Kamis, 07 April 2016

SABAT DENGAN PENGANGKAT TABUT

JAWABAN SAYA:

1. Ibrani 4:9-10 merujuk ke kerajaan 1000 tahun[Wahyu 20:1-6]? Apa hubungannya dan bagaimana menghubungkannya?

Ibrani 4:9-10, tepatnya seluruh kitab Ibrani itu mengajari kita supaya menjadi umat yang taat, umat yang takut akan YAHWEH. Jangan menjadi pemberontak seperti Israel di padang gurun, supaya diselamatkan. Kalau selamat akan menikmati kerajaan 1000 tahun dan tinggal di kota Yerusalem Baru. Tapi itu tidak ada hubungannya secara langsung, sebab kitab Ibrani itu berbicara secara umum sebagaimana kitab-kitab lainnya, yakni menyampaikan pengajaran supaya kita menjadi orang Kristen yang benar dan berkenan di hadapan YAHWEH.

Saya mulai dari Ibrani 3:7-19, itu judulnya: "Binasa karena murtad." Bahwa siapa saja yang murtad dan tidak menurut aturan TUHAN takkan diselamatkan. Lalu Ibrani 4:1-13 itu judulnya: "Hari perhentian yang disediakan YAHWEH." Bahwa YAHWEH telah menetapkan hari ketujuh, yaitu Sabtu sebagai hari perhentian umat YAHWEH. Tidak ada tawar-menawar dalam hal ini. Siapa saja yang murtad dari Sabat Alkitab, yakni Kristen-kristen Minggu seperti anda, akan binasa.

Dan ini ayat-ayat pentingnya dari Ibrani pasal 3 dan 4:

Ibrani
3:7Sebab itu, seperti yang dikatakan Roh Kudus: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya,
3:8janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman pada waktu pencobaan di padang gurun,

3:18Dan siapakah yang telah Ia sumpahi, bahwa mereka takkan masuk ke tempat perhentian-Nya? Bukankah mereka yang tidak taat?

4:4Sebab tentang hari ketujuh pernah dikatakan di dalam suatu nas: "Dan Allah berhenti pada hari ketujuh dari segala pekerjaan-Nya."

4:6Jadi sudah jelas, bahwa ada sejumlah orang akan masuk ke tempat perhentian itu, sedangkan mereka yang kepadanya lebih dahulu diberitakan kabar kesukaan itu, tidak masuk karena ketidaktaatan mereka.

4:9Jadi masih tersedia suatu hari perhentian, hari ketujuh, bagi umat Allah.
4:10Sebab barangsiapa telah masuk ke tempat perhentian-Nya, ia sendiri telah berhenti dari segala pekerjaannya, sama seperti Allah berhenti dari pekerjaan-Nya.
4:11Karena itu baiklah kita berusaha untuk masuk ke dalam perhentian itu, supaya jangan seorangpun jatuh karena mengikuti contoh ketidaktaatan itu juga.

2. Kebiasaan sama dengan rutinitas;

Terimakasih anda telah memberikan pengakuan yang jujur bahwa di zaman YESHUA peribadatan yang ada hanya di hari Sabtu saja. Artinya di zaman Alkitab belum ada peribadatan di hari yang lain, seperti Minggu. Sehingga peribadatan hari Minggu merupakan peribadatan yang menyimpang dari Alkitab.

Keluaran
20:8Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat:

Berdasarkan ayat itu mana boleh ada hari peribadatan yang lain?

3. Ibadah dihari lainpun boleh; betul, tapi tidak mungkin bisa terjadi. Sebab pertemuan jemaat baru bisa terjadi di hari libur. Di hari libur, misalkan orang melakukan rekreasi, bukankah orang itu tidak mengurusi pekerjaannya, tidak mengurusi cucian pakaiannya, tidak mengurusi setrikaan, tidak mengurusi dapur dan tetek bengek lainnya. Mereka maunya seluruh jiwa mereka manfaatkan untuk refresing. Mereka konsentrasinya adalah bersenang-senang saja disepanjang hari libur itu. Nah, seperti itulah TUHAN menginginkan seluruh umatNYA disepanjang hari Sabat, hari perhentian, hari libur, agar segala energi dicurahkan untuk kemuliaan TUHAN.

Di sini kita dibentangkan pada 2 hari libur. Hari libur buatan Konstantin Agung adalah hari Minggu, sedangkan hari libur Sabat perintah YAHWEH adalah hari Sabtu. Konstantin Agung memindahkan hari perhentian Sabtu ke Minggu, sehingga hari ini kita tidak mempunyai hari libur Sabtu.

Mana yang harus kita taati antara Konstantin Agung dengan YAHWEH?

Kis. 5:29Tetapi Petrus dan rasul-rasul itu menjawab, katanya: "Kita harus lebih taat kepada Allah dari pada kepada manusia.

Kalau kita merasa perlu taat pada YAHWEH, maka kita harus ambil segala resiko untuk libur Sabtu. Entah berakibat dipotong gaji, tidak dinaikkan pangkat hingga dipecat atau tidak ada perusahaan yang mau menerima kita yang libur Sabtu. Apapun yang terjadi kita harus setia pada YAHWEH.

Jadi, masalah Sabat bukanlah soal hari ibadah, tapi soal hari perhentian, bahwa di saat hari Sabtu kita dilarang bekerja, dilarang berjalan-jalan ke mall-mall, dilarang belanja yang bisa ditunda, dilarang memasak, dilarang mencuci, dilarang setrika, dan lain-lainnya.

Kenapa harus hari yang ketujuh - Sabtu?

Keluaran
20:11Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.

Sedangkan hari Minggu itu hari kebangkitan TUHAN YESHUA. Karena itu hari Minggu bukanlah hari Sabat, sebab hari Sabat itu untuk memperingati YAHWEH berhenti menciptakan alam semesta. Memperingati hari perhentian YAHWEH ada ayatnya. Tapi memperingati hari kebangkitan YESHUA tidak ada ayatnya, tidak ada perintahnya. Mengapa kita melakukan yang bukan perintah YAHWEH dan menendang perintah YAHWEH? Anda mengarang hari raya menurut rekaan hati sendiri seperti Yerobeam yang dimurkai YAHWEH;

1Raja-raja
12:33Ia naik tangga mezbah yang dibuatnya di Betel itu pada hari yang kelima belas dalam bulan yang kedelapan, dalam bulan yang telah direncanakannya dalam hatinya sendiri; ia menentukan suatu hari raya bagi orang Israel dan ia naik tangga mezbah itu untuk membakar korban.

1Raj. 14:10Maka Aku akan mendatangkan malapetaka kepada keluarga Yerobeam. Aku akan melenyapkan dari pada Yerobeam setiap orang laki-laki, baik yang tinggi maupun yang rendah kedudukannya di Israel. Aku akan menyapu keluarga Yerobeam seperti orang menyapu tahi sampai habis.

Jangan melampaui yang ada tertulis, bro; jangan sok pintar!

1Kor. 4:6Saudara-saudara, kata-kata ini aku kenakan pada diriku sendiri dan pada Apolos, karena kamu, supaya dari teladan kami kamu belajar apakah artinya ungkapan: "Jangan melampaui yang ada tertulis", supaya jangan ada di antara kamu yang menyombongkan diri dengan jalan mengutamakan yang satu dari pada yang lain.

4. Mat. 12:8 Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."

YESHUA adalah TUHAN atas hari Sabat. YESHUA adalah Penguasa atas hari Sabat. Apakah kuasa itu untuk meniadakan atau merusak hari Sabat?

YAHWEH adalah TUHAN semesta alam. Apakah kuasa itu untuk menghancurkan alam semesta? Jokowi adalah penguasa Indonesia. Apakah untuk menghancurkan Indonesia? Anda saya angkat menjadi direktur pabrik sepatu. Apakah untuk membakar pabrik itu?

Orang-orang Yahudi marah ketika melihat TUHAN YESHUA menyembuhkan orang pada hari Sabat. Menurut ajaran kaum Farisi melakukan kebajikanpun tidak diperbolehkan di hari Sabat. Padahal jika ada domba yang terjatuh ke dalam lobang pasti akan mereka gendong sekalipun itu hari Sabat. Bukankah itu ajaran yang tidak logis? Domba diselamatkan tapi manusia harus dibiarkan hanya oleh sebab hari Sabat. Inilah yang TUHAN YESHUA tentang atau lawan. TUHAN YESHUA meluruskan, mengajarkan kebenaran, bukan merusakkan atau meniadakan hari Sabat;

Mrk. 2:27Lalu kata Yesus kepada mereka: "Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat,

TUHAN sengaja mengadakan hari Sabat untuk keperluan manusia, bagaimana TUHAN hendak meniadakannya? Jadi, hari Sabat itu masih sangat penting bagi manusia. Libur hari Minggu menyatakan bahwa manusia itu memerlukan beristirahat sehari dalam sepekan. Bahkan kita mempunyai banyak Sabat atau perhentian, seperti jam istirahat makan siang, cuti tahunan, jam tidur malam, dan lain-lainnya. Hanya ikutilah yang merupakan perintah TUHAN supaya kita tidak tergolong orang-orang yang murtad.

Hari Sabat untuk manusia, bukan manusia untuk hari Sabat. Nasi itu untuk manusia, bukan manusia untuk nasi. Artinya, janganlah hidupmu diperbudak oleh nasi. Janganlah hidupmu diperbudak oleh aturan-aturan hari Sabat. Sebab aturan-aturan hari Sabat yang dibuat YAHWEH itu sudah sempurna, sudah rasional dan sudah proporsional. Jadi, jangan ditambah-tambahi.

Pahamilah bahwa TUHAN itu melarang orang bekerja, bukan melarang orang bergerak. Orang-orang Farisi memahaminya sebagai larangan bergerak, sehingga berjalan lebih dari 2 kilometer saja tidak diperbolehkan. Mana ada YAHWEH melarang begitu itu? Menyalakan listrik juga dilarang oleh sebab YAHWEH melarang menyalakan api. Padahal larangan menyalakan api itu maksudnya adalah kegiatan masak-memasaknya. Jadi, orang-orang Farisi itu kesalahan memahami maksud TUHAN.

5. YESHUA disalibkan oleh pemuja Sabat;

Yang benar, YESHUA ditangkap oleh kelompok Farisi, Saduki dan ahli-ahli Taurat Yahudi. Secara umum seluruh masyarakat Yahudi adalah pemelihara hari Sabat, tak ada yang memelihara hari Minggu. Di antara masyarakat Yahudi itu ada yang salah dan ada yang benar. Kelompok yang tidak benarlah yang menyalibkan TUHAN YESHUA. Sebab yang masuk sebagai pengikut TUHAN YESHUA jumlahnya juga tidak sedikit. TUHAN YESHUA pernah memberi makan 5 ribuan orang.

Para rasul maupun murid yang lainnya, semuanya adalah pemelihara hari Sabat, sebab hal hari Sabat merupakan perintah YAHWEH;

Luk. 23:56Dan setelah pulang, mereka menyediakan rempah-rempah dan minyak mur. (23-56b) Dan pada hari Sabat mereka beristirahat menurut hukum Taurat,

Kisah
15:21Sebab sejak zaman dahulu hukum Musa diberitakan di tiap-tiap kota, dan sampai sekarang hukum itu dibacakan tiap-tiap hari Sabat di rumah-rumah ibadat."

Kis. 13:27Sebab penduduk Yerusalem dan pemimpin-pemimpinnya tidak mengakui Yesus. Dengan menjatuhkan hukuman mati atas Dia, mereka menggenapi perkataan nabi-nabi yang dibacakan setiap hari Sabat.

Jika yang menyalibkan TUHAN YESHUA adalah para pemelihara hari Sabat, maka siapakah yang menendang YAHWEH dan YESHUA dari Alkitab lalu menggantikannya dengan ALLAH dan YESUS. Siapakah? Apakah anda termasuk yang menyetujui atau mengaminkannya? Mengapa anda lebih suka memakai nama YESUS dari pada YESHUA?

>> IESUS menjadi YESUS. Apakah artinya YESUS, bro?

6. Yoh 5:18 Sebab itu orang-orang Yahudi lebih berusaha lagi untuk membunuh-Nya, bukan saja karena Ia meniadakan hari Sabat, tetapi juga karena Ia mengatakan bahwa Allah adalah Bapa-Nya sendiri dan dengan demikian menyamakan diri-Nya dengan Allah."

a. YESHUA meniadakan hari Sabat itu tuduhan mereka, yang benar adalah meluruskan aturan hari Sabat;

Mat. 12:12Bukankah manusia jauh lebih berharga dari pada domba? Karena itu boleh berbuat baik pada hari Sabat."

Bukankah ke gereja hari Minggu itu termasuk baik? Tidak, justru termasuk kejahatan sebab melanggar hukum YAHWEH.

b. YESHUA mengatakan YAHWEH adalah BAPANYA. Itulah yang mereka rekam dari mulut YESHUA. Jadi, di zaman itu tak pernah ada orang Yahudi yang mendengar YESHUA mengaku sebagai YAHWEH. YESHUA tak pernah mengaku sebagai YAHWEH merupakan sebuah fakta yang menggugurkan ajaran Trinitas yang menyatakan YESHUA itu YAHWEH. Yang didengar oleh orang-orang Yahudi, YESHUA mengaku sebagai ANAK YAHWEH;

Yoh. 10:36masihkah kamu berkata kepada Dia yang dikuduskan oleh Bapa dan yang telah diutus-Nya ke dalam dunia: Engkau menghujat Allah! Karena Aku telah berkata: Aku Anak Allah?

Tak ada pernyataan Alkitab yang mengatakan bahwa YESHUA itu YAHWEH.

7. Yoh 5:9 Dan pada saat itu juga sembuhlah orang itu lalu ia mengangkat tilamnya dan berjalan. Tetapi hari itu hari Sabat.

"Tetapi itu hari Sabat." Catatan Alkitab "tetapi itu hari Sabat" menunjuk bahwa itu masalah yang sensitif bagi bangsa Yahudi. TUHAN YESHUA telah berlaku nekat, telah berlaku berani sekali terhadap pantangan bangsa Yahudi. Itu bisa menjadi masalah besar bagi YESHUA. Tapi demi tegaknya kebenaran TUHAN YESHUA tidak takut! Apa yang benar akan terus dilakukanNYA, apapun akibatnya.

8. Yoh 5:16 Dan karena itu orang-orang Yahudi berusaha menganiaya Yesus, karena Ia melakukan hal-hal itu pada hari Sabat.

Nah, itulah yang saya terangkan di nomor 7.

9. Mrk 3:2 Mereka mengamat-amati Yesus, kalau-kalau Ia menyembuhkan orang itu pada hari Sabat, supaya mereka dapat mempersalahkan Dia.

Idem.

10. Luk 13:14 Tetapi kepala rumah ibadat gusar karena Yesus menyembuhkan orang pada hari Sabat, lalu ia berkata kepada orang banyak: "Ada enam hari untuk bekerja. Karena itu datanglah pada salah satu hari itu untuk disembuhkan dan jangan pada hari Sabat."

Sekalipun TUHAN YESHUA bisa saja menunda menyembuhkan orang di hari lain, tapi menciptakan "gara-gara" sangat diperlukan, yaitu untuk mendobrak ketidakbenaran. Sebab jika aturan kaum Farisi itu dituruti, maka akan selamanya dianggap orang kebenaran. Karena itu harus dihentikan segera dengan membuat "gara-gara."

11. Justeru imam-imam sendiri sibuk bekerja memimpini jalannya ibadah pada hari sabat Mat 12:5 "Atau tidakkah kamu baca dalam kitab Taurat, bahwa pada hari-hari Sabat, imam-imam melanggar hukum Sabat di dalam Bait Allah, namun tidak bersalah?

Itulah namanya kemunafikan! Jika orang lain dipersalahkan, sedangkan dirinya sendiri tak ada yang berani menyalahkan. Itulah yang TUHAN YESHUA kritik, bahwa imam-imam itu suka melanggar hukum Sabat di dalam Bait Suci, namun tak ada seorangpun yang mempersalahkannya.

Harus dibedakan antara penilaian TUHAN dengan penilaian manusia. Bahwa apa yang menurut manusia baik, belum tentu menurut YAHWEH juga baik. Apa yang menurut manusia tidak benar, belum tentu menurut YAHWEH juga tidak benar.

Bagi YAHWEH, siapa saja yang melanggar hari Sabat adalah bersalah, sekalipun itu imam-imam Bait YAHWEH. YAHWEH tidak memandang bulu dalam menegakkan hukum.

xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

Pengangkat Tabut:
Ibr 4:9-10 tersebut adalah merujuk kepada Kerajaan 1000 Tahun (Why 20:1-6), sangat keliru kalau kamu kaitkan dengan sabat.

Didalam ayat-ayat lain yang anda kutip ada tertulis kata "kebiasaan." Kata kebiasaan tersebut sama dengan rutinitas saja.

Kenapa mereka juga terpaksa ikut ibadah pada hari sabat? Karena sudah kebiasaan memang sudah seperti itu, karena ibadah yang ada ketika itu hanya pada hari sabat saja.

Sebenarnya ibadah di hari lainpun juga boleh tapi apa boleh buat karena yang ada ibadah saat itu hanya ibadah hari sabtu saja.

Ketika itu para pemuja sabat pernah memaksa Yesus dan mengancam akan membunuh Yesus kalau Yesus masih tidak mau menyembah, takluk, tunduk kepada hari sabat. Tapi Yesus berkata kepada mereka bahwa Ia adalah Tuhan atas hari sabat dan atas dunia ini, kenapa kok disuruh menyembah, takluk, tunduk, taat kepada sabat, Mat. 12:8 Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."

Yesus itu ditangkap, disiksa, dan disalib oleh para pemuja sabat, ayatnya sbb:

1. Yoh 5:18 Sebab itu orang-orang Yahudi lebih berusaha lagi untuk membunuh-Nya, bukan saja karena Ia meniadakan hari Sabat, tetapi juga karena Ia mengatakan bahwa Allah adalah Bapa-Nya sendiri dan dengan demikian menyamakan diri-Nya dengan Allah."

2. Yoh 5:9 Dan pada saat itu juga sembuhlah orang itu lalu ia mengangkat tilamnya dan berjalan. Tetapi hari itu hari Sabat.

3. Yoh 5:16 Dan karena itu orang-orang Yahudi berusaha menganiaya Yesus, karena Ia melakukan hal-hal itu pada hari Sabat.

4. Mrk 3:2 Mereka mengamat-amati Yesus, kalau-kalau Ia menyembuhkan orang itu pada hari Sabat, supaya mereka dapat mempersalahkan Dia.

5. Luk 13:14 Tetapi kepala rumah ibadat gusar karena Yesus menyembuhkan orang pada hari Sabat, lalu ia berkata kepada orang banyak: "Ada enam hari untuk bekerja. Karena itu datanglah pada salah satu hari itu untuk disembuhkan dan jangan pada hari Sabat."

Justeru imam-imam sendiri sibuk bekerja memimpini jalannya ibadah pada hari sabat Mat 12:5 "Atau tidakkah kamu baca dalam kitab Taurat, bahwa pada hari-hari Sabat, imam-imam melanggar hukum Sabat di dalam Bait Allah, namun tidak bersalah?

3 komentar:

  1. KALAU ANDA MAU TAU INFO TOGEL, KENALKAN NAMA SAYA PAK WARHADIK, KAMI TINGGAL DIKALTIM PEKERJAAN JUAL NASI GORENG, SELAMA KAMI KENAL YANG NAMANYA NYI REKSO SARASWATI NASIB KAMI TIDAK SEPERTI YANG DULUH… KAMI SANGAT BERTERIMA KASIH KEPADA NYI REKSO SARASWATI BERKAT ANGKA YANG DI BERIKANN SAMA BELIAU.DAN ALHAMDULILLAH TEMBUS.DAN KAMI MINTAH ANGKA,4D…


    ANGKA NAIK YAITU,DI.
    6D.SPORTS,TOTO 5D 6D
    SIAPA TAU ANDA SEMUA MAU RASAIN SILAHKAN GABUNG SAMA KAMI,

    DAN KAMI BERSUKUR HASIL PASANG TOGEL TGL,07,07,2014…
    ….
    SEMUA HUTANG HUTANG DLM KELUARGA KAMI KINI DPT TERLUNASI ,KAMI PUN BISA MEMBUKA USAHA KEMBALI,WALAUPUN ITU DGN CARA PASANG TOGEL, ITU MERUPAKAN RESKI BAGI KAMI SE- KELUARGA ,JADI YG SERING KALAH DLM PERMAINAN TOGEL HUBUNGI NYI REKSO SARASWATI /SMS KE NMR INI,082322216958—KESUSAHAN ANDA DALAM MAIN
    TOGEL DI,JAMIN [5] KALI PUTARAN… NYI REKSO SARASWATI Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada NYI REKSO SARASWATI yang telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau kami sekarang udah hidup tenang..sudah tidak di kejar-kejar hutang…Kami di berikan Angka Ritual Ghoib Dari NYI REKSO SARASWATI yang sangat sangat Jitu 100%…hingga kami sekarang merasa tenang lagi…terima kasih NYI…Jika Anda ada yang merasa kesulitan masalah Nomer Toto apaka 2D.3D.4D.5D.6D.itu semua terserah anda, silahkan HBG ATAU SMS Aja NYI REKSO SARASWATI
    …di nmr HP [082322216958]pasti anda akan merasakan apa yg selama ini kami rasakan…Salam Bahagia dan Sukses..!!

    DENGAN ANGKA GOIB ,ATAU ANGKA RITUAL// ANGKA MAHLUK HALUS….
    KLIK DISINI
    angka;GHOIB: singapur
    angka;GHOIB: hongkong
    angka;GHOIB; malaysia
    angka;GHOIB; toto magnum 4d
    angka"GHOIB; laos…
    angka"GHOIB; macau
    angka"GHOIB; sidney
    angka"GHOIB: vietnam

    BalasHapus
    Balasan
    1. PENGAKUAN SAYA BERSAMA KELUARGAKU INI BUKAN CERITA ATAU PUN REKAYASA BENER-BENER TERBUKTI SAMA SAYA.

      Terima kasih sebesar-besarnya yang kami ucapkan kepada mbah warjoh yang telah memberikan keberhasilan dan keberuntungan bagi keluarga saya.berkat bantuan beliau saya sekarang sudah hidup tenang karena suamiku sudah punya usaha tambak yang luasnya sekitar 5 hektar kurang lebih. begitupun juga saya dirumah buka warung sembakau dan sekarang pun saya sekeluarga tidak di kejar-kejar hutang lagi. mulanya keluarga Kami di berikan angka gaib hasil ritual dari mbah warjoh yang sangat Jitu 100% dijamin tembus.sehingga keluarga saya sekarang merasa tenang lagi.sekali lagi terima kasih mbah jasamu dikeluarga saya tidak akan terlupakan.Jika anda butuh angka gaib hasil ritual mbah warjoh silahkan Tanyakan aja Pada mbah dinomer hp beliau di: 0851 4534 4218 atau silahkan KLIK DISINI Terima kasih.



      Hapus
    2. KISAH NYATA DARI SAYA BPK.KARTA BUKAN REKAYASA INI BETUL2 NYATA DIKELUARGA KAMI.
      Assalamualaikum wr.wb,saya BPK.KARTA seorang buruh tani di madium jawa timur ingin mengucapka banyak terimah kasih kepada KI WARSA atas bantuan AKI. kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan KI WARSA pula yang telah memberikan angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D dan alhamdulillah telah berhasil memenangkan 5x berturut turut tembus.sekali lagi makasih yaa AKI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 ribu dan akhirnya saya menang.Berkat angka gaib hasil ritual AKI WARSA saya sudah buka usaha matreal di jakarta dan istri saya juga buka butyk baju dimall mangga dua. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan HUB/SMS AKI WARSA di nomor hpnya di: 0852 4968 9269 atau KLIK DISINI dan ramalan AKI WARSA memang memiliki ramalan GAIB” yang dijamin 100% tembus.
      KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA MAKANYA NAMA BELIAU SAYA CANTUNKAN DI INTERNET…

      *angka ritual gaib singapura

      *angka ritual gaib hongkong

      *angka ritual gaib malyaisia

      *angka ritual gaib sidney

      *angka ritual gaib kuda lari.

      Hapus