Minggu, 05 Juni 2016

MENGAPA BANYAK VERSI ALKITAB?

Saya akan mengenalkan istilah-istilahnya dulu;

>> Menyalin = menuliskan sebagaimana adanya[photocopy].

>> Menterjemahkan = mengalih bahasakan berdasarkan kaidah bahasa yang resmi.

>> Menafsirkan = mengartikan berdasarkan pengertian pribadinya.

>> Versi = perbedaan penafsiran orang.

Di zaman nabi Musa, nabi Musa memesankan kepada bangsa Israel, jika kelak mereka membentuk kerajaan[500 tahun kemudian], setiap raja yang berkuasa diberi tugas untuk menyalin kitab-kitab. Tentu saja maksudnya supaya jumlahnya menjadi diperbanyak, supaya banyak orang yang bisa memilikinya. Karena di zaman itu masih belum ada mesin cetak, maka penyalinan dilakukan secara tulisan tangan. Dan karena kitab-kitab itu hanya ditujukan untuk bangsa Yahudi saja, maka masih belum memerlukan diterjemahkan. Isi kitab-kitab masih terpelihara keasliannya, sebelum adanya perkembangan bahasa dan sebelum diterjemahkan ke bahasa lain.

Ulangan 17:18Apabila ia duduk di atas takhta kerajaan, maka haruslah ia menyuruh menulis baginya salinan hukum ini menurut kitab yang ada pada imam-imam orang Lewi.

Setelah nabi Musa, banyak nabi-nabi yang datang dan menuliskan kitab. Semua kitab-kitab itu disimpan oleh suku Lewi. Itulah yang disebut Tanakh, yaitu kitab-kitab Perjanjian Lama yang berbahasa Ibrani.

Tapi setelah ke-10 suku Israel berpencaran ke seluruh penjuru dunia, timbullah pemikiran orang-orang Yahudi untuk menterjemahkan kitab-kitab itu ke dalam bahasa Yunani dengan maksud supaya orang-orang Yahudi di perantauan yang berbahasa Yunani bisa membaca kitab-kitab tersebut. Itulah kitab Septuaginta yang dijadikan pegangan umat Katolik, sedangkan Kristen berpegang pada Tanakh.

Apa bedanya Tanakh dengan Septuaginta? Selain perbedaan bahasa, juga ada perbedaan jumlahnya. Kalau Tanakh berjumlah 39 kitab Perjanjian Lama, Septuaginta terdiri dari 46 kitab karena tidak melakukan seleksi, melainkan asal kitab nabi dianggap benar. Selisih 7 kitab itu bagi pandangan Kristen merupakan kitab-kitab apokrifa[meragukan], tapi bagi Katolik itu merupakan Deuterokanonika[kitab nomor 2].

Karena tidak adanya aturan atau hukum bagi orang untuk membaca, menyalin, menterjemahkan maupun menafsirkan Alkitab, maka orangpun bisa semau-maunya memperlakukan Alkitab. Sebagai contoh si bapak reformasi gereja: Martin Luther, menterjemahkan Alkitab ke dalam bahasa Jerman. Lalu seiring dengan berkembangnya gereja-gereja maka semakin banyaklah terjemahan dan versi Alkitab. Akhirnya orang-orang Kristen memikirkan perlunya dibentuk kelembagaan Alkitab supaya terjemahan Alkitab bisa ditertibkan dan tidak semakin liar.

>> Tahun 1804 Tarikh Masehi berdirilah Lembaga Alkitab Inggris dan luar negeri.

>> Tahun 1816 Tarikh Masehi berdirilah Lembaga Alkitab Amerika.

>> Tahun 1816 Tarikh Masehi berdirilah Lembaga Alkitab Batavia.

>> Tahun 1954 Tarikh Masehi berdirilah Lembaga Alkitab Indonesia[LAI].

>> Tahun 1964 Tarikh Masehi berdirilah Lembaga Biblika Indonesia[LBI], milik Roma Katolik, di Flores dengan nama: "versi ENDE."

>> Tahun 1967 Tarikh Masehi terjalin kerjasama antara LAI dengan LBI.

>> Tahun 1969 Tarikh Masehi kerjasama itu buyar.

>> Tahun 1970 Tarikh Masehi berdirilah Lembaga Biblika Indonesia[LBI].

Dengan adanya lembaga Alkitab maka hasil terjemahannya dijadikan rujukan sebagai Alkitab yang resmi, sehingga yang di luar itu bukanlah Alkitab yang resmi. Namun keresmian itu bukanlah jaminan bahwa hasil terjemahan itu benar. Baik yang resmi maupun yang tidak resmi bukanlah jaminan keaslian. Sebab tidak ada terjemahan yang bisa menangkap keseluruhan maksud dari teks aslinya. Karena itu jangan pernah menjadikan sebuah versi sebagai satu-satunya, melainkan harus dipadukan antara satu dengan yang lainnya.


Adanya Lembaga Alkitab Indonesia saja bukan jaminan bahwa Alkitab di Indonesia ini hanya 1 versi saja. Saat ini setidaknya ada 14 versi Alkitab yang selain terbitan LAI.

Lalu, apakah berarti kita harus meragukan Alkitab yang kita miliki? Bagi orang-orang Kristen yang berpegang pada Tanakh, bukan pada Septuaginta milik Katolik, kita tidak perlu digoyahkan oleh keberadaan banyaknya versi Alkitab. Sebab secara umum atau secara garis besarnya adalah sama dan bisa dipercayai. Terlebih untuk Alkitab terbitan LAI. Di sini yang duduk menterjemahkan Alkitab adalah orang-orang dari semua denominasi Kristen, sehingga tidak mungkin terjadi manipulasi atau penyimpangan.

Sebagai contoh, walaupun LAI dikelilingi oleh orang-orang gereja Minggu, namun Alkitab LAI masih memuat tentang kebenaran hari Sabat. Sehingga dengan Alkitab hasil terjemahan mereka kita masih bisa menonjok mereka yang berhari Minggu.

Sekalipun semua gereja merayakan Natal, namun Alkitab LAI tak memuat cerita Natalan. Sekalipun YESUS rambutnya panjang, namun Alkitab LAI tetap menuliskan harusnya berambut pendek. Sekalipun semua orang Kristen berbahasa roh: Sewelewelewele, namun Alkitab LAI masih menulis bahwa mereka itu orang sinting. Sekalipun semua orang Kristen menyatakan YESUS itu ALLAH, namun nyatanya Alkitab LAI tidak memuat begitu.

Justru di sinilah ROH HIKMAT atau ROH KUDUS diperlukan, yakni untuk menerangi pikiran kita, sebab bukan Alkitab yang memimpin kita pada kebenaran, melainkan ROH KUDUS. Sebab bukan Alkitab yang menyelamatkan kita, melainkan YESHUA ha MASHIA.

Sebagus apapun Alkitab jika tanpa ROH KUDUS, kita juga takkan terpanggil dan takkan terpilih. Buktinya? Di zaman YESHUA adalah zaman yang lebih baik dari Alkitab manapun yang ada di dunia ini. YESHUA adalah Orang, bukan Alkitab. DIA berbicara, bukan tulisan. Namun mengapa DIA masih disalibkan oleh orang-orang yang menyaksikanNYA secara "live?"

Mengapa orang di zaman itu tak percaya, sedangkan kita percaya?

Sebaliknya sebagai contoh buruknya Alkitab LAI, yaitu menghilangkan nama YAHWEH dan YESHUA ha MASHIA, diganti dengan ALLAH dan YESUS. Namun oleh tuntunan ROH KUDUS nyatanya kita bisa menemukan kebenarannya melalui jalur lain, selain Alkitab LAI.

Kebenaran hanya ada di dalam Diri YAHWEH saja. Di luar YAHWEH bisa rusak!

Mat. 19:17Jawab Yesus: "Apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku tentang apa yang baik? Hanya Satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah Allah."

Hanya SATU saja yang baik, yaitu YAHWEH. Malaikat bisa rusak menjadi setan. Dan setan bisa merusakkan sorga, Adam dan Hawa serta kita sekaliannya. Lebih-lebih cuma Alkitab. Isinya A bisa dibilang B, hari Sabat bisa dibilang hari Minggu dan banyak orang yang mempercayainya. Jadi, apa gunanya kebenaran Alkitab?

Tapi kebenaran yang ada di dalam Diri YAHWEH, tidak perlu merisaukan kita. Sebab di zaman sebelum ada Alkitab, sebelum ada nabi Musa dan sebelum ada Hukum Taurat, YAHWEH bisa menyelamatkan Henokh, Nuh, Ayub, Abraham, Ishak dan Yakub. Dan sebelum ada kitab Perjanjian Baru, YAHWEH bisa memanggil Kornelius, perwira Romawi, sida-sida dari Etiopia dan Paulus yang penganiaya jemaat Kristen.

Apa yang kurang dari kebenaran yang ada di dalam Diri YAHWEH? Alkitab bukan hal yang penting!

Yohanes
5:39Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku,
5:40namun kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu.

Lebih lanjut silahkan baca di sini:

Mengapa Begitu Banyak Versi? 

 

3 komentar:

  1. PENGAKUAN SAYA BERSAMA KELUARGAKU INI BUKAN CERITA ATAU PUN REKAYASA BENER-BENER TERBUKTI SAMA SAYA.

    Terima kasih sebesar-besarnya yang kami ucapkan kepada mbah warjoh yang telah memberikan keberhasilan dan keberuntungan bagi keluarga saya.berkat bantuan beliau saya sekarang sudah hidup tenang karena suamiku sudah punya usaha tambak yang luasnya sekitar 5 hektar kurang lebih. begitupun juga saya dirumah buka warung sembakau dan sekarang pun saya sekeluarga tidak di kejar-kejar hutang lagi. mulanya keluarga Kami di berikan angka gaib hasil ritual dari mbah warjoh yang sangat Jitu 100% dijamin tembus.sehingga keluarga saya sekarang merasa tenang lagi.sekali lagi terima kasih mbah jasamu dikeluarga saya tidak akan terlupakan.Jika anda butuh angka gaib hasil ritual mbah warjoh silahkan Tanyakan aja Pada mbah dinomer hp beliau di: 0851 4534 4218 atau silahkan KLIK DISINI Terima kasih.


    BalasHapus
    Balasan
    1. KISAH NYATA DARI SAYA BPK.KARTA BUKAN REKAYASA INI BETUL2 NYATA DIKELUARGA KAMI.
      Assalamualaikum wr.wb,saya BPK.KARTA seorang buruh tani di madium jawa timur ingin mengucapka banyak terimah kasih kepada KI WARSA atas bantuan AKI. kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan KI WARSA pula yang telah memberikan angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D dan alhamdulillah telah berhasil memenangkan 5x berturut turut tembus.sekali lagi makasih yaa AKI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 ribu dan akhirnya saya menang.Berkat angka gaib hasil ritual AKI WARSA saya sudah buka usaha matreal di jakarta dan istri saya juga buka butyk baju dimall mangga dua. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan HUB/SMS AKI WARSA di nomor hpnya di: 0852 4968 9269 atau KLIK DISINI dan ramalan AKI WARSA memang memiliki ramalan GAIB” yang dijamin 100% tembus.
      KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA MAKANYA NAMA BELIAU SAYA CANTUNKAN DI INTERNET…

      *angka ritual gaib singapura

      *angka ritual gaib hongkong

      *angka ritual gaib malyaisia

      *angka ritual gaib sidney

      *angka ritual gaib kuda lari.

      Hapus
    2. Hal yang tidak pernah terbayankan kini jadi kenyataan kepada keluargaku,,,kusus untuk AKI SANTOJOYO kami ucapkan banyak terimakasih yang sebesar-besarnya kepada aki. karena berkat bantuannya alhamdulillah keluarga kami bisa lepas dari hutang dan masalah, karena nomor “GAIB” untuk pasang togel, hasil ritual AKI SANTOJOYO memang benar-bener merubah nasib kami hanya sekejap,dan disitulah aku berkesempatan kumpulkan uang untuk buka usaha kembali,karena rumah juga sudah disita bank,,warung makan juga sudah bangkrut,,tapi itu semua aku masih tetap bertahan hidup dengan anak istriku,,walau cuma ngontrak tapi aku tetap bersabar dan akhirnya AKI SANTOJOYO lah yang bisa merubah nasib kami..maka dari itu AKI SANTOJOYO orang paling bersejarah di keluargaku…!!!jadi kepada teman-teman yang di lilit hutang dan ingin merubah nasib seperti saya silahkan hub AKI SANTOJOYO di nomor: 085211599919 atau silahkan kunjungi di http://angkaritual5.wordpress.com dan dengan penuh harapan yakin dan percaya insya allah apa yang anda ingingkan pasti tercapai.

      Hapus