Jumat, 12 Februari 2016

GAMBAR YESUS DAN BAPTISAN

III. GAMBAR YESUS

1.  Hukum ALLAH yang ke-2 melarang orang membuat patung macam apapun, baik terbuat dari kayu, batu, besi, plastik, keramik maupun kertas. Jangan luputnya berupa patung berupa gambar. Dan fakta membuktikan bahwa patung yang di gereja Katolik itulah yang oleh Kristen diubah ke dalam gambar atau lukisan. 
 
2. Kita dibuat sebagai gambar dan rupa ALLAH, jangan dibalik dengan kita menggambar ALLAH. Jangan tangan penuh dosa ini digunakan untuk melukis ANAK ALLAH yang Mahamulia.

3. Iman itu mempercayai yang tidak kelihatan. Iman tidak membutuhkan ilustrasi. Karena itu lebih baik gereja tanpa orang-orang yang tidak beriman dari pada dipenuhi oleh orang-orang yang memerlukan ilustrasi YESUS;

Yohanes 
Kata Yesus kepadanya: "Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya."
4. Dalam Alkitab tidak ada kisah para nabi maupun para rasul yang bersentuhan dengan gambar-gambar. Tapi gereja Katolik dipenuhi dengan gambar orang-orang yang mereka sebut kudus – santo atau santa. 

5.  Tidak tahu rupa YESUS lalu melukiskan YESUS, itu namanya ngawur. Dan gereja janganlah diisi dengan orang-orang yang ngawur atau pemabuk. 

6.  Bukan YESUS dibilang YESUS, itu namanya bohong. Dan gereja janganlah disusupi oleh pendusta.

7.  Kitab Yesaya 53 menyebutkan ciri-ciri YESUS itu tidak tampan. Tapi gereja melukiskan YESUS sebagai orang yang tampan. Itu artinya tidak membaca Alkitab. Orang yang tidak ahli Alkitab mengapa ajarannya bisa diterima sedemikian luas?

 Yesaya 53:2  Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas dari tanah kering. Ia tidak tampan dan semaraknyapun tidak ada sehingga kita memandang dia, dan rupapun tidak, sehingga kita menginginkannya.

 8. Seorang laki-laki yang berambut panjang itu kehinaan. Bukankah gereja telah menghina TUHAN yang harusnya dimuliakan?

 1Korintus 11:14  Bukankah alam sendiri menyatakan kepadamu, bahwa adalah kehinaan bagi laki-laki, jika ia berambut panjang,
 
Rambut mereka tidak boleh dicukur atau dibiarkan tumbuh panjang, melainkan harus dipotong pendek.

Masalah gambar YESUS ini merupakan pelanggaran hukum yang amat serius. Melanggar hukum ALLAH yang ke-2, melanggar hukum ALLAH yang ke-9: Jangan berdusta, melanggar peraturan imam Yehezkiel 44:20, melanggar 1Korintus 11:14, melanggar Yesaya 53:2, dan menyatakan tidak adanya iman;

Tetapi barangsiapa yang bimbang, kalau ia makan, ia telah dihukum, karena ia tidak melakukannya berdasarkan iman. Dan segala sesuatu yang tidak berdasarkan iman, adalah dosa.

 Gereja macam apakah yang demikian itu? Jika mobil tidakkah itu tentang mobil yang ringsek karena ditubruk truk tronton?! - Gereja yang rusak!



IV. BAPTIS PERCIK

1. Baptis dari kata baptizo, bahasa Yunani, yang artinya dicelupkan ke dalam air.

2. Berdasarkan istilah, maka percik bukanlah baptis.

Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,

Kisah
Lalu orang Etiopia itu menyuruh menghentikan kereta itu, dan keduanya turun ke dalam air, baik Filipus maupun sida-sida itu, dan Filipus membaptis dia.
Dan setelah mereka keluar dari air, Roh Tuhan tiba-tiba melarikan Filipus dan sida-sida itu tidak melihatnya lagi. Ia meneruskan perjalanannya dengan sukacita.

Turun ke dalam air lalu keluar dari air adalah tanda-tanda baptisan yang diberikan Alkitab.

3. Maksud baptisan adalah sebagai tanda percaya. Setelah mendengar pekabaran Injil lalu kita percaya, maka kita harus dibaptiskan;

Kisah
2:36Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus."
2:37Ketika mereka mendengar hal itu hati mereka sangat terharu, lalu mereka bertanya kepada Petrus dan rasul-rasul yang lain: "Apakah yang harus kami perbuat, saudara-saudara?"
2:38Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.

Karena kita dibaptiskan dalam nama BAPA, ANAK dan ROH KUDUS, maka pada saat itulah kita menerima pimpinan ROH KUDUS sebagai GURU pribadi kita.


4. Pekabaran Injil harus berfokus pada YAHWEH satu-satunya ALLAH, sedangkan YESUS adalah Utusan ALLAH. YESUS adalah RASUL ALLAH.

Yohanes 17:3  Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.

Yang rasul ALLAH adalah dan hanyalah YESUS. Muhammad bukan rasul ALLAH sebagaimana yang didengung-dengungkan kaum Muslim selama ini. Bagaimana dengan 12 rasul? Ke-12 rasul adalah rasulnya YESUS KRISTUS, bukan rasul ALLAH;

1Kor. 1:1Dari Paulus, yang oleh kehendak Allah dipanggil menjadi rasul Kristus Yesus, dan dari Sostenes, saudara kita,

5. YESUS yang mana yang anda percayai atau imani?

>> YESUS yang rambut panjang atau YESUS yang rambut pendek?

>> YESUS yang TUHAN atas hari Sabat atau hari Minggu?

Apakah surat yang anda poskan tidak salah alamat? Apakah iman anda tidak salah alamat? Apakah anda mempertaruhkan keselamatan anda secara spekulasi atau ingin yang pasti? Jika anda ingin keselamatan yang terjamin pasti, maka pastikanlah anda di jalan yang asli bersegel Alkitab, seperti barang yang segel dos.

Sumber Kekristenan itu adalah Alkitab, bukan gereja! Biarpun gereja itu gereja tua, biarpun gereja itu banyak orangnya, dan biarpun gereja itu banyak sarjana Alkitabnya, jika tidak sesuai Alkitab, terkutuklah gereja itu!

Galatia
1:6Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil kamu, dan mengikuti suatu injil lain,
1:7yang sebenarnya bukan Injil. Hanya ada orang yang mengacaukan kamu dan yang bermaksud untuk memutarbalikkan Injil Kristus.
1:8Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia.

6. Melambangkan apakah baptisan itu?

Roma
6:3Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya?
6:4Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.
6:5Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya.  


Gal. 3:27Karena kamu semua, yang dibaptis dalam Kristus, telah mengenakan Kristus.

Karena kita tidak mungkin dikubur ke dalam tanah, maka kita melakukannya secara lambang dengan diselamkan ke dalam air.

Why. 14:4Mereka adalah orang-orang yang tidak mencemarkan dirinya dengan perempuan-perempuan, karena mereka murni sama seperti perawan. Mereka adalah orang-orang yang mengikuti Anak Domba itu ke mana saja Ia pergi. Mereka ditebus dari antara manusia sebagai korban-korban sulung bagi Allah dan bagi Anak Domba itu.

Kita harus mengikuti ANAK DOMBA itu ke mana saja pergiNYA.

Yoh. 13:15sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu.

Apa yang YESUS lakukan merupakan teladan bagi kita. Jadi, kita jangan melakukan sesuatu yang YESUS tak pernah melakukannya.

1Kor. 4:6Saudara-saudara, kata-kata ini aku kenakan pada diriku sendiri dan pada Apolos, karena kamu, supaya dari teladan kami kamu belajar apakah artinya ungkapan: "Jangan melampaui yang ada tertulis", supaya jangan ada di antara kamu yang menyombongkan diri dengan jalan mengutamakan yang satu dari pada yang lain.

Jangan melampaui yang ada di Alkitab. Apa yang ada dasarannya di Alkitab disebut: Alkitabiah, sedangkan yang tidak sesuai Alkitab disebut: tidak Alkitabiah. Maukah anda dijejali dengan ajaran yang tidak Alkitabiah?!

7. Kehendak siapakah baptisan?

Matius
3:14Tetapi Yohanes mencegah Dia, katanya: "Akulah yang perlu dibaptis oleh-Mu, dan Engkau yang datang kepadaku?"
3:15Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kepadanya: "Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah." Dan Yohanespun menuruti-Nya.


8. Kesatuan baptisan;

Ef. 4:5satu Tuhan, satu iman, satu baptisan,

Berdasarkan ayat ini maka tertolaklah baptisan percik.

9. Bagaimana baptisan orang yang sakit?

Orang yang sakit bisa diperlakukan seperti pencuri yang disalibkan di sebelah kanan YESUS, yang percaya dan dijanjikan keselamatan tanpa melalui baptisan karena tidak memungkinkan untuk dibaptiskan;

Lukas
23:42Lalu ia berkata: "Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja."
23:43Kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus."


10. Asal mula baptisan percik:

Dari hasil penelitian sejarah ada 5 faktor yang dapat ditulis:
Pertama: Kitab Didache (diperkirakan ditulis sekitar tahun 100-120) yg ditemukan pada tahun 1873 oleh Philotheos Bryennios, Direktur Sekolah Tinggi Teologi Yunani di Konstantinopel dan dipublikasikan pada 1883, memuat cara baptis secara percik sebagai pengganti cara baptis selam, jika jumlah air yang dibutuhkan tidak memadai.
Berikut teksnya, “Concerning Baptism. And concerning baptism, baptize this way: Having first said all these things, baptize into the name of the Father, and of the Son, and of the Holy Spirit, in living water. But if you have no living water, baptize into other water; and if you cannot do so in cold water, do so in warm. But if you have neither, pour out water three times upon the head into the name of Father and Son and Holy Spirit. But before the baptism let the baptizer fast, and the baptized, and whoever else can; but you shall order the baptized to fast one or two days before.
Terjemahannya sbb: Mengenai Pembabtisan. Dan mengenai pembabtisan, babtislah dengan cara ini: Pertama tama, babtislah dalam nama Bapa, dan Putera dan Roh Kudus, dengan air kehidupan. Tapi jika tidak ada padamu air kehidupan, baptislah kedalam air yang lain, dan kalau kamu tidak dapat melakukannya dalam air dingin, lakukanlah dengan yang hangat. Tapi kalau kamu tidak juga punya semua itu, curahkanlah air tiga kali diatas kepala dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Namun sebelum pembabtisan hendaknya pembabtis berpuasa, dan yang dibabtis, dan siapapun yang dapat melakukannya, tapi kamu harus meminta orang yang akan dibabtis untuk berpuasa sehari atau dua hari sebelumnya.
Perlu dicatat juga bahwa tidak diketahui secara pasti, apakah kitab “Didache” itu telah tersebar scara universal ke seluruh gereja pada waktu itu (abad 2 ) atau hanya digunakan jemaat setempat. Penemuan kitab itu pada tahun 1873 hanya seputar teks dalam kitab tersebut.

Kedua: dalam buku History of the Christian Church, Volume II, karangan Philip Schaff, pada halaman 191, ditulis bahwa baptisan percik mulai dilakukan gereja Katolik pada awalnya terhadap orang yang sakit (orang yang bertobat tersebut menderita sakit, sehingga tidak mungkin dilakukan baptisan selam) di tempat tidurnya. Kondisi “sakit berat” merupakan alasan bagi dilakukannya baptisan secara percik pada waktu itu.
Eusebius dari Caesarea (263 – 339), yang dikenal sebagai bapak sejarah gereja perdana (karena dialah yang pertama kali menulis buku sejarah gereja yan lengkap)  menulis bahwa Novatian (250) pernah dilarang untuk menjadi pejabat gereja, karena dahulunya ia dibaptis secara percik (saat itu ia sedang sakit keras).  Selengkapnya: The first specifically documented case of sprinkling involved a man by the name of Novatian (cir. A.D. 250), who lived in Rome. Novatian was believed to be at the point of death, and so was sprinkled in his sick bed. However, the case was very unusual. Eusebius of Caesarea (cir. A.D. 263-339), known as the father of church history, described the incident. He wrote that Novatian thereafter was restricted from being appointed as a church officer. Why was this? Because it was not deemed “lawful” that one administered “baptism” by “aspersion” (percik), as he was, should be promoted to the order of the clergy” (Eusebius: Ecclesiastical History, VI.XLIII).

1 komentar:

  1. Saya sekeluarga mengucapkan banyak trima kasih kepada AKI MUPENG karena atas bantuannyalah saya bisa menang togel dan nomor gaib hasil ritual yang di berikan AKI MUPENG bener-bener dijamin tembus dan saat sekarang ini kehidupan saya sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya itu semua berkat bantuan AKI kini hutang-hutang saya sudah pada lunas semua dan.sekarang saya sudah buka usaha sendiri. jika anda mau bukti bukan rekayasa silahkan hubungi/sms AKI MUPENG di 0852 9445 0976, atau KLIK DISINI, insya allah angka beliau di jamin tembus dan beliau akan menbantu anda selama 3x putaran berturut-turut akan memenangkan angka togel dan ingat kesempatan tidak datang 2x,trima kasih.

    BalasHapus