Kamis, 25 Februari 2016

XVIII. SEKOLAH THEOLOGIA

Istilah-istilah Kekristenan yang tidak ada di Alkitab:

a. ALLAH Trinitas. Yang ada di Alkitab: ALLAH BAPA dan ANAK ALLAH.

b. ALLAH BAPA. Jika diartikan ALLAH adalah BAPA, ada di Alkitab. Tapi jika diartikan ALLAH yang BAPA, tidak ada di Alkitab. Sebab ALLAH tidak dimulai dari proses bayi, anak-anak, remaja hingga menjadi BAPA.

c. ALLAH ANAK. Yang ada di Alkitab: ANAK ALLAH, bukan ALLAH ANAK.

d. ALLAH ROH KUDUS. Yang ada di Alkitab: ALLAH adalah ROH atau ROH ALLAH.

>> ROH ALLAH menunjuk ke ROH KUDUS ALLAH atau ROH KUDUSNYA, yaitu ROH yang berasal dari DIRI ALLAH.

>> ROHKU menunjuk ke ROH KUDUSNYA.

>> AKU menunjuk ke DIRI ALLAH.

e. Sekolah Theologia. Para nabi dan para utusan ALLAH tidak ada yang sekolah.

f. Pendeta. Yang ada di Alkitab jemaat dipimpin oleh ketua jemaat, bukan pendeta upahan.

g. Penginjil adalah istilah yang awet sepanjang zaman. Dari zaman Alkitab hingga ke zaman ini namanya masih tetap penginjil. Bedanya, jika di zaman Alkitab penginjil dihargai dan terhormat, di zaman ini penginjil diletakkan sebagai kaki tangannya pendeta. Yang tidak ada di Alkitab diunggulkan sedangkan yang ada di Alkitab disingkirkan.


Di Kristen, gelar pendeta bisa didapatkan dari 2 jalur. Kristen aliran Pantekosta pendetanya hanya lulusan seminar antara 3 - 6 bulan, sedangkan dari aliran Protestan pendetanya minimal sarjana theologia atau S1.
Pendeta aliran Pantekosta tidak menerima gajian. Dia harus memulai kariernya sebagai penginjil dengan kehidupan yang terlunta-lunta, sering terpaksa harus tipu sana tipu sini, utang sana utang sini.

Apa yang saya uangkapkan adalah kebenaran, bukan fitnah! Tapi itu di zaman 20 tahunan yang lalu. Mungkin sekarang sudah lebih baik, entahlah!

Kalau pendeta-pendeta Protestan begitu ditempatkan langsung menerima gaji yang cukup. Di sini dikenal tempat basah dan tempat kering sebagaimana yang umum di pejabat pemerintahan. Dan tidak perlu heran jika masalah penempatan selalu berkaitan dengan suap-menyuap. Sebab tempat yang basah, yakni di jemaat yang kaya-kaya dijamin setahun sudah bisa beli rumah dan mobil bagus. Antara pendeta tendang-menendang, sikut-menyikut sudah bukan rahasia lagi. Antara pendeta saling menjatuhkan dan tidak bertegur sapa, itu hal biasa. Sudahlah, tak perlu ditutup-tutupi.

Alasan klasik mereka: "Pendeta adalah manusia biasa", "manusia tak ada yang sempurna." Maka kita harus bertanya, "lalu, siapa yang diajari TUHAN? Setan atau manusia biasa yang tidak sempurna?" Siapa yang diajari membaca dan menulis di sekolah? Anak-anak yang buta huruf atau anak-anak yang tidak buta huruf?
Padahal jika ada jemaat yang bersalah, pendeta selalu menegur dan menasehatinya. Tapi manakala yang harus ditegur dan dinasehati itu mereka, maka merekapun berkelit dengan berbagai macam alasan pembenaran.

Kita jangan terkecoh! Ketidakmampuan mereka sedang mereka operkan ke kesalahan TUHAN, seolah-olah TUHAN telah salah sasaran mengajar, seperti menyuruh orang buta melihat atau orang tuli mendengar atau orang lumpuh berjalan. Manusia memang tak ada yang sempurna. Tapi manusia bisa menghindarkan diri dari kesalahan yang sama. Ketika kelas 1 nilai matematika saya 5. Ketika kelas 2 nilai matematika saya memang masih tetap di angka 5. Tapi ilmunya 'kan sudah berbeda?!


1. APAKAH SEKOLAH THEOLOGIA ITU?

Theo = TUHAN, sedangkan logia = ilmu. Jadi, Theologia adalah ilmu yang mempelajari KETUHANAN.

Ilmu sendiri adalah suatu pengalaman, yakni sesuatu yang pernah kita alami. Saya pernah ke suatu daerah sehingga hafal lika-likunya, maka saya mempunyai ilmu atau pengetahuan tentang daerah itu. Saya pernah membongkar dan memperbaiki kerusakan sepedamotor, maka saya memiliki ilmu di hal permesinan motor. Saya pernah sekolah, maka saya memiliki ilmu membaca dan menulis. Sekolah kedokteran, maka saya memiliki ilmu kedokteran. Sekolah sihir, maka saya memiliki ilmu sihir.

Seorang pendeta adalah seorang yang membayar biaya sekolah kependetaannya dan dianggap sudah memiliki ilmu Ketuhanan. Jadi, seorang pendeta mempunyai ilmu Ketuhanan tapi belum tentu mempunyai iman. Kependetaannya dinilai dari angka-angka raport dan pembayaran uang sekolahnya, bukan didasarkan pada keimanannya. Sebab jika dia mempunyai tunggakan uang sekolahnya, ijasah kependetaannya akan ditahan, maka kependetaannya menjadi terhambat.

Jemaat TUHAN yang harusnya dibentuk dengan iman, karena iman merupakan modal keselamatan Kristen, justru dipimpin oleh seorang yang belum tentu beriman. Seperti apakah jadinya jemaat yang dipimpinnya? Bisa-bisa seperti bus yang sopirnya sedang mabuk.


2. ANTARA ILMU DENGAN HIKMAT

Ilmu belum tentu hikmat, tapi hikmat sudah pasti ilmu. Ilmu dihasilkan dari pembelajaran manusia, sedangkan hikmat merupakan pemberian ALLAH melalui pekerjaan ROH KUDUS.

Ilmu bisa didapatkan melalui usaha-usaha kita, tapi hikmat diberikan ALLAH berdasarkan suka-suka hati ALLAH atau menurut kasih karunianya. Biarpun orang berjungkir-balik tak mungkin mendapatkan hikmat, kecuali orang itu merendahkan diri di hadapan ALLAH dan mengajukan permohonan.

Jadi, ilmu itu duniawi sedangkan hikmat itu ILAHIAH.


3. ILMU MEMBAYAR, HIKMAT GRATIS

Hampir semua ilmu  di dunia ini tidak ada yang gratisan. Tapi hikmat dari ALLAH itu gratis;

Mat. 10:8Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.


4. ILMU ITU PROSES, HIKMAT ITU SEKETIKA

Ilmu didapatkan berdasarkan tahapan-tahapan yang memakan waktu, hikmat didapatkan secara dadakan. Oleh TUHAN, kita bisa dibuat pintar dalam waktu sekejap. 

>> Nabi Musa tanpa sekolah bisa membuat berbagai mukjizat.

>> Orang-orang di Alkitab bisa menyembuhkan orang sakit maupun membangkitkan orang mati tanpa harus sekolah. 

Matius
10:19Apabila mereka menyerahkan kamu, janganlah kamu kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga.
10:20Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu.

 5. DI ALKITAB TAK ADA YANG SEKOLAH THEOLOGIA

Aneh. Jika jemaat bisa mendapatkan pengajaran Kekristenan setiap Minggu secara gratis, mengapa pendeta harus melalui sekolah dan membayar uang sekolah? 

Matius
28:20dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."
 
Mari kita urut dari mulanya:

>> TUHAN YESUS mengajar 12 murid, lalu ke-12 murid itu naik tingkat menjadi guru atau rasul.

>> Ke-12 rasul itu mengajar jemaat, lalu jemaat itu naik tingkat menjadi penginjil.

Jika guru dihasilkan dari murid-muridnya, sama seperti bapak mempunyai anak, anak dewasa menjadi bapak yang mempunyai anak-anak, begitu seterusnya, di mana ada celah buat sekolah kependetaan? Jelas terlihat ada kesengajaan untuk memecahkan jalur, dari satu jalur saja dibuat menjadi dua jalur. Lalu jalur yang baru itu, yaitu jalur kependetaan itu mengkudeta jalur yang semula, sehingga seorang pemimpin haruslah seorang pendeta, tidak bisa lagi berasal dari jemaat biasa.

Seorang guru yang harusnya bisa berasal dari jemaat biasa, kini tidak lagi bisa begitu. Seorang guru haruslah dari lulusan kependetaan. Ini jelas pekerjaan iblis! Apa yang sah dari YESUS ditumbangkan oleh iblis melalui sekolah theologia itu. Yang asli disingkirkan, yang palsu dipasangkan.


6. ANTARA PASTOR DENGAN PENDETA

Kalau pastor atau pastur itu dari bahasa Latin yang artinya gembala. Ini lebih Alkitabiah dari pada istilah pendeta yang berasal dari bahasa Sansekerta, bahasanya agama Hindu: "pandita."

Seandainya pendeta mengenakan gelar pastor, bukan dibelak-belokkan dari pandita menjadi pendeta, umat bisa langsung mengenali mereka sebagai gembala upahan;

Yohanes
10:11Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya;
10:12sedangkan seorang upahan yang bukan gembala, dan yang bukan pemilik domba-domba itu sendiri, ketika melihat serigala datang, meninggalkan domba-domba itu lalu lari, sehingga serigala itu menerkam dan mencerai-beraikan domba-domba itu.
10:13Ia lari karena ia seorang upahan dan tidak memperhatikan domba-domba itu.


Seorang upahan tidak akan bekerja kalau tidak ada upahnya. Jika saya mempunyai sekawanan domba takkan ada yang menggembalakan jika saya tidak memakai gembala upahan. Jika saya hendak membangun rumah takkan terbangun kalau saya tidak memakai tukang bangunan upahan. Jika saya mempunyai sawah takkan ada yang menanami kalau saya tak memakai petani upahan.

Para pendeta itu takkan menjadi pendeta seandainya tidak ada gajiannya. Jadi, mereka sesungguhnya bukanlah pendeta, bukan gembala. Mereka datang karena upah! Padahal dari antara jemaat sebenarnya bisa dijadikan "pendeta" tanpa upah, sebagaimana pak RT memimpin warganya tanpa gajian. - Maaf, dulu pak RT dan pak RW itu tidak digaji. Entah sekarang?!

Alkitab bahasa Latin menggunakan nama: "pastor" diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi "gembala." Jadi, harusnya kita memakai istilah "gembala" bukan "pastor" seperti di Katolik atau "pendeta" seperti di Kristen.

Kalau di gereja-gereja Protestan sebenarnya sudah terstruktur kemajelisan yang diketuai seorang ketua majelis, yang kesemuanya lahir dari jemaat biasa, bukan dari sekolah Theologia. Nah, kehadiran pendeta merupakan tambahan dari yang direferensikan Alkitab. Dan ini memang rancangan iblis untuk membentuk mata rantai supaya antara gereja HKBP[misalnya] yang di Medan dengan HKBP yang di Jakarta menjadi satu kesatuan karena dipersatukan oleh organisasi kependetaan tersebut. Inilah yang membuat barikade yang merintangi masuknya kebenaran.

Padahal rancangan ALLAH adalah supaya masing-masing gereja berdiri sendiri-sendiri. Masing-masing gereja bergantung dari ketua majelisnya. Antara gereja HKBP di Medan tidak ada ikatan dengan yang di Jakarta atau kota-kota lainnya. Supaya jika kebetulan ketua majelis yang di Medan jahat, tidak jahat semuanya. Supaya jika majelis yang di Medan menolak kebenaran tidak berarti gereja-gereja yang lainnya akan ikut menolak. Dengan demikian ruang bagi masuknya pembaruan bisa lebih terbuka lebar. Tapi dengan jaringan seperti sekarang ini membuat semua gereja HKBP satu, menjadi sangat kokoh sekali. Coba bayangkan ratusan ribu atau berjuta-juta orang anggota HKBP keselamatannya ditentukan oleh satu orang saja, yakni kepala pendetanya.

Tapi ALLAH tidak bodoh. Menghadapi jurus iblis tersebut, ALLAH membobolnya melalui internet seperti sekarang ini. Ketika saya tak mungkin  masuk ke gereja HKBP, secara pribadi jemaatnya bisa ketemu saya melalui Facebook. Di sinilah tembok-tembok gereja itu diruntuhkan seperti kena ledakan bom. Pekabaran saya merembes ke berbagai gereja secara liar tanpa bisa dibendung lagi.

Sebagai contoh, sebuah gereja seorang jemaatnya menerima pengajaran saya. Dia mengabarkan ke jemaat lainnya, lalu diundanglah saya berbicara di jemaat tersebut, maka gegerlah jemaat tersebut. Ada yang pro, ada yang kontra. Seperti itulah secara globalnya di Facebook ini.

2 komentar:

  1. Saya sekeluarga mengucapkan banyak trima kasih kepada AKI MUPENG karena atas bantuannyalah saya bisa menang togel dan nomor gaib hasil ritual yang di berikan AKI MUPENG bener-bener dijamin tembus dan saat sekarang ini kehidupan saya sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya itu semua berkat bantuan AKI kini hutang-hutang saya sudah pada lunas semua dan.sekarang saya sudah buka usaha sendiri. jika anda mau bukti bukan rekayasa silahkan hubungi/sms AKI MUPENG di 0852 9445 0976, atau KLIK DISINI, insya allah angka beliau di jamin tembus dan beliau akan menbantu anda selama 3x putaran berturut-turut akan memenangkan angka togel dan ingat kesempatan tidak datang 2x,trima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KISAH NYATA DARI SAYA BPK.KARTA BUKAN REKAYASA INI BETUL2 NYATA DIKELUARGA KAMI.
      Assalamualaikum wr.wb,saya BPK.KARTA seorang buruh tani di madium jawa timur ingin mengucapka banyak terimah kasih kepada KI WARSA atas bantuan AKI. kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan KI WARSA pula yang telah memberikan angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D dan alhamdulillah telah berhasil memenangkan 5x berturut turut tembus.sekali lagi makasih yaa AKI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 ribu dan akhirnya saya menang.Berkat angka gaib hasil ritual AKI WARSA saya sudah buka usaha matreal di jakarta dan istri saya juga buka butyk baju dimall mangga dua. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan HUB/SMS AKI WARSA di nomor hpnya di: 0852 4968 9269 atau KLIK DISINI dan ramalan AKI WARSA memang memiliki ramalan GAIB” yang dijamin 100% tembus.
      KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA MAKANYA NAMA BELIAU SAYA CANTUNKAN DI INTERNET…

      *angka ritual gaib singapura

      *angka ritual gaib hongkong

      *angka ritual gaib malyaisia

      *angka ritual gaib sidney

      *angka ritual gaib kuda lari.

      Hapus