Senin, 29 Februari 2016

XXII. PERAYAAN PASKAH

Paskah menurut Keluaran 12:

1. Tahun baru. Jika disinkronkan dengan penanggalan kita sekarang jatuh pada 1 Maret. Tapi tahun baru yang kita ikuti sekarang ini bertanggal 1 Januari. Kita tidak pernah mengatakan hari Paskah sebagai tahun baru kita, melainkan kita memisahkannya hari Paskah sendiri, hari tahun baru sendiri. Dari sini saja sudah merupakan sebuah kekeliruan.

"Merry Chrismast & Happy New Year" - Natal kita pasangkan dengan tahun baru Gregorius, yang baik tanggal Natalnya maupun tanggal tahun barunya sama-sama tanggal yang tidak Alkitabiah.

2. Tanggal 10 hingga tanggal 24 Maret[selama 14 hari] bangsa Israel harus mengurung seekor domba setiap keluarga. Tidak ada perintah merayakan Paskah dengan telor ayam seperti sekarang ini. Lebih parah lagi perayaan Paskah gereja-gereja sekarang ini difokuskan sebagai pesta anak-anak Sekolah Minggu. Tidakkah yang demikian ini merupakan penghinaan yang terberat yang dilakukan oleh gereja-gereja?!

3. Pada tanggal 24 Maret waktu senja, yakni menjelang matahari terbenam, domba itu harus disembelih. Darahnya dipercikkan ke ambang pintu rumah sedangkan dagingnya harus dimakan pada malam itu juga. Itu melambangkan kematian YESUS. Jam 3 sore YESUS mati, sebelum matahari terbenam YESUS dikuburkan.

4. Cara memakannya:

Keluaran 11. Dan beginilah kamu memakannya: pinggangmu berikat, kasut pada kakimu dan tongkat di tanganmu; buru-burulah kamu memakannya; itulah Paskah bagi TUHAN.

>> Pinggang berikat, berkasut dan memegang tongkat adalah tanda siap melakukan perjalanan jauh yang penting. Itulah Paskah bagi TUHAN!

Jadi, Paskah adalah perjalanan meninggalkan negeri Mesir. Mesir artinya keduniawian. Jika di zaman itu bangsa Israel bersama nabi Musa, kini kita bersama YESUS harus meninggalkan segala keinginan duniawi kita.

4. Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah.

Bangsa Israel harus memakan daging dengan cara terburu-buru dan pada malam itu juga, artinya ALLAH menuntut kita melepaskan keduniawian kita seketika itu juga, tanpa tawar-menawar seperti para murid ketika direkrut TUHAN YESUS;

1Raja-raja 19:
19. Setelah Elia pergi dari sana, ia bertemu dengan Elisa bin Safat yang sedang membajak dengan dua belas pasang lembu, sedang ia sendiri mengemudikan yang kedua belas. Ketika Elia lalu dari dekatnya, ia melemparkan jubahnya kepadanya.
20. Lalu Elisa meninggalkan lembu itu dan berlari mengikuti Elia, katanya: "Biarkanlah aku mencium ayahku dan ibuku dahulu, lalu aku akan mengikuti engkau." Jawabnya kepadanya: "Baiklah, pulang dahulu, dan ingatlah apa yang telah kuperbuat kepadamu."
21. Lalu berbaliklah ia dari pada Elia, ia mengambil pasangan lembu itu, menyembelihnya dan memasak dagingnya dengan bajak lembu itu sebagai kayu api; ia memberikan daging itu kepada orang-orangnya, kemudian makanlah mereka. Sesudah itu bersiaplah ia, lalu mengikuti Elia dan menjadi pelayannya.

Nabi Elisa ketika direkrut menjadi murid nabi Elia hanya meminta ijin mencium ibu-bapaknya saja.

Matius 4:
18. Dan ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat dua orang bersaudara, yaitu Simon yang disebut Petrus, dan Andreas, saudaranya. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan.
19. Yesus berkata kepada mereka: "Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia."
20. Lalu mereka pun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia.

Matius 4:
21. Dan setelah Yesus pergi dari sana, dilihat-Nya pula dua orang bersaudara, yaitu Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, bersama ayah mereka, Zebedeus, sedang membereskan jala di dalam perahu. Yesus memanggil mereka
22. dan mereka segera meninggalkan perahu serta ayahnya, lalu mengikuti Dia.

Matius 8:
21. Seorang lain, yaitu salah seorang murid-Nya, berkata kepada-Nya: "Tuhan, izinkanlah aku pergi dahulu menguburkan ayahku."
22. Tetapi Yesus berkata kepadanya: "Ikutlah Aku dan biarlah orang-orang mati menguburkan orang-orang mati mereka."

Ketika ada murid yang berdalih hendak menguburkan ayahnya, artinya memelihara ayahnya dulu baru mengikut YESUS, TUHAN YESUS tidak berkenan. Biarlah ayahmu itu diurus orang-orang duniawi lainnya.

62. Tetapi Yesus berkata: "Setiap orang yang siap untuk membajak tetapi menoleh ke belakang, tidak layak untuk Kerajaan Allah."

Anda benar-benar niat mengikut YESUS atau tidak? Jika niat mengikut YESUS, ya lepaskanlah segala keinginan duniawimu, jangan setengah-setengah. TUHAN YESUS tidak mau dibuat iseng-iseng.

Lukas 18:
28. Petrus berkata: "Kami ini telah meninggalkan segala kepunyaan kami dan mengikut Engkau."
29. Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang karena Kerajaan Allah meninggalkan rumahnya, isterinya atau saudaranya, orang tuanya atau anak-anaknya,
30. akan menerima kembali lipat ganda pada masa ini juga, dan pada zaman yang akan datang ia akan menerima hidup yang kekal."

37. Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.

Kalau mengasihi TUHAN itu harus dengan segenap hati, segenap jiwa dan dengan segenap akal budi kita.

Paskah sangat tepat dijadikan sebagai tahun baru pribadi kita bersama YESUS;

Keluaran 12:
2. "Bulan inilah akan menjadi permulaan segala bulan bagimu; itu akan menjadi bulan pertama bagimu tiap-tiap tahun.

Di saat TUHAN berfirman itu adalah merupakan bulan-bulannya bangsa Mesir. Artinya bulan yang nggak jelas. Bulan yang tidak jelas itu oleh TUHAN dijadikan sebagai bulan pertama bangsa Israel dengan perkataan: "menjadi permulaan segala bulan bagimu." Sehingga kalau secara harafiahnya itu menunjuk ke tanggal 1 Maret kalender kita, tapi secara rohaninya adalah hari di saat anda mengambil keputusan untuk mengikut YESUS.

Ibrani 3
7. Sebab itu, seperti yang dikatakan Roh Kudus: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya,
8. janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman pada waktu pencobaan di padang gurun,


Jika kita menilik dari arti Paskah sebagaimana yang kita pelajari saat ini, betapa mengerikannya Kekristenan anda. Dari mulai dibaptiskan sebagai orang Kristen hingga sekarang ini anda begitu santai masih berpola hidup keduniawian, dan anda tak merasa bersalah sama sekali. Sangat berbeda dengan nabi Elisa ketika direkrut oleh nabi Elia, langsung di hari itu juga dia meninggalkan rumah, ayah-ibu dan pekerjaannya. Juga sangat berbeda dengan para murid ketika TUHAN YESUS merekrut mereka, mereka langsung meninggalkan segala sesuatunya dan mengikut YESUS. Padahal anda menyebut diri anda sebagai murid YESUS.

Ketika para murid memberitakan Injil, orang-orang yang percaya juga segera memberikan responnya: "Apa yang harus kami perbuat?" Dan PADA HARI ITU juga mereka dibaptiskan; Begitu pula dengan Kornelius maupun sida-sida dari Etiopia, mereka bersegera, pada hari itu juga mereka dibaptiskan.

Kisah 2: 41. Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa.

Dan semua orang yang masuk Kristen, segera pada hari itu juga mereka mempraktekkan ajaran Kristen, sama seperti pada hari kita masuk sekolah, pasti segera kita dikenalkan dengan pelajaran-pelajaran sekolah itu. Mana ada yang ke sekolah tapi membawa mainannya ke sekolah? Hanya di Kristen zaman ini saja orang-orang menyebut dirinya Kristen tapi masih berpola hidup yang serupa dengan orang-orang kafir;

Kisah 2:
44. Dan semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama,
45. dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing.
46. Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati,
47. sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan.


Jadi, arti Paskah adalah meninggalkan keduniawian dan menjadi pengikut TUHAN YESUS;

Matius 19:21. Kata Yesus kepadanya: "Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku."

Di zaman YESUS, ritual Paskah itu telah digantikan dengan Perjamuan Suci atau tepatnya disebut: Perjamuan Malam karena dilakukan di malam hari;

Lukas 22:
7. Maka tibalah hari raya Roti Tidak Beragi, yaitu hari di mana orang harus menyembelih domba Paskah.
8. Lalu Yesus menyuruh Petrus dan Yohanes, kata-Nya: "Pergilah, persiapkanlah perjamuan Paskah bagi kita supaya kita makan."

Jadi, Perjamuan Suci itulah Paskah. Tapi kita memisahkan; ada acara perjamuan suci ada hari raya Paskah. Kacau jadinya. Dan rasul Paulus sudah menyatakan selesainya hari raya Paskah Yahudi dengan matinya YESUS, digantikan dengan Perjamuan Suci;

7. Buanglah ragi yang lama itu, supaya kamu menjadi adonan yang baru, sebab kamu memang tidak beragi. Sebab anak domba Paskah kita juga telah disembelih, yaitu Kristus.

1 komentar:

  1. KISAH NYATA DARI SAYA BPK.KARTA BUKAN REKAYASA INI BETUL2 NYATA DIKELUARGA KAMI.
    Assalamualaikum wr.wb,saya BPK.KARTA seorang buruh tani di madium jawa timur ingin mengucapka banyak terimah kasih kepada KI WARSA atas bantuan AKI. kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan KI WARSA pula yang telah memberikan angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D dan alhamdulillah telah berhasil memenangkan 5x berturut turut tembus.sekali lagi makasih yaa AKI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 ribu dan akhirnya saya menang.Berkat angka gaib hasil ritual AKI WARSA saya sudah buka usaha matreal di jakarta dan istri saya juga buka butyk baju dimall mangga dua. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan HUB/SMS AKI WARSA di nomor hpnya di: 0852 4968 9269 atau KLIK DISINI dan ramalan AKI WARSA memang memiliki ramalan GAIB” yang dijamin 100% tembus.
    KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA MAKANYA NAMA BELIAU SAYA CANTUNKAN DI INTERNET…

    *angka ritual gaib singapura

    *angka ritual gaib hongkong

    *angka ritual gaib malyaisia

    *angka ritual gaib sidney

    *angka ritual gaib kuda lari.

    BalasHapus