang lain, sebab siapa tahu orang itu dipakai TUHAN;

1Tes. 5:19 Janganlah padamkan Roh,

Sebab ketika YESHUA dilahirkan, YAHWEH tidak berbicara kepada orang-orang yang terpandang, melainkan kepada orang-orang kecil, yakni para gembala. Karena itu jangan memandang remeh perkataan orang. Apapun perkataannya harus kita dengarkan.

Yl. 2:28"Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan.

Bahkan YAHWEH pernah memakai seekor keledai untuk berbicara kepada nabi Bileam. Dan YESHUA sesumbar bisa membuat batu-batu berbicara;

Luk. 19:40Jawab-Nya: "Aku berkata kepadamu: Jika mereka ini diam, maka batu ini akan berteriak."

Tapi setelah kita dengarkan perkataan orang itu, kita uji apakah perkataannya itu benar?

1Tes. 5:21Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik.

Kisah 17:11Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian.

Jadi, jangan menolak mentah-mentahan perkataan orang yang berusaha berbicara kepada anda.

Itulah "tanah yang baik" dalam perumpamaan YESHUA - "Dan sebagian jatuh di tanah yang baik lalu berbuah: ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat."


Itulah type-type para pendengar pengajaran YESHUA, sama juga type-type para murid dalam suatu kelas, sehingga seorang guru yang mengajar menghasilkan bermacam-macam nilai raport. Ada murid yang pandai dan ada murid yang bodoh. Ada murid yang bisa lulus dan ada murid yang harus ketinggalan kelas. Kebodohan murid adalah kesalahan murid itu sendiri, bukan tanggungjawab guru.


Dalam versi yang berbeda YESHUA membentangkan arti perumpamaan itu:

Matius
13:19Kepada setiap orang yang mendengar firman tentang Kerajaan Sorga, tetapi tidak mengertinya, datanglah si jahat dan merampas yang ditaburkan dalam hati orang itu; itulah benih yang ditaburkan di pinggir jalan.
13:20Benih yang ditaburkan di tanah yang berbatu-batu ialah orang yang mendengar firman itu dan segera menerimanya dengan gembira.
13:21Tetapi ia tidak berakar dan tahan sebentar saja. Apabila datang penindasan atau penganiayaan karena firman itu, orang itupun segera murtad.
13:22Yang ditaburkan di tengah semak duri ialah orang yang mendengar firman itu, lalu kekuatiran dunia ini dan tipu daya kekayaan menghimpit firman itu sehingga tidak berbuah.
13:23Yang ditaburkan di tanah yang baik ialah orang yang mendengar firman itu dan mengerti, dan karena itu ia berbuah, ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat."


5 komentar:

  1. PENGAKUAN SAYA BERSAMA KELUARGAKU INI BUKAN CERITA ATAU PUN REKAYASA BENER-BENER TERBUKTI SAMA SAYA.

    Terima kasih sebesar-besarnya yang kami ucapkan kepada mbah warjoh yang telah memberikan keberhasilan dan keberuntungan bagi keluarga saya.berkat bantuan beliau saya sekarang sudah hidup tenang karena suamiku sudah punya usaha tambak yang luasnya sekitar 5 hektar kurang lebih. begitupun juga saya dirumah buka warung sembakau dan sekarang pun saya sekeluarga tidak di kejar-kejar hutang lagi. mulanya keluarga Kami di berikan angka gaib hasil ritual dari mbah warjoh yang sangat Jitu 100% dijamin tembus.sehingga keluarga saya sekarang merasa tenang lagi.sekali lagi terima kasih mbah jasamu dikeluarga saya tidak akan terlupakan.Jika anda butuh angka gaib hasil ritual mbah warjoh silahkan Tanyakan aja Pada mbah dinomer hp beliau di: 0851 4534 4218 atau silahkan KLIK DISINI Terima kasih.



    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
      dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
      berikan 4D/ angka [] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
      dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
      ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI insya
      allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
      kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
      sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
      yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI ALIH,,di no (((_082 313 669 888_)))insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 275 JUTA , wassalam.


      dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....


      Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


      1"Dikejar-kejar hutang

      2"Selaluh kalah dalam bermain togel

      3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel


      4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat


      5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya

      tapi tidak ada satupun yang berhasil..



      KLIK DISINI 4d 5d 6d




      Solusi yang tepat jangan anda putus asah... AKI ALIH akan membantu

      anda semua dengan Angka ritual/GHOIB:

      butuh angka togel 2D/ ,3D/, 4D/ 5D/ 6D/ SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO

      MAGNUM / dijamin

      100% jebol

      Apabila ada waktu

      silahkan Hub: AKI ALIH DI NO: (((_082 313 669 888_)))


      ANGKA RITUAL: TOTO/MAGNUM 4D/5D/6D/


      ANGKA RITUAL: HONGKONG 2D/3D/4D/6D/



      ANGKA RITUAL; KUDA LARI 2D/3D/4D/6D/



      ANGKA RITUAL; SINGAPUR 2D/3D/4D/ 6D/



      ANGKA RITUAL; TAIWAN,THAILAND



      ANGKA RITUAL: SIDNEY 2D/3D/4D 6D/






      ..(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
      «´
      _ ¨`»082 313 669 888
      ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..


      الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل











      Hapus
    2. KISAH NYATA DARI SAYA BPK.KARTA BUKAN REKAYASA INI BETUL2 NYATA DIKELUARGA KAMI.
      Assalamualaikum wr.wb,saya BPK.KARTA seorang buruh tani di madium jawa timur ingin mengucapka banyak terimah kasih kepada KI WARSA atas bantuan AKI. kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan KI WARSA pula yang telah memberikan angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D dan alhamdulillah telah berhasil memenangkan 5x berturut turut tembus.sekali lagi makasih yaa AKI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 ribu dan akhirnya saya menang.Berkat angka gaib hasil ritual AKI WARSA saya sudah buka usaha matreal di jakarta dan istri saya juga buka butyk baju dimall mangga dua. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan HUB/SMS AKI WARSA di nomor hpnya di: 0852 4968 9269 atau KLIK DISINI dan ramalan AKI WARSA memang memiliki ramalan GAIB” yang dijamin 100% tembus.
      KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA MAKANYA NAMA BELIAU SAYA CANTUNKAN DI INTERNET…

      *angka ritual gaib singapura

      *angka ritual gaib hongkong

      *angka ritual gaib malyaisia

      *angka ritual gaib sidney

      *angka ritual gaib kuda lari.

      Hapus
    3. Hal yang tidak pernah terbayankan kini jadi kenyataan kepada keluargaku,,,kusus untuk AKI SANTOJOYO kami ucapkan banyak terimakasih yang sebesar-besarnya kepada aki. karena berkat bantuannya alhamdulillah keluarga kami bisa lepas dari hutang dan masalah, karena nomor “GAIB” untuk pasang togel, hasil ritual AKI SANTOJOYO memang benar-bener merubah nasib kami hanya sekejap,dan disitulah aku berkesempatan kumpulkan uang untuk buka usaha kembali,karena rumah juga sudah disita bank,,warung makan juga sudah bangkrut,,tapi itu semua aku masih tetap bertahan hidup dengan anak istriku,,walau cuma ngontrak tapi aku tetap bersabar dan akhirnya AKI SANTOJOYO lah yang bisa merubah nasib kami..maka dari itu AKI SANTOJOYO orang paling bersejarah di keluargaku…!!!jadi kepada teman-teman yang di lilit hutang dan ingin merubah nasib seperti saya silahkan hub AKI SANTOJOYO di nomor: 085211599919 atau silahkan kunjungi di http://angkaritual5.wordpress.com dan dengan penuh harapan yakin dan percaya insya allah apa yang anda ingingkan pasti tercapai.

      Hapus
    4. Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang.
      penjual es kuter kelilin tiap malam. pendapatannya tidak seberapa dan.
      tidak pernah cukup dalam kebutuhan keluarga saya,, suatu hari saya dapat.
      informasi dari teman bahwa MBAH SUJARWO bisa memberikan angka ritual/goib.100% tembus.
      akhirnya saya ikuti 4D nya dan alhamdulillah memanG bener-bener terbukti tembus.
      saya sangat berterimakasih banyak kpd MBAH SUJARWO.atas bantuan MBAH saya sekarang.
      sudah bisa mencukupi kebutuhan keluarga saya bahkan saya juga sudah buka.
      usaha matrial dan butik pakaian muslim.
      Jika anda mau buktikan
      silahkan bergabun sama Mbah Sujarwo
      Di:http://sitogelsgp.blogspot.com Atau { KLIK-DISINI }
      No: tlp.0823-2424-4298
      Saya sudah buktikan benar2 tembus 3x permainan....!!!

      Hapus