Senin, 25 April 2016

MEMBACA KITAB IBRANI 16

Lanjutan..................

Ibrani 11:21Karena iman maka Yakub, ketika hampir waktunya akan mati, memberkati kedua anak Yusuf, lalu menyembah sambil bersandar pada kepala tongkatnya.

Keyakinan yang kuat dari anak-cucu Abraham adalah bahwa keturunan mereka akan menjadi berkat bagi bangsa-bangsa sebagaimana janji YAHWEH kepada Abraham. Itulah sebabnya mereka senantiasa memberkati keturunan mereka berdasarkan tabiat masing-masing anaknya. Jika anaknya durhaka, maka berkat yang diberikan adalah kehinaan, seperti Nuh memberkati Ham atau Kanaan yang durhaka;

Kejadian 9:25berkatalah ia: "Terkutuklah Kanaan, hendaklah ia menjadi hamba yang paling hina bagi saudara-saudaranya."

Kini kutukan itu benar-benar terbukti, bahwa bangsa Palestina yang merupakan keturunan Ham, ditindas terus oleh keturunan Sem, yaitu Israel.

Bagaimana dengan anda sebagai orang Kristen yang diberkati YAHWEH sebagai garam dan terang dunia? Sudahkah anda memberkati anak-anak anda supaya kelak mereka benar-benar menjadi garam dan terang dunia? Mengapa anda hanya memberkati mereka dengan warisan harta benda duniawi saja? Dikemanakankah berkat rohani yang harusnya menjadi hak mereka untuk menerimanya juga? Itulah sebabnya tak ada anak-anak anda yang menjadi penginjil, karena anda tak menyalurkan berkat garam dan terang dunia. Semua anak anda menjadi direktur, sebab itulah yang anda cita-citakan untuk mereka.

Ibrani 11:22Karena iman maka Yusuf menjelang matinya memberitakan tentang keluarnya orang-orang Israel dan memberi pesan tentang tulang-belulangnya.

Yusuf meyakini nubuatan YAHWEH kepada Abraham tentang Israel yang akan tinggal di Mesir selama 400 tahun, yang YAHWEH akan mengeluarkan mereka;

Kejadian
15:13Firman TUHAN kepada Abram: "Ketahuilah dengan sesungguhnya bahwa keturunanmu akan menjadi orang asing dalam suatu negeri, yang bukan kepunyaan mereka, dan bahwa mereka akan diperbudak dan dianiaya, empat ratus tahun lamanya.
15:14Tetapi bangsa yang akan memperbudak mereka, akan Kuhukum, dan sesudah itu mereka akan keluar dengan membawa harta benda yang banyak.

Jika Abraham, Ishak dan Yakub mendengar Firman TUHAN, meyakini dan menerapkannya dalam kehidupan mereka, maka Firman TUHAN yang manakah yang anda yakini dan anda terapkan dalam kehidupan anda sehari-hari? Bagaimana anda disebut meyakini sesuatu, jika anda tidak melakukannya? Mungkinkah anda akan investasi ke suatu bidang usaha jika anda tidak yakin itu menguntungkan? Tapi dalam kerohanian tampaknya masih belum ada yang anda yakini, jika melihat pola hidup anda yang duniawi sekali. Anda hanya mencatatkan agama Kristen di KTP saja, tapi tidak dalam kehidupan sehari-hari anda.

Mungkinkah anda menerima janji YAHWEH jika anda mengabaikan syarat-syaratnya?

Ibrani 11:23Karena iman maka Musa, setelah ia lahir, disembunyikan selama tiga bulan oleh orang tuanya, karena mereka melihat, bahwa anak itu elok rupanya dan mereka tidak takut akan perintah raja.

Perintah firaun pada waktu itu adalah supaya bayi laki-laki orang Yahudi dibunuh. Tapi orangtua Musa berani menyembunyikan bayinya. Iman menimbulkan keberanian. Sayang orang yang mengaku Kristen saat ini justru yang timbul adalah ketakutan, menyatakan bahwa sesungguhnya itu bukanlah iman.

Orang Kristen tak ada yang takut pada TUHAN. Yang mereka takuti adalah sinar matahari, kulit hitam, takut tua, takut tikus, takut kecoa, takut mobilnya kotor, takut mobilnya hilang, takut mobilnya lecet, takut menyuarakan kebenaran, takut istri, dan takut setan. Error, nggak?!

Ibrani 11:24Karena iman maka Musa, setelah dewasa, menolak disebut anak puteri Firaun,

Musa yakin sebagai bangsa Yahudi, dia adalah bangsa yang diberkati YAHWEH. Karena itu dia tidak merasa bangga diangkat sebagai anak Firaun. Musa lebih meninggikan nilai-nilai dari pada harta dan kedudukan. Tapi orang zaman sekarang sudah masuk ke pelacuran. Nilai-nilai dan martabatnya dikalahkan oleh harta benda dan kedudukan. Demi uang apa saja dilakukan.

Para orangtua malah menjadi penjerumus anak-anaknya sendiri: "Sudahlah, bekerjalah apa saja, yang penting ada pekerjaan." Ada pekerjaan lebih dipentingkan dari pada halal atau haramnya pekerjaan itu. Harusnya orangtua itu berkata: "Lebih baik menganggur dari pada mengerjakan pekerjaan yang tidak benar."

Bagaimana dengan anda sebagai orangtua Kristen?

Ibrani 11:25karena ia lebih suka menderita sengsara dengan umat Allah dari pada untuk sementara menikmati kesenangan dari dosa.

Musa lebih suka disamakan dengan bangsanya yang ketika itu menjadi budak bagi bangsa Mesir. Sebab Musa melihat ke janji YAHWEH, bahwa sekalipun saat ini bangsanya hanyalah budak, namun kelak bangsa Israel akan menduduki kota-kota musuhnya;

Kej. 22:17maka Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan membuat keturunanmu sangat banyak seperti bintang di langit dan seperti pasir di tepi laut, dan keturunanmu itu akan menduduki kota-kota musuhnya.

Kini apa yang diyakini Musa bisa kita lihat kebenarannya, bagaimana bangsa Yahudi menduduki Palestina, menduduki kongres Amerika Serikat, menjadi raja di negara Arab Saudi, senjata buatannya diimpi-impikan oleh tentara Indonesia, dan bagaimana bangsa Yahudi menggenggam dunia.

Ibrani 11:26Ia menganggap penghinaan karena Kristus sebagai kekayaan yang lebih besar dari pada semua harta Mesir, sebab pandangannya ia arahkan kepada upah.

Sekalipun Musa ketika itu belum melihat YESHUA namun tindakan-tindakan imannya memberikan poin atau andil bagi Kekristenan. Musa bukan tokoh yang memalukan!

Ibrani 11:27Karena iman maka ia telah meninggalkan Mesir dengan tidak takut akan murka raja. Ia bertahan sama seperti ia melihat apa yang tidak kelihatan.

Setelah melakukan pembunuhan terhadap orang Mesir oleh sebab membela bangsanya yang dianiaya, Musa melarikan diri ke Midian dan menjadi gembala domba mertuanya, Yitro. Musa bukan sekedar membela bangsanya, namun dia juga menegakkan keadilan. Musa tidak menutup mata atau berpura-pura tidak tahu terhadap ketidakadilan yang terjadi di sekitarnya.

Ibrani 11:28Karena iman maka ia mengadakan Paskah dan pemercikan darah, supaya pembinasa anak-anak sulung jangan menyentuh mereka.

Musa melakukan apa yang TUHAN perintahkan. Apakah anda melakukan perintah TUHAN?

Ibrani 11:29Karena iman maka mereka telah melintasi Laut Merah sama seperti melintasi tanah kering, sedangkan orang-orang Mesir tenggelam, ketika mereka mencobanya juga.

YAHWEH membuat laut Merah terbelah sehingga ada tanah kering untuk jalan bangsa Israel. Namun ketika bangsa Mesir yang menginjak tanah kering itu, air laut Merah menenggelamkan mereka. YESHUA juga membentangkan tanah kering untuk kita, umatNYA, yaitu penderitaan Kristen. Bahwa penderitaan Kristen adalah jalan untuk mendapatkan hidup yang kekal, sedangkan kesenangan dunia adalah jalan yang menuju ke neraka.

Mat. 7:13Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya;

Ibrani 11:30Karena iman maka runtuhlah tembok-tembok Yerikho, setelah kota itu dikelilingi tujuh hari lamanya.

Bangsa Israel meruntuhkan tembok kota Yerikho bukan dengan bom, tapi dengan tiupan sangkakala. YESHUA juga mengajarkan kita untuk mengalahkan musuh dengan kasih, bukan dengan hukum.

Mat. 5:39Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.

Ibrani 11:31Karena iman maka Rahab, perempuan sundal itu, tidak turut binasa bersama-sama dengan orang-orang durhaka, karena ia telah menyambut pengintai-pengintai itu dengan baik.

Rahab, pelacur yang menyembunyikan orang-orang Yahudi yang diburu oleh raja Yerikho karena telah memata-matai kota itu. Atas jasanya itu YAHWEH menyelamatkannya dari pembinasaan. Rahab, orang Yerikho itu malah melindungi orang Israel yang menjadi musuh bangsanya. Itu memberikan pelajaran tentang keberpihakan. Di pihak manakah anda berdiri? Berdasarkan kebangsaan atau berdasarkan kebenaran?

Apakah anda memusuhi saya karena saya bukan segereja dengan anda? Di pihak manakah anda berdiri?

Ibrani 11:32Dan apakah lagi yang harus aku sebut? Sebab aku akan kekurangan waktu, apabila aku hendak menceriterakan tentang Gideon, Barak, Simson, Yefta, Daud dan Samuel dan para nabi,
11:33yang karena iman telah menaklukkan kerajaan-kerajaan, mengamalkan kebenaran, memperoleh apa yang dijanjikan, menutup mulut singa-singa,

Sekali lagi, pijakan iman adalah bukti. Meyakini apa yang terbukti benar. Bukan keyakinan orang mabuk yang awur-awuran. YAHWEH mendidik kita menjadi orang yang cerdik, yang menggunakan akal pikirannya, bukan perasaannya.

Ibrani 11:34memadamkan api yang dahsyat. Mereka telah luput dari mata pedang, telah beroleh kekuatan dalam kelemahan, telah menjadi kuat dalam peperangan dan telah memukul mundur pasukan-pasukan tentara asing.

Bersama YAHWEH kita diajar untuk melihat sesuatu pada kwalitasnya, bukan pada kwantitasnya. Bukan pada besar atau banyaknya, tapi pada benarnya.

Ibrani 11:35Ibu-ibu telah menerima kembali orang-orangnya yang telah mati, sebab dibangkitkan. Tetapi orang-orang lain membiarkan dirinya disiksa dan tidak mau menerima pembebasan, supaya mereka beroleh kebangkitan yang lebih baik.

Janda di Sarfat menuntut nabi Elia yang telah ditolongnya supaya membangkitkan anaknya yang mati, dan nabi Elia membangkitkannya. Itu juga bentuk imannya janda di Sarfat itu. Artinya, ada orang yang keinginannya dikabulkan oleh YAHWEH, tapi ada pula orang yang harus menjalani penderitaan.

Ibrani
11:36Ada pula yang diejek dan didera, bahkan yang dibelenggu dan dipenjarakan.
11:37Mereka dilempari, digergaji, dibunuh dengan pedang; mereka mengembara dengan berpakaian kulit domba dan kulit kambing sambil menderita kekurangan, kesesakan dan siksaan.
11:38Dunia ini tidak layak bagi mereka. Mereka mengembara di padang gurun dan di pegunungan, dalam gua-gua dan celah-celah gunung.

Iman menyanggupkan orang untuk menjalani penderitaan.

Ibrani
11:39Dan mereka semua tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu, sekalipun iman mereka telah memberikan kepada mereka suatu kesaksian yang baik.
11:40Sebab Allah telah menyediakan sesuatu yang lebih baik bagi kita; tanpa kita mereka tidak dapat sampai kepada kesempurnaan.

"Sebab Allah telah menyediakan sesuatu yang lebih baik bagi kita; tanpa kita mereka tidak dapat sampai kepada kesempurnaan." Contoh-contoh peristiwa di Perjanjian Lama itu adalah untuk membekali kita. Jika bukan untuk membekali kita yang hidup di akhir zaman ini, mereka tak mungkin mencapai kesempurnaan seperti itu.

1Kor. 10:11Semuanya ini telah menimpa mereka sebagai contoh dan dituliskan untuk menjadi peringatan bagi kita yang hidup pada waktu, di mana zaman akhir telah tiba.

Alkitab yang 66 buku ini disiapkan YAHWEH untuk kita. Sebab di zaman Adam masih belum ada sebuah kitabpun. Adam hidup tanpa contoh-contoh, tapi kita hidup dengan banyak contoh dari 66 kitab yang dituliskan selama 1600 tahun. Di zaman Perjanjian Lama masih ada 39 kitab saja, yang 27 kitab Perjanjian Baru masih belum ada. Jadi, kita ini sesungguhnya kaya raya. Karena itu kita harus lebih sempurna dari orang-orang zaman dulu.

4 komentar:

  1. KALAU ANDA MAU TAU INFO TOGEL, KENALKAN NAMA SAYA PAK WARHADIK, KAMI TINGGAL DIKALTIM PEKERJAAN JUAL NASI GORENG, SELAMA KAMI KENAL YANG NAMANYA NYI REKSO SARASWATI NASIB KAMI TIDAK SEPERTI YANG DULUH… KAMI SANGAT BERTERIMA KASIH KEPADA NYI REKSO SARASWATI BERKAT ANGKA YANG DI BERIKANN SAMA BELIAU.DAN ALHAMDULILLAH TEMBUS.DAN KAMI MINTAH ANGKA,4D…


    ANGKA NAIK YAITU,DI.
    6D.SPORTS,TOTO 5D 6D
    SIAPA TAU ANDA SEMUA MAU RASAIN SILAHKAN GABUNG SAMA KAMI,

    DAN KAMI BERSUKUR HASIL PASANG TOGEL TGL,07,07,2014…
    ….
    SEMUA HUTANG HUTANG DLM KELUARGA KAMI KINI DPT TERLUNASI ,KAMI PUN BISA MEMBUKA USAHA KEMBALI,WALAUPUN ITU DGN CARA PASANG TOGEL, ITU MERUPAKAN RESKI BAGI KAMI SE- KELUARGA ,JADI YG SERING KALAH DLM PERMAINAN TOGEL HUBUNGI NYI REKSO SARASWATI /SMS KE NMR INI,082322216958—KESUSAHAN ANDA DALAM MAIN
    TOGEL DI,JAMIN [5] KALI PUTARAN… NYI REKSO SARASWATI Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada NYI REKSO SARASWATI yang telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau kami sekarang udah hidup tenang..sudah tidak di kejar-kejar hutang…Kami di berikan Angka Ritual Ghoib Dari NYI REKSO SARASWATI yang sangat sangat Jitu 100%…hingga kami sekarang merasa tenang lagi…terima kasih NYI…Jika Anda ada yang merasa kesulitan masalah Nomer Toto apaka 2D.3D.4D.5D.6D.itu semua terserah anda, silahkan HBG ATAU SMS Aja NYI REKSO SARASWATI
    …di nmr HP [082322216958]pasti anda akan merasakan apa yg selama ini kami rasakan…Salam Bahagia dan Sukses..!!

    DENGAN ANGKA GOIB ,ATAU ANGKA RITUAL// ANGKA MAHLUK HALUS….
    KLIK DISINI
    angka;GHOIB: singapur
    angka;GHOIB: hongkong
    angka;GHOIB; malaysia
    angka;GHOIB; toto magnum 4d
    angka"GHOIB; laos…
    angka"GHOIB; macau
    angka"GHOIB; sidney
    angka"GHOIB: vietnam

    BalasHapus
    Balasan
    1. PENGAKUAN SAYA BERSAMA KELUARGAKU INI BUKAN CERITA ATAU PUN REKAYASA BENER-BENER TERBUKTI SAMA SAYA.

      Terima kasih sebesar-besarnya yang kami ucapkan kepada mbah warjoh yang telah memberikan keberhasilan dan keberuntungan bagi keluarga saya.berkat bantuan beliau saya sekarang sudah hidup tenang karena suamiku sudah punya usaha tambak yang luasnya sekitar 5 hektar kurang lebih. begitupun juga saya dirumah buka warung sembakau dan sekarang pun saya sekeluarga tidak di kejar-kejar hutang lagi. mulanya keluarga Kami di berikan angka gaib hasil ritual dari mbah warjoh yang sangat Jitu 100% dijamin tembus.sehingga keluarga saya sekarang merasa tenang lagi.sekali lagi terima kasih mbah jasamu dikeluarga saya tidak akan terlupakan.Jika anda butuh angka gaib hasil ritual mbah warjoh silahkan Tanyakan aja Pada mbah dinomer hp beliau di: 0851 4534 4218 atau silahkan KLIK DISINI Terima kasih.


      Hapus
    2. KISAH NYATA DARI SAYA BPK.KARTA BUKAN REKAYASA INI BETUL2 NYATA DIKELUARGA KAMI.
      Assalamualaikum wr.wb,saya BPK.KARTA seorang buruh tani di madium jawa timur ingin mengucapka banyak terimah kasih kepada KI WARSA atas bantuan AKI. kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan KI WARSA pula yang telah memberikan angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D dan alhamdulillah telah berhasil memenangkan 5x berturut turut tembus.sekali lagi makasih yaa AKI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 ribu dan akhirnya saya menang.Berkat angka gaib hasil ritual AKI WARSA saya sudah buka usaha matreal di jakarta dan istri saya juga buka butyk baju dimall mangga dua. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan HUB/SMS AKI WARSA di nomor hpnya di: 0852 4968 9269 atau KLIK DISINI dan ramalan AKI WARSA memang memiliki ramalan GAIB” yang dijamin 100% tembus.
      KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA MAKANYA NAMA BELIAU SAYA CANTUNKAN DI INTERNET…

      *angka ritual gaib singapura

      *angka ritual gaib hongkong

      *angka ritual gaib malyaisia

      *angka ritual gaib sidney

      *angka ritual gaib kuda lari.

      Hapus
  2. Saya sekeluarga mengucapkan banyak trima kasih kepada AKI MUPENG karena atas bantuannyalah saya bisa menang togel dan nomor gaib hasil ritual yang di berikan AKI MUPENG bener-bener dijamin tembus dan saat sekarang ini kehidupan saya sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya itu semua berkat bantuan AKI kini hutang-hutang saya sudah pada lunas semua dan.sekarang saya sudah buka usaha sendiri. jika anda mau bukti bukan rekayasa silahkan hubungi/sms AKI MUPENG di 0852 9445 0976, atau KLIK DISINI, insya allah angka beliau di jamin tembus dan beliau akan menbantu anda selama 3x putaran berturut-turut akan memenangkan angka togel dan ingat kesempatan tidak datang 2x,trima kasih.

    BalasHapus