Senin, 15 Februari 2016

X. BERKAT KEKAYAAN

1. Di zaman Perjanjian Lama jika ALLAH mengasihi seseorang dinyatakan dengan berkat kekayaan. Contohnya: Ayub, Abraham, Ishak, Yakub, Daud, Salomo, dan lain-lainnya. Namun demikian bukan berarti tidak ada orang miskin di antara bangsa Israel;

Kel. 22:25Jika engkau meminjamkan uang kepada salah seorang dari umat-Ku, orang yang miskin di antaramu, maka janganlah engkau berlaku sebagai seorang penagih hutang terhadap dia: janganlah kamu bebankan bunga uang kepadanya.

2. Sebagai ALLAH yang tidak ada perubahan padaNYA, Di Perjanjian Barupun tidaklah salah jika ALLAH memberkati seseorang dengan kekayaan. Namun tidak lagi sebagai tanda keistimewaan dan tidak ada contoh orang Perjanjian Baru yang disebut diberkati dengan kekayaan. Yang ada orang-orang itu sudah kaya, seperti Nikodemus, perempuan-perempuan yang melayani YESUS, Yusuf Arimatea, dan lain-lainnya.

3. TUHAN YESUS sendiri dilahirkan pada keluarga miskin, tukang kayu. Para rasul juga hanya nelayan-nelayan biasa.

4. Rasul Petrus yang pernah menanyakan gajinya mengikut YESUS dijanjikan oleh YESUS gaji seratus kali lipat;

Markus
10:29Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang karena Aku dan karena Injil meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, ibunya atau bapanya, anak-anaknya atau ladangnya,
10:30orang itu sekarang pada masa ini juga akan menerima kembali seratus kali lipat: rumah, saudara laki-laki, saudara perempuan, ibu, anak dan ladang, sekalipun disertai berbagai penganiayaan, dan pada zaman yang akan datang ia akan menerima hidup yang kekal.

Seratus kali lipat jika dari UMR, tidakkah itu antara Rp. 200 hingga 300 juta sebulan?! Namun nyatanya hingga matinya YESUS, rasul Petrus tidak berani menanyakan lagi tentang itu. Rasul Petrus semakin mengerti bahwa pekabaran YESUS bukanlah untuk hidup sesaat di dunia ini, melainkan untuk kehidupan kekal sorgawi.

Mat. 16:26Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya?

Apa gunanya bergaji Rp. 200 juta sebulan jika kehilangan nyawanya? TUHAN YESUS bertanya kepada murid-muridNYA;

Lukas
22:35Lalu Ia berkata kepada mereka: "Ketika Aku mengutus kamu dengan tiada membawa pundi-pundi, bekal dan kasut, adakah kamu kekurangan apa-apa?"

TUHAN YESUS tidak pernah memberi uang sepeserpun, tapi apakah mereka pernah mengalami kekurangan sesuatu? Rasul Petrus ingat ketika harus memberi makan ribuan orang hanya dengan modal 5 roti dan 2 ikan bisa tersisa berbakul-bakul. Rasul Petrus juga ingat ketika TUHAN YESUS membutuhkan uang untuk membayar bea Bait Suci, dia disuruh menangkap ikan di danau dan dari mulut ikan terdapat sekeping uang emas. Mukjizat-mukjizat itu semua cukup memberikan pengertian bahwa jika TUHAN YESUS mau, menggaji mereka Rp. 200 juta perbulan perorang bukanlah perkara yang sukar. TUHAN YESUS bisa melakukan sulapan dan uang bermilyar-milyar akan dihujankan dari sorga. Tapi apa gunanya mendapatkan itu semua jika itu membawa kebinasaan?!

Jika rasul Petrus menagih itu, maka TUHAN YESUS menjadi tidak mempunyai utang padanya. Hubungan mereka menjadi putus karena para murid sudah digaji. Disuruh lalu digaji, maka selesailah urusan. Jika hubungan Guru-murid tidak berlanjut di sorga, TUHAN YESUS tidak bersalah karena sudah merasa menggaji mereka. Karena bisa berakibat seperti itu, maka para murid membiarkan diri mereka tidak menerima gajian sama sekali. Biarlah TUHAN YESUS dalam posisi berutang pada mereka, sehingga utang itu pasti dibayarkan dalam bentuk lain yang lebih mulia.

Lukas
16:23Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara di alam maut ia memandang ke atas, dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya.
16:24Lalu ia berseru, katanya: Bapa Abraham, kasihanilah aku. Suruhlah Lazarus, supaya ia mencelupkan ujung jarinya ke dalam air dan menyejukkan lidahku, sebab aku sangat kesakitan dalam nyala api ini.
16:25Tetapi Abraham berkata: Anak, ingatlah, bahwa engkau telah menerima segala yang baik sewaktu hidupmu, sedangkan Lazarus segala yang buruk. Sekarang ia mendapat hiburan dan engkau sangat menderita.

Luk. 6:24Tetapi celakalah kamu, hai kamu yang kaya, karena dalam kekayaanmu kamu telah memperoleh penghiburanmu.

Maukah anda menjadi orang Kristen dengan system gajian? Masuk Kristen dikasih berkat kekayaan, seperti orang yang bersekutu dengan setan-setan, yang mencari "pesugihan" - kekayaan secara ghaib.

Matius
4:8Dan Iblis membawa-Nya pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya,
4:9dan berkata kepada-Nya: "Semua itu akan kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku."

Why. 13:2Binatang yang kulihat itu serupa dengan macan tutul, dan kakinya seperti kaki beruang dan mulutnya seperti mulut singa. Dan naga itu memberikan kepadanya kekuatannya, dan takhtanya dan kekuasaannya yang besar.

Kekayaankah tujuan anda mengikut YESUS, dan jika tidak kaya tidak mau ikut YESUS? Sayang TUHAN YESUS justru menetapkan persyaratan supaya meninggalkan segala hal keduniawian jika hendak menjadi pengikutNYA;

Mat. 19:29Dan setiap orang yang karena nama-Ku meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, bapa atau ibunya, anak-anak atau ladangnya, akan menerima kembali seratus kali lipat dan akan memperoleh hidup yang kekal.

Meninggalkan rumah artinya adalah tidak memberatkan masalah rumah. Banyak orang sekarang ini yang mencita-citakan harus memiliki rumah. Kalau belum punya rumah sendiri merasa belum lengkap sebagai manusia.

Meninggalkan saudaranya artinya tidak memberatkan masalah saudaranya. Jika saudaranya tidak mau masuk Kristen, ya masuklah Kristen sendiri. Jangan saudara dijadikan bahan pertimbangan. Demikian juga dengan bapak, ibu, istri maupun anak-anak jangan sampai menjadi penghalang bagi anda untuk mengikut YESUS dan menuruti segala perintahNYA.

Pernah istri saya berusaha melarang saya menolong tetangga yang sedang kesulitan uang. Saya hardik dia: "Kalau saya selingkuh atau menjadi pencuri, silahkan kamu marahi saya, sebab itu tidak baik. Tapi saya ini menolong orang, melakukan perbuatan baik, mengapa kamu marahi juga? Mengapa kamu persamakan antara perbuatan baik dengan yang tidak baik? Justru harusnya kamu itu memberikan dorongan, bukannya malah menjadi penghalang orang berbuat baik."

Meninggalkan ladang artinya jangan sampai pekerjaan mengikat seluruh waktu anda, sampai-sampai tidak sempat membaca Alkitab, tidak sempat berdoa dan tidak sempat ke pertemuan jemaat. Pendek kata ALLAH harus lebih diutamakan dari semuanya yang ada di dunia ini.

Matius
19:21Kata Yesus kepadanya: "Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku."

TUHAN YESUS tidak melarang anda kaya, tapi TUHAN YESUS lebih suka jika anda mau melepaskan seluruh harta benda anda sebagaimana yang diperbuat jemaat yang mula-mula;

Kisah
4:34Sebab tidak ada seorangpun yang berkekurangan di antara mereka; karena semua orang yang mempunyai tanah atau rumah, menjual kepunyaannya itu, dan hasil penjualan itu mereka bawa
4:35dan mereka letakkan di depan kaki rasul-rasul; lalu dibagi-bagikan kepada setiap orang sesuai dengan keperluannya.

Lukas
19:8Tetapi Zakheus berdiri dan berkata kepada Tuhan: "Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat."
19:9Kata Yesus kepadanya: "Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini, karena orang inipun anak Abraham.

Jadi, ada 2 tingkatan: Tidak melarang kaya dan lebih suka jika kekayaannya itu dilepaskan. Jika anda kaya bisa bijaksana, mengetahui kewajiban-kewajiban sosial anda, mengapa harus dilarang? Tapi jika kekayaan itu menyebabkan anda menjadi semakin jahat, mengapa tidak dilepaskan saja? Bukankah tingkatan yang ke-2, yakni lebih suka dilepaskan itu lebih membawa keamanan buat keselamatan anda?!

Matius 19:24Sekali lagi Aku berkata kepadamu, lebih mudah seekor unta masuk melalui lobang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah."

Sebagai TUHAN, TUHAN YESUS memberitahukan pengetahuanNYA, bahwa banyak orang kaya yang dijerat oleh kekayaannya sehingga sukar baginya masuk sorga.

Matius
10:9Janganlah kamu membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu.
10:10Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya.

TUHAN YESUS membuat ketentuan, jika seseorang mengerjakan pemberitaan Injil janganlah dia membawa uang maupun bekal apapun. Seorang penginjil harus memposisikan dirinya siap seperti prajurit ke medan pertempuran, siap menderita. Kalau tidak siap menderita, tidak siap hidup miskin jangan menjadi penginjil! Sebab penginjilan harus disucikan, harus disterilkan dari keduniawian.

Matius
10:38Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku.
10:39Barangsiapa mempertahankan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya.

Memikul salibnya artinya memikul penderitaan yang ditentukan baginya. Masing-masing penginjil telah disiapkan beban penderitaan yang harus ditanggungnya oleh ALLAH. Setiap orang berbeda medannya, berbeda pula tantangannya.

Ibrani
11:36Ada pula yang diejek dan didera, bahkan yang dibelenggu dan dipenjarakan.
11:37Mereka dilempari, digergaji, dibunuh dengan pedang; mereka mengembara dengan berpakaian kulit domba dan kulit kambing sambil menderita kekurangan, kesesakan dan siksaan.

Tidak setiap penderitaan itu Kristen, tapi setiap orang Kristen pasti akan dihadapkan dengan penderitaan.

2Korintus
11:23Apakah mereka pelayan Kristus? --aku berkata seperti orang gila--aku lebih lagi! Aku lebih banyak berjerih lelah; lebih sering di dalam penjara; didera di luar batas; kerap kali dalam bahaya maut.
11:24Lima kali aku disesah orang Yahudi, setiap kali empat puluh kurang satu pukulan,
11:25tiga kali aku didera, satu kali aku dilempari dengan batu, tiga kali mengalami karam kapal, sehari semalam aku terkatung-katung di tengah laut.
11:26Dalam perjalananku aku sering diancam bahaya banjir dan bahaya penyamun, bahaya dari pihak orang-orang Yahudi dan dari pihak orang-orang bukan Yahudi; bahaya di kota, bahaya di padang gurun, bahaya di tengah laut, dan bahaya dari pihak saudara-saudara palsu.
11:27Aku banyak berjerih lelah dan bekerja berat; kerap kali aku tidak tidur; aku lapar dan dahaga; kerap kali aku berpuasa, kedinginan dan tanpa pakaian,
11:28dan, dengan tidak menyebut banyak hal lain lagi, urusanku sehari-hari, yaitu untuk memelihara semua jemaat-jemaat.

1Petrus
2:19Sebab adalah kasih karunia, jika seorang karena sadar akan kehendak Allah menanggung penderitaan yang tidak harus ia tanggung.

Kata rasul Petrus menderita sebagai orang Kristen itu merupakan kasih karunia ALLAH. Penderitaan itu merupakan pemberian ALLAH yang harus kita syukuri. Mengapa? Sebab penderitaan kita oleh sebab kebenaran bukan oleh sebab kejahatan kita. Kita harus bersyukur jika boleh ikut menderita bergabung dengan penderitaan YESUS, dikumpulkan dengan penderitaan para nabi dan orang-orang kudus, tidak dikumpulkan dalam kumpulan penjahat.

1Petrus
2:20Sebab dapatkah disebut pujian, jika kamu menderita pukulan karena kamu berbuat dosa? Tetapi jika kamu berbuat baik dan karena itu kamu harus menderita, maka itu adalah kasih karunia pada Allah.

5. Tidak setiap rejeki itu dari ALLAH. Jika anda digaji besar karena sarjana, maka rejeki anda itu dari kesarjanaan anda itu bukan dari ALLAH. Jika anda mendapatkan hadiah, ya karena keberuntungan anda, bukan karena ALLAH. Jika anda mendapatkan rejeki dari mencuri, ya mencuri itulah yang memberi anda rejeki bukan ALLAH. Jika anda kaya karena anda mempunyai pabrik, ya pabrik itulah yang memberi kekayaan pada anda bukan ALLAH.

Sebab jika ALLAH memberi anda rejeki, ALLAH tidak mau dicampurkan dengan jerih lelah anda. Pemberian ALLAH harus memiliki tanda keajaiban, yakni jika pekerjaan anda sederhana sekali, jika secara logika tidak laku, dan anda berdoa memohon pertolongan ALLAH, maka itulah rejeki dari ALLAH. Tapi jika anda sudah pinter, sudah kaya, ya ALLAH nggak mau masuk ke situ. Kenapa? Sebab kemuliaan nama ALLAH bisa hangus oleh kepinteran dan jerih lelah anda.

Jadi, sangat sulit untuk dipercayai jika anda kaya itu berkat dari ALLAH. Lebih-lebih jika kedapatan anda pelit sekali. Buat apa ALLAH memberkati orang pelit? Tidak ada gunanya sama sekali!

6. Penginjilan membutuhkan dana. Benar! Tapi penginjilan tidak boleh bergantung dari dana. Ada dana atau tidak ada dana, dana sedikit atau dana besar, seorang penginjil harus tetap memberitakan Injil. Dan jika dari antara manusia tidak ada yang menyumbang dana penginjilan, di atas masih ada ALLAH dengan kuasa mukjizatNYA.

Penginjilan adalah kepentingan ALLAH, bukan kepentingan kita. Karena itu soal dana, ALLAH yang akan menyediakannya.

1Kor. 9:18Kalau demikian apakah upahku? Upahku ialah ini: bahwa aku boleh memberitakan Injil tanpa upah, dan bahwa aku tidak mempergunakan hakku sebagai pemberita Injil.

Saya menikmati perkataan rasul Paulus itu, bahwa upah saya sebagai penginjil adalah diperbolehkannya saya memberitakan Injil tanpa upah sehingga saya tidak dimasukkan ke kumpulan penginjil upahan. Apa hebatnya dengan penginjil upahan? Tak ada hebatnya! Dia tak pernah menjadi tuan atas dirinya sendiri. Tapi saya bisa menjadi tuan atas diri saya sendiri. Saya bisa menjadi "imamat yang rajani."

1Ptr. 2:9Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:

Upah saya bukan uang tapi kehormatan dari TUHAN.

2Timotius
2:3Ikutlah menderita sebagai seorang prajurit yang baik dari Kristus Yesus.
2:4Seorang prajurit yang sedang berjuang tidak memusingkan dirinya dengan soal-soal penghidupannya, supaya dengan demikian ia berkenan kepada komandannya.

7. Berkat yang terutama dan terpenting yang diberikan TUHAN YESUS adalah keselamatan jiwa kita, bukannya harta benda. Karena itu yang harus lebih kita perhatikan adalah hal keselamatan kita, bukannya pada harta benda. Dan keselamatan itu berbicara tentang apakah kita sudah menuruti semua perintahNYA?

1 komentar:

  1. Saya sekeluarga mengucapkan banyak trima kasih kepada AKI MUPENG karena atas bantuannyalah saya bisa menang togel dan nomor gaib hasil ritual yang di berikan AKI MUPENG bener-bener dijamin tembus dan saat sekarang ini kehidupan saya sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya itu semua berkat bantuan AKI kini hutang-hutang saya sudah pada lunas semua dan.sekarang saya sudah buka usaha sendiri. jika anda mau bukti bukan rekayasa silahkan hubungi/sms AKI MUPENG di 0852 9445 0976, atau KLIK DISINI, insya allah angka beliau di jamin tembus dan beliau akan menbantu anda selama 3x putaran berturut-turut akan memenangkan angka togel dan ingat kesempatan tidak datang 2x,trima kasih.

    BalasHapus