Minggu, 13 Maret 2016

TUJUH JEMAAT DALAM TUJUH ZAMAN

Wahyu
1:1Inilah wahyu Yesus Kristus, yang dikaruniakan Allah kepada-Nya, supaya ditunjukkan-Nya kepada hamba-hamba-Nya apa yang harus segera terjadi. Dan oleh malaikat-Nya yang diutus-Nya, Ia telah menyatakannya kepada hamba-Nya Yohanes.

Itu adalah Firman TUHAN YESUS dari sorga yang disampaikan kepada rasul Yohanes yang dalam pembuangan di pulau Patmos, sekitar tahun 90 - 95 Tarikh Masehi. Rasul Yohanes inilah yang dinubuatkan belum akan mati sebelum melihat Kerajaan ALLAH. Jika para rasul yang lainnya mati syahid di tahun 70-an, rasul Yohanes masih hidup hingga di akhir abad pertama, sekalipun dalam perjalanan kerasulannya pernah digoreng di dalam minyak mendidih. Dialah rasul yang paling tua.

Yoh. 21:23Maka tersebarlah kabar di antara saudara-saudara itu, bahwa murid itu tidak akan mati. Tetapi Yesus tidak mengatakan kepada Petrus, bahwa murid itu tidak akan mati, melainkan: "Jikalau Aku menghendaki supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu."

Di tahun 95-an itulah TUHAN YESUS menubuatkan perjalanan jemaatNYA, dari mulai awal jemaat Kristen dibentuk tahun 27 hingga kedatangan TUHAN YESUS keduakalinya, yang tak lama lagi. TUHAN YESUS membaginya dalam 7 zaman yang memiliki karakter tertentu, dan melambangkannya dari kehidupan tujuh jemaat di tujuh kota yang ada pada zaman itu. Jadi, kondisi tujuh jemaat pada waktu itu dipergunakan untuk menubuatkan jemaat di tujuh zaman.

Wahyu
1:11katanya: "Apa yang engkau lihat, tuliskanlah di dalam sebuah kitab dan kirimkanlah kepada ketujuh jemaat ini: ke Efesus, ke Smirna, ke Pergamus, ke Tiatira, ke Sardis, ke Filadelfia dan ke Laodikia."

Kelihatannya jemaat-jemaat itu adalah jemaat bentukan rasul Paulus, yakni jemaat yang terdiri dari orang-orang non Yahudi.

1. Jemaat EFESUS: Wahyu 2:1-7:

Di sini TUHAN YESUS membawa tujuh bintang dan berjalan di antara tujuh kaki dian, menyatakan kuasanya atas tujuh jemaat dan atas tujuh zaman.

Efesus adalah kota kedua yang terbesar setelah kota Roma.

a. Jemaat yang berdiri teguh menentang kejahatan yang menelanjangi rasul-rasul palsu. Artinya jemaat yang berdiri di atas kebenaran.

b. Jemaat yang menderita aniaya oleh sebab nama YESUS.

c. Namun kelemahan jemaat ini adalah kehilangan kasihnya. Mungkin terbawa oleh sikap kerasnya menentang kejahatan sehingga rasa kasihnya terabaikan.

Wahyu
2:5Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan. Jika tidak demikian, Aku akan datang kepadamu dan Aku akan mengambil kaki dianmu dari tempatnya, jikalau engkau tidak bertobat.

d. TUHAN YESUS membenci pengikut Nikolaus;

Wahyu
2:6Tetapi ini yang ada padamu, yaitu engkau membenci segala perbuatan pengikut-pengikut Nikolaus, yang juga Kubenci.

Siapakah Nikolaus?

Kisah
6:1Pada masa itu, ketika jumlah murid makin bertambah, timbullah sungut-sungut di antara orang-orang Yahudi yang berbahasa Yunani terhadap orang-orang Ibrani, karena pembagian kepada janda-janda mereka diabaikan dalam pelayanan sehari-hari.
6:2Berhubung dengan itu kedua belas rasul itu memanggil semua murid berkumpul dan berkata: "Kami tidak merasa puas, karena kami melalaikan Firman Allah untuk melayani meja.
6:3Karena itu, saudara-saudara, pilihlah tujuh orang dari antaramu, yang terkenal baik, dan yang penuh Roh dan hikmat, supaya kami mengangkat mereka untuk tugas itu,
6:4dan supaya kami sendiri dapat memusatkan pikiran dalam doa dan pelayanan Firman."
6:5Usul itu diterima baik oleh seluruh jemaat, lalu mereka memilih Stefanus, seorang yang penuh iman dan Roh Kudus, dan Filipus, Prokhorus, Nikanor, Timon, Parmenas dan Nikolaus, seorang penganut agama Yahudi dari Antiokhia.

Nikolaus memiliki latar belakang agama Yahudi. Mungkin latar belakang inilah yang membuat Nikolaus menyimpang dari kebenaran sebagaimana orang-orang Yahudi Kristen pada waktu itu yang menuntut orang-orang non Yahudi disunat. Mereka ini merupakan penghalang terbesar bagi masuknya orang-orang Kristen dari bangsa-bangsa lain.

Kisah
15:1Beberapa orang datang dari Yudea ke Antiokhia dan mengajarkan kepada saudara-saudara di situ: "Jikalau kamu tidak disunat menurut adat istiadat yang diwariskan oleh Musa, kamu tidak dapat diselamatkan."

Jemaat Efesus memiliki rentang antara tahun 70 - 160 Tarikh Masehi. Di Wahyu 6 digambarkan dengan kuda berwarna putih, artinya suci, yang penunggangnya memegang panah, artinya menentang kejahatan, dan jemaat mula-mula ini menang.

Wahyu
6:2Dan aku melihat: sesungguhnya, ada seekor kuda putih dan orang yang menungganginya memegang sebuah panah dan kepadanya dikaruniakan sebuah mahkota. Lalu ia maju sebagai pemenang untuk merebut kemenangan.


2. Jemaat SMIRNA: Wahyu 2:8-11.

Di sini TUHAN YESUS menyatakan Diri sebagai Alfa dan Omega, artinya yang memiliki awal dan memiliki akhir, TUHAN YESUS adalah ciptaan ALLAH, sebagai penangkal terhadap masuknya doktrin Trinitas yang menyatakan YESUS itu ALLAH.

a. Jemaat yang benar-benar sangat menderita; penderitaan fisik dan kemiskinan. Namun TUHAN YESUS menyebut jemaat ini sebagai jemaat yang kaya, jemaat yang kuat sekali imannya.

b. Jemaat ini menerima fitnahan kejam dari orang-orang Yahudi yang anti Kristen.

c. Banyak jemaat yang dipenjarakan dan mati syahid oleh sebab nama YESUS.

Smirna dari kata Smurna atau myrrh yang artinya mur atau semacam wangi-wangian. Jemaat yang mengharumkan nama YESUS, yang mewakili periode tahun 160 hingga 324, munculnya Konstantin Agung. Di Wahyu 6 digambarkan dengan kuda berwarna merah padam dengan pedang di tangan, artinya pertentangan;

Wahyu
6:4Dan majulah seekor kuda lain, seekor kuda merah padam dan orang yang menungganginya dikaruniakan kuasa untuk mengambil damai sejahtera dari atas bumi, sehingga mereka saling membunuh, dan kepadanya dikaruniakan sebilah pedang yang besar.

Pertentangan besar antara Yahudi dengan Kristen inilah yang memicu kaisar Konstantin Agung mencampuri keagamaan dan berusaha menyatukan agama dengan pemerintahan, yang dikemudian hari menjadi Kepausan.


3. Jemaat PERGAMUS: Wahyu 2:12-17.

Di sini TUHAN YESUS membawa pedang bermata dua, artinya menusuk ke kiri dan ke kanan, lahir dan bathin, menguji fisik dan iman jemaat di zaman Pergamus.

Ibrani
4:12Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.

Suatu ujian berat bagi jemaat di zaman Pergamus ini; ujian bagi ajaran dan bagi ketahanan fisik mereka.

a. Jemaat yang memakai nama YESUS atau nama Kristen tapi sesungguhnya adalah jemaat iblis. Itulah gereja Roma Katolik yang dirintis oleh kaisar Konstantin Agung.

Matius
24:15"Jadi apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat kudus, menurut firman yang disampaikan oleh nabi Daniel--para pembaca hendaklah memperhatikannya--

Pembinasa keji yang berdiri di Kristen.

b. TUHAN YESUS membanggakan Antipas, saksi setiaNYA yang dibunuh di kota Pergamus, kota kegelapan.

c. Di antara jemaat Kristen ada yang berlaku seperti Bileam yang berusaha menyesatkan orang Kristen, itulah kaisar Konstantin Agung yang mengaku bertobat menjadi Kristen, namun yang sesungguhnya mempunyai maksud menyesatkan orang Kristen.

d. Ada juga pengikut Nikolaus, yaitu yang berusaha mencampurkan ajaran Yahudi dengan ajaran Kristen.

Bahwa di Kristen ada dua serangan;

>> Ajaran Yahudi dicampur dengan ajaran Kristen - Nikolaus.

>> Ajaran kafir dicampur dengan ajaran Kristen - Konstantin Agung.

Di zaman ini kita perlu mewaspadai kelompok Zionis - kota Sion/Yerusalem, yakni orang-orang Yahudi yang berusaha mengembalikan kejayaan raja Daud, dan Kepausan Vatikan. Di Amerika Serikat, konggresnya dikuasai oleh Zionis, sedangkan pemerintahan atau presidennya dikuasai oleh Vatikan.

Pergamus artinya adalah kawin. Bahwa Kekristenan berusaha dikawinkan dengan ajaran-ajaran duniawi, yang mewakili periode tahun 325 - 538 Tarikh Masehi. Tahun 325 menandai awal dikuasainya Kekristenan melalui Konsili Nicea I, dikuasai secara ajarannya, sedangkan tahun 538 merupakan permulaan kuasa Kepausan selama 1260 tahun, dikuasai secara fisik. Wahyu 6 menggambarkannya dengan seekor kuda berwarna hitam, artinya zaman kegelapan yang akan berlangsung selama 1260 tahun: 538 hingga 1798 Tarikh Masehi.

Wahyu
6:5Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang ketiga, aku mendengar makhluk yang ketiga berkata: "Mari!" Dan aku melihat: sesungguhnya, ada seekor kuda hitam dan orang yang menungganginya memegang sebuah timbangan di tangannya.
6:6Dan aku mendengar seperti ada suara di tengah-tengah keempat makhluk itu berkata: "Secupak gandum sedinar, dan tiga cupak jelai sedinar. Tetapi janganlah rusakkan minyak dan anggur itu."

Penunggangnya membawa timbangan, artinya ajaran yang membingungkan, antara kebenaran dengan kesalahan menjadi tak jelas.

"Secupak gandum sedinar"

Mat. 20:2Setelah ia sepakat dengan pekerja-pekerja itu mengenai upah sedinarsehari, ia menyuruh mereka ke kebun anggurnya.

Upah kerja sehari hanya cukup untuk membeli seliter gandum. Jika upah harian pekerja sekarang ini Rp. 75.000,- maka itulah harga beras sekilo saat ini. Artinya hidup hanya untuk makan saja tak bisa membeli apa-apa selain makan saja. Itu menggambarkan kosongnya keadaan jiwa-jiwa orang Kristen. Gereja Kristen tak ada kebenarannya sama sekali.

TUHAN YESUS berharap supaya Kekristenan jangan sampai kehilangan minyak - ROH KUDUS, dan anggur - TUHAN YESUS. Kenyataan membuktikan gereja Katolik kehilangan ROH KUDUS dan menyejajarkan TUHAN YESUS dengan bunda Maria, sehingga TUHAN YESUS tidak ada lagi harganya di Katolik.

Dan kerusakan gereja Katolik ini diikuti oleh anak-anaknya, yakni gereja-gereja Minggu saat ini. Kristen menjadi gereja kegelapan.


4. Jemaat TIATIRA; Wahyu 2:18-29.

Di sini TUHAN YESUS mataNYA bagaikan nyala api dan kakiNYA bagaikan tembaga, menyatakan kemarahanNYA. TUHAN YESUS marah besar terhadap gereja Kristen.

a. TUHAN YESUS tahu segala liku-liku gereja Roma Katolik.

b. Di saat menjelang berakhirnya kuasa Kepausan, terjadi reformasi gereja oleh Martin Luther, tahun 1517 Tarikh Masehi.

c. Tapi sekalipun terjadi reformasi gereja, nyatanya gereja-gereja Kristen yang ada, hasil reformasi tersebut masih tetap menyesatkan sekali. Tentang hal ini paus Vatikan mengatakan: "Anak durhaka yang lari dari rumah tapi masih membawa seikat rambut ibunya." Artinya, sekalipun keluar dari Katolik, gereja-gereja Kristen masih saja serupa dengan Katolik.

d. TUHAN YESUS menimpakan berbagai penyakit dan kesukaran atau problem ke orang-orang Kristen. Sebab jika ada kebenaran dalam Kristen, maka mukjizat-mukjizat TUHAN pasti terjadi di Kristen. Tapi orang Kristen telah menjadi sama dengan orang dunia lainnya, sakit berharapnya pada dokter, bukan pada TUHAN.

e. Keguguran kandungan atau kematian anak-anak merupakan salah satu tanda dari kemarahan besar TUHAN YESUS. Tapi orang-orang Kristen yang buta itu menganggap hal-hal itu sebagai sesuatu yang wajar, bukan hukuman TUHAN.

f. TUHAN YESUS mensyaratkan asal tidak seperti gereja-gereja Minggu itu, cukuplah! TUHAN YESUS tidak mau menambahkan beban yang lainnya. Asal beda saja dari gereja-gereja Minggu itu;

Why. 12:17Maka marahlah naga itu kepada perempuan itu, lalu pergi memerangi keturunannya yang lain, yang menuruti hukum-hukum Allah dan memiliki kesaksian Yesus.

Tanda keturunan yang lain itu adalah menuruti 10 Perintah ALLAH dan memiliki kesaksian YESUS, yaitu nubuatan Daniel dan Wahyu - Roh nubuat, wahyu 19:10.


g. "Apa yang ada padamu, peganglah sampai AKU datang." TUHAN YESUS menuntut kesetiaan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh agar tidak menambah atau mengurangi dari yang ada pada mereka. Namun nyatanya gereja ini juga tidak setia.

Wahyu 6 menggambarkannya dengan kuda berwarna hijau kuning, artinya warna yang campur-baur, ajaran yang tidak jelas, dengan penunggangnya bernama maut. Itu mewakili periode tahun 538 hingga 1517 Tarikh Masehi, terjadinya reformasi gereja oleh Martin Luther. Sejarah mencatatnya sebagai zaman kegelapan.


5. Jemaat SARDIS; Wahyu 3:1-6.

Di sini TUHAN YESUS menyatakan kuasa kebenaranNYA atas tujuh jemaat. Bahwa hanya pada TUHAN YESUS saja ada kebenaran.

a. Jemaat sepertinya hidup, padahal sesungguhnya mati. Gereja teori doank. Namanya saja Kristen, sedangkan ajarannya ajaran keduniawian.

b. Tak ada yang benar dari semua ajarannya.

c. Jemaat harus kembali ke Alkitab sebagaimana semangat reformasi gereja: "Alkitab dan hanya Alkitab saja."

d. Ada sebagian kecil umat yang benar, yakni jemaat yang tersisihkan dari gereja formal, yakni umat yang memilih hidup menderita, tinggal di hutan-hutan atau gua-gua, menjauh dari jangkauan Kepausan.

Ibr. 11:38Dunia ini tidak layak bagi mereka. Mereka mengembara di padang gurun dan di pegunungan, dalam gua-gua dan celah-celah gunung.

Wahyu 6 menggambarkan tentang jiwa-jiwa yang mati syahid demi kesetiaannya pada kebenaran. Itu mewakili periode kuasa Kepausan antara tahun 538 hingga 1798 Tarikh Masehi, khususnya antara abad 16 - 18. Selama 1260 tahun itu Kepausan telah membunuh 50 jutaan orang Kristen yang setia pada kebenaran.

Wahyu
6:9Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang kelima, aku melihat di bawah mezbah jiwa-jiwa mereka yang telah dibunuh oleh karena firman Allah dan oleh karena kesaksian yang mereka miliki.
6:10Dan mereka berseru dengan suara nyaring, katanya: "Berapa lamakah lagi, ya Penguasa yang kudus dan benar, Engkau tidak menghakimi dan tidak membalaskan darah kami kepada mereka yang diam di bumi?"
6:11Dan kepada mereka masing-masing diberikan sehelai jubah putih, dan kepada mereka dikatakan, bahwa mereka harus beristirahat sedikit waktu lagi hingga genap jumlah kawan-kawan pelayan dan saudara-saudara mereka, yang akan dibunuh sama seperti mereka.

Daniel
7:25Ia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang Mahatinggi, dan akan menganiaya orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi; ia berusaha untuk mengubah waktu dan hukum, dan mereka akan diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.


6. Jemaat FILADELFIA; Wahyu 3: 7 - 13.

Di sini TUHAN YESUS menyatakan memegang kunci Daud yang berkuasa untuk membuka maupun menutup.

a. Jemaat di zaman ini adalah jemaat yang lemah tak berdaya, namun yang menuruti segala ajaran TUHAN YESUS. Mereka lemah karena tersingkirkan dari kehidupan duniawi. TUHAN YESUS menjanjikan keselamatan untuk mereka.

b. Di zaman inilah TUHAN YESUS melemahkan kekuatan Zionis sehingga tidak lagi mengganggu Kekristenan.

>> Gereja Kristen terbebas dari kuasa Kepausan maupun Zionis, sebagaimana yang bisa kita lihat saat sekarang Kristen bisa merdeka dan mempunyai kekuatan sendiri.

Wahyu 6 menunjukkan terjadinya tanda-tanda dari alam, menandai berakhirnya kuasa Kepausan di tahun 1798 Tarikh Masehi.

Wahyu
6:12Maka aku melihat, ketika Anak Domba itu membuka meterai yang keenam, sesungguhnya terjadilah gempa bumi yang dahsyat dan matahari menjadi hitam bagaikan karung rambut dan bulan menjadi merah seluruhnya bagaikan darah.
6:13Dan bintang-bintang di langit berjatuhan ke atas bumi bagaikan pohon ara menggugurkan buah-buahnya yang mentah, apabila ia digoncang angin yang kencang.

Mat. 24:29"Segera sesudah siksaan pada masa itu, matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya dan bintang-bintang akan berjatuhan dari langit dan kuasa-kuasa langit akan goncang.

>> 19 Mei 1780: matahari gelap dan bulan berwarna merah.

>> 13 November 1833: bintang-bintang berjatuhan.


7. Jemaat LAODIKIA; Wahyu 3:14-22.

Di sini TUHAN YESUS menyatakan DiriNYA adalah permulaan ciptaan ALLAH, sebagai perlawanan terhadap ajaran Trinitas yang menyatakan YESUS itu YAHWEH/ALLAH.

a. Jemaat yang suam-suam kuku, melarat, malang, miskin, buta dan telanjang. Jemaat yang terancam akan dimuntahkan dari mulut TUHAN YESUS.

Jemaat yang sudah di mulut TUHAN, artinya jemaat yang benar, jemaat yang bisa diterima oleh TUHAN YESUS karena jemaat ini telah kembali ke 10 Hukum ALLAH. Tapi sayang rupanya gereja ini mengandung racun, mengandung ajaran yang menyesatkan sehingga harus dimuntahkan.

b. TUHAN YESUS berharap Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh bersedia menerima teguran atas kesalahan-kesalahannya. Sebab TUHAN mengasihi gereja ini.

Wahyu 6 dilanjutkan hingga ke pasal 10, pembukaan meterai yang ketujuh, menandai dibukanya segala rahasia TUHAN di kitab Daniel dan Wahyu. Jika dalam nubuatan 2300 petang dan pagi, pada kitab Daniel, dikatakan bahwa TUHAN akan memulihkan jemaatNYA; 457 Sebelum Masehi hingga 1844 Tarikh Masehi. Di tahun 1844 itulah Ny. Ellen G. White melanjutkan "terang" Williem Miller dan mendirikan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh[diresmikan tahun 1863 Tarikh Masehi].

Dan. 8:14Maka ia menjawab: "Sampai lewat dua ribu tiga ratus petang dan pagi, lalu tempat kudus itu akan dipulihkan dalam keadaan yang wajar."

Wahyu
10:2Dalam tangannya ia memegang sebuah gulungan kitab kecil yang terbuka. Ia menginjakkan kaki kanannya di atas laut dan kaki kirinya di atas bumi,

Kebenaran ALLAH disingkapkan tahun 1844 Tarikh Masehi kepada Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, sehingga di dunia Kristen ada gereja yang mewadahi umat kebenaran secara resminya di antara gereja-gereja Minggu;

Ibrani
4:9Jadi masih tersedia suatu hari perhentian, hari ketujuh, bagi umat Allah.
4:10Sebab barangsiapa telah masuk ke tempat perhentian-Nya, ia sendiri telah berhenti dari segala pekerjaannya, sama seperti Allah berhenti dari pekerjaan-Nya.

Bagi umat ALLAH telah tersedia hari perhentian yang Alkitabiah, yakni hari ketujuh, di Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh!

3 komentar:

  1. KISAH NYATA DARI SAYA BPK.KARTA BUKAN REKAYASA INI BETUL2 NYATA DIKELUARGA KAMI.
    Assalamualaikum wr.wb,saya BPK.KARTA seorang buruh tani di madium jawa timur ingin mengucapka banyak terimah kasih kepada KI WARSA atas bantuan AKI. kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan KI WARSA pula yang telah memberikan angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D dan alhamdulillah telah berhasil memenangkan 5x berturut turut tembus.sekali lagi makasih yaa AKI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 ribu dan akhirnya saya menang.Berkat angka gaib hasil ritual AKI WARSA saya sudah buka usaha matreal di jakarta dan istri saya juga buka butyk baju dimall mangga dua. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan HUB/SMS AKI WARSA di nomor hpnya di: 0852 4968 9269 atau KLIK DISINI dan ramalan AKI WARSA memang memiliki ramalan GAIB” yang dijamin 100% tembus.
    KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA MAKANYA NAMA BELIAU SAYA CANTUNKAN DI INTERNET…

    *angka ritual gaib singapura

    *angka ritual gaib hongkong

    *angka ritual gaib malyaisia

    *angka ritual gaib sidney

    *angka ritual gaib kuda lari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sekeluarga mengucapkan banyak trima kasih kepada AKI MUPENG karena atas bantuannyalah saya bisa menang togel dan nomor gaib hasil ritual yang di berikan AKI MUPENG bener-bener dijamin tembus dan saat sekarang ini kehidupan saya sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya itu semua berkat bantuan AKI kini hutang-hutang saya sudah pada lunas semua dan.sekarang saya sudah buka usaha sendiri. jika anda mau bukti bukan rekayasa silahkan hubungi/sms AKI MUPENG di 0852 9445 0976, atau KLIK DISINI, insya allah angka beliau di jamin tembus dan beliau akan menbantu anda selama 3x putaran berturut-turut akan memenangkan angka togel dan ingat kesempatan tidak datang 2x,trima kasih.

      Hapus
    2. Hal yang tidak pernah terbayankan kini jadi kenyataan kepada keluargaku,,,kusus untuk AKI SANTOJOYO kami ucapkan banyak terimakasih yang sebesar-besarnya kepada aki. karena berkat bantuannya alhamdulillah keluarga kami bisa lepas dari hutang dan masalah, karena nomor “GAIB” untuk pasang togel, hasil ritual AKI SANTOJOYO memang benar-bener merubah nasib kami hanya sekejap,dan disitulah aku berkesempatan kumpulkan uang untuk buka usaha kembali,karena rumah juga sudah disita bank,,warung makan juga sudah bangkrut,,tapi itu semua aku masih tetap bertahan hidup dengan anak istriku,,walau cuma ngontrak tapi aku tetap bersabar dan akhirnya AKI SANTOJOYO lah yang bisa merubah nasib kami..maka dari itu AKI SANTOJOYO orang paling bersejarah di keluargaku…!!!jadi kepada teman-teman yang di lilit hutang dan ingin merubah nasib seperti saya silahkan hub AKI SANTOJOYO di nomor: 085211599919 atau silahkan KLIK DISINI dan dengan penuh harapan yakin dan percaya insya allah apa yang anda ingingkan pasti tercapai.

      Hapus