Jumat, 29 Januari 2016

PERCAYA – YAKIN – IMAN

Apa dan dimana letak perbedaan antara percaya, yakin dan iman? Kalau iman sudah pasti percaya dan sudah pasti yakin, sebab iman adalah yang paling tinggi sehingga meliputi yang dibawahnya. Tapi kalau percaya atau yakin belum tentu iman. Kalau percaya berdasarkan logika, yakin berdasarkan perasaan, sedangkan iman berdasarkan pengalaman.

1. PERCAYA ITU BERDASARKAN LOGIKA:

Suatu kali teman mengajak saya makan ke sebuah warung soto yang bilangnya enak dengan alasan banyak pembelinya. Padahal warung itu kecil dan sederhana sekali.Tapi banyaknya pengunjung membuat saya percaya kalau soto di warung itu enak. Jadi, logikanya warung itu dibilang enak adalah banyaknya pengunjung.

Entah benar atau tidak tapi ada alasan yang masuk akal. Itulah yang membuat saya/kita percaya. Jika tidak benar tapi kita mempercayainya, itu namanya pinternya si penipu. Si penipu itu pandai sekali memasukkan alasan-alasan yang masuk akal, sehingga membuat orang mempercayainya berdasarkan masuk akal.

Demikian pula halnya dengan pemberitaan Injil. Ketika seorang penginjil memberitakan Injil kepada anda dengan berita: Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. – Yohanes 3:16, lalu anda mempercayainya berdasarkan cerita masuk akal penginjil itu, maka itulah tanda anda percaya, dan tanda percaya adalah baptisan air.

Jika setelah dibaptiskan anda mati, maka anda pasti diselamatkan. Tapi jika anda masih hidup, anda harus meningkatkan diri untuk mencapai iman dengan tandanya baptisan ROH KUDUS. Tingkat percaya masih belum bisa menyelamatkan, karena itu baru tahap awal, baru tahap dasar dari keimanan. Anda masih belum mempunyai pengalaman hidup bersama ALLAH. Baru sebatas dari cerita, masih belum menikmatinya sendiri. Karena itu tingkatan percaya masih gampang gonjang-ganjing. Ibarat tanaman masih berakar tunas yang masih gampang tercabut.

Di tahap percaya, jika anda ditodong pedang dipaksa masuk Islam, maka anda pasti akan menurutinya. Anda masih belum mempunyai keberanian untuk berdiri teguh seperti batu karang di tengah ombak lautan.


2. YAKIN ITU BERDASARKAN PERASAAN:

Suatu kali seorang teman mengajak saya makan di sebuah rumah makan yang bonafide. Karena penampilan rumah makan itu keren membuat saya berpikir masakan rumah makan itu enak. Ini namanya menggunakan perasaan, sebab apa hubungannya masakan dengan penampilan keren?! Kalau warung atau rumah makan itu laris, banyak pengunjungnya itu ada hubungannya, ada logika ilmu ekonominya. Bahwa barang yang murah atau enak pasti laris.

Kalau anda tertarik pada perempuan berdasarkan kepribadiannya, itu logika.Tapi kalau tertarik karena kecantikannya, itu perasaan. Logika lebih mendekati kebenaran dari pada perasaan. Jika perempuan itu kepribadiannya baik, bisa diharapkan seterusnya akan menjadi istri yang baik. Tapi perempuan yang cantik, masih dipertanyakan kebaikannya. Sebab tidak ada hubungannya antara kecantikan dengan kepribadian.

Demikian halnya jika anda masuk Kristen karena sejak lahir sudah Kristen, atau masuk Kristen karena penampilan penginjilnya, atau karena ditarik oleh pacar, maka itulah kelas keyakinan. Di Facebook ini banyak yang masih kelas keyakinan. Ini bisa dibuktikan dari pembelaan-pembelaan mereka ketika saya menyampaikan bukti kebenaran. Mereka marah sekali jika ajaran gereja mereka ditelanjangi. Bukti-bukti Alkitab yang paling logispun mereka tolak mentah-mentahan. Berbeda dengan mereka yang kelas percaya. Asal masuk akal mereka bisa menerima dengan baik.

Ada sikap Maria yang dtuliskan oleh Alkitab yang menggambarkan kepercayaannya;

Luk. 2:19        Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya.

Menghadapi hal-hal yang aneh, Maria tidak serta-merta mencak-mencak gusar lalu memaki-maki orang, tapi menyimpan dan merenungkannya.

Harusnya apa yang saya sampaikan ke anda itu tidak perlu anda sikapi dengan kegusaran, lalu mempertontonkan atraksi iblis, tapi renungkanlah. Itu sikap yang lebih Kristiani: ada kasih, kelemahlembutan dan kasih. Yang jika hendak membantah, dibantah dengan dalil-dalil yang ilmiah juga.

1Tesalonika 5:19      Janganlah padamkan Roh,

Entah roh jahat atau ROH KUDUS yang berbicara, entah dari Saksi Jehovah atau Saksi Iblis, entah ajaran sehat atau ajaran sesat yang disampaikan orang, dengarkanlah, simaklah dulu baik-baik. Jangan buru-buru ditolak mentah-mentahan. Jika itu ternyata ajaran sesat, bukankah itu juga menambah pengetahuan anda, sehingga perbendaharaan pengetahuan anda telah menjadi semakin banyak, semakin banyak tahu yang baik dan semakin banyak tahu yang jahat.

1Tesalonika 5:20      dan janganlah anggap rendah nubuat-nubuat.

Jangan meremehkan perkataan orang hanya berdasarkan penampilan orang. Jangan meremehkan perkataan saya oleh karena photo profile saya yang nggak jelas. Sebab yang saya jual adalah perkataan atau tulisan saya, bukan tampang saya. Jangan melihat dari siapakah saya, tapi lihatlah dari apakah yang saya tuliskan. Pergunakan logika, jangan pergunakan perasaan.

1Tesalonika 5:21      Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik.

Ujilah semua yang anda lihat dan dengar itu dengan Alkitab. Jangan diuji dengan perasaan atau perkataan gereja/pendeta. Sebab pendeta maupun gereja tak mempunyai hak untuk mengubah-ubah isi Alkitab.


3. IMAN ITU BERDASARKAN PENGALAMAN:

Suatu kali saya diberi alamat warung soto yang enak oleh teman saya, yang saya pernah mencicipinya. Saya sudah pernah mencicipi masakannya tapi saya belum pernah mendatangi warung tersebut. Nah, berdasarkan pengalaman itulah saya menelepon warung tersebut dan memesan masakannya dalam jumlah besar untuk acara pesta ulangtahun anak saya.

Saya hanya berdasarkan pengalaman saja sudah berani memesan masakannya dalam jumlah besar untuk suatu pesta yang penting. Padahal saya belum tahu rupa warungnya maupun rupa pemilik warungnya. Tapi pengalaman itu merupakan BUKTI bahwa saya tidak salah alamat.

Apakah saya pernah bertemu TUHAN? Belum pernah sama sekali! Tapi saya setiap hari menikmati mukjizat dan keajaibanNYA.

Dari percaya dan dibaptiskan, kita mulai mempelajari Alkitab. Dari mempelajari Alkitab pengetahuan kita tentang KEALLAHAN menjadi semakin baik, semakin jelas dan semakin bisa dibuktikan khasiat-khasiat ALLAH. Di sini akar tanaman itu mulai menjalar ke mana-mana, membuat kedudukan pohon semakin kokoh. Pengalaman hidup bersama ALLAH, sekalipun tanpa melihat, membuat iman kita semakin kokoh tak tergoyahkan.

Biarpun ada orang berjoget-joget sampai pagi memuji-muji TUHAN YESUS, biarpun ada orang menangis dan berteriak histeris: TUHAN…… TUHAN ……., dan biarpun pendeta-pendeta membuat mukjizat kesembuhan seperti apapun, iman saya tidak gonjang-ganjing sedikitpun. Saya tidak tertarik sedikitpun untuk masuk ke gereja Minggu. Bukan hanya tidak tertarik, tapi saya anggap remeh dan kecil sekali semua atraksi itu.

Biar ada sejuta orang ke sana, saya takkan ke sana. Biar orang-orang pinter ke sana, saya tetap di sini saja. Biar semua orang mengepung dan memusuhi saya, saya tetap berdiri di atas iman saya. Selama saya tahu anda ibadahnya hari Minggu, saya akan anggap remeh Kekristenan anda itu. Secara tubuh anda adalah sesama yang wajib saya tolong. Tapi secara keimanan anda bukanlah saudara saya.

Matius 24:23 Pada waktu itu jika orang berkata kepada kamu: Lihat, Mesias ada di sini, atau Mesias ada di sana, jangan kamu percaya.
24:24  Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.
24:25  Camkanlah, Aku sudah mengatakannya terlebih dahulu kepadamu.
24:26  Jadi, apabila orang berkata kepadamu: Lihat, Ia ada di padang gurun, janganlah kamu pergi ke situ; atau: Lihat, Ia ada di dalam bilik, janganlah kamu percaya.


Ibrani 4:9       Jadi masih tersedia suatu hari perhentian, hari ketujuh, bagi umat Allah.

Kalau bukan hari ketujuh, jelas bukan termasuk umat ALLAH. Baik Hindu, Buddha, Khong Hu Chu, Katolik, Islam dan Kristen, sama-sama tak ada yang menaruh perhatian terhadap masalah hari Sabat. Karena itu sekalipun namanya Kristen, namun hakekatnya sama saja dengan yang lainnya.

Ibrani 4:10     Sebab barangsiapa telah masuk ke tempat perhentian-Nya, ia sendiri telah berhenti dari segala pekerjaannya, sama seperti Allah berhenti dari pekerjaan-Nya.

Umat ALLAH jelas akan seperti ALLAHnya. Jika ALLAHnya berhenti bekerja di hari yang ketujuh, maka umatNYA  juga akan begitu. Begitulah ALLAH, begitu pula umatNYA. Begitulah BAPA, begitu pula anaknya.

Matius 24:15 "Jadi apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat kudus, menurut firman yang disampaikan oleh nabi Daniel--para pembaca hendaklah memperhatikannya--
24:16  maka orang-orang yang di Yudea haruslah melarikan diri ke pegunungan.
24:17  Orang yang sedang di peranginan di atas rumah janganlah ia turun untuk mengambil barang-barang dari rumahnya,
24:18  dan orang yang sedang di ladang janganlah ia kembali untuk mengambil pakaiannya.
24:19  Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu.
24:20  Berdoalah, supaya waktu kamu melarikan diri itu jangan jatuh pada musim dingin dan jangan pada hari Sabat.

TUHAN YESUS menyuruh kita berdoa, jika ada penganiayaan supaya jangan terjadi di hari Sabat. Sebab di hari Sabat kita tidak boleh melakukan perjalanan jauh, tidak boleh melarikan diri. Jika si penganiaya mendatangi kita di hari Sabat, kita terpaksa harus menyerah pada nasib malang kita. Sebab jika Firman ALLAH melarang kita melakukan sesuatu, kita harus mentaatinya dan setia sampai mati. Jangan pergi, ya jangan pergi walaupun harus mati resikonya. Tapi jika penganiayaan itu tidak jatuh di hari Sabat, kita boleh melarikan diri;

Mat. 10:23      Apabila mereka menganiaya kamu dalam kota yang satu, larilah ke kota yang lain; karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sebelum kamu selesai mengunjungi kota-kota Israel, Anak Manusia sudah datang.

Dari ayat itu jelas sekali bahwa TUHAN YESUS masih mengajarkan pemeliharaan hari Sabat. Sebab penganiayaan yang dimaksudkan di situ adalah tentang keruntuhan kota Yerusalem yang terjadi di tahun 70-an oleh jendral Titus – Romawi. Tahun 31 TUHAN YESUS sudah bangkit dan naik ke sorga, duduk di sebelah kanan ALLAH. Artinya, setelah acara penyalibanNYA, Kristen masih berhari Sabat. Tidak ada acara memperingati hari kebangkitan YESUS di hari Minggu. Tidak ada ibadah hari Minggu.

Tahun 31 TUHAN YESUS naik ke sorga, tahun 34 Stefanus dibunuh. Dan setelah peristiwa itu, bahkan setelah terjadinya pertobatan Paulus, para rasul masih memelihara hari Sabat;

Kisah 15:21   Sebab sejak zaman dahulu hukum Musa diberitakan di tiap-tiap kota, dan sampai sekarang hukum itu dibacakan tiap-tiap hari Sabat di rumah-rumah ibadat."

Masak masih kurang jelas?!

Jadi, iman adalah;

Ibr. 11:1          Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

Tidak kita lihat tapi bisa dibuktikan, itulah iman.

Ada yang berkata: Semua hari adalah milik TUHAN, tidak ada hari yang milik setan. Betul. TUHAN adalah MAHAKUASA, tapi TUHAN mengatakan bahwa iblis punya kuasa. TUHAN Pemilik sekalian alam, tapi TUHAN mengatakan bahwa iblis itu penguasa dunia;

Yoh. 12:31     Sekarang berlangsung penghakiman atas dunia ini: sekarang juga penguasa dunia ini akan dilemparkan ke luar;

Yoh. 14:30     Tidak banyak lagi Aku berkata-kata dengan kamu, sebab penguasa dunia ini datang dan ia tidak berkuasa sedikitpun atas diri-Ku.

Yoh. 16:11     akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum.

1Kor. 2:8        Tidak ada dari penguasa dunia ini yang mengenalnya, sebab kalau sekiranya mereka mengenalnya, mereka tidak menyalibkan Tuhan yang mulia.

Semua hari milik TUHAN, memang. Tapi yang 6 hari diberikan ke kita supaya kita mengurusi segala keperluan duniawi kita, sedangkan yang hari ke-7 diberikan kepada kita supaya kita pelihara kekudusannya.


Yeh. 20:12     Hari-hari Sabat-Ku juga Kuberikan kepada mereka menjadi peringatan di antara Aku dan mereka, supaya mereka mengetahui bahwa Akulah TUHAN, yang menguduskan mereka.

2 komentar:

  1. KALAU ANDA MAU TAU INFO TOGEL, KENALKAN NAMA SAYA PAK WARHADIK, KAMI TINGGAL DIKALTIM PEKERJAAN JUAL NASI GORENG, SELAMA KAMI KENAL YANG NAMANYA NYI REKSO SARASWATI NASIB KAMI TIDAK SEPERTI YANG DULUH… KAMI SANGAT BERTERIMA KASIH KEPADA NYI REKSO SARASWATI BERKAT ANGKA YANG DI BERIKANN SAMA BELIAU.DAN ALHAMDULILLAH TEMBUS.DAN KAMI MINTAH ANGKA,4D…


    ANGKA NAIK YAITU,DI.
    6D.SPORTS,TOTO 5D 6D
    SIAPA TAU ANDA SEMUA MAU RASAIN SILAHKAN GABUNG SAMA KAMI,

    DAN KAMI BERSUKUR HASIL PASANG TOGEL TGL,07,07,2014…
    ….
    SEMUA HUTANG HUTANG DLM KELUARGA KAMI KINI DPT TERLUNASI ,KAMI PUN BISA MEMBUKA USAHA KEMBALI,WALAUPUN ITU DGN CARA PASANG TOGEL, ITU MERUPAKAN RESKI BAGI KAMI SE- KELUARGA ,JADI YG SERING KALAH DLM PERMAINAN TOGEL HUBUNGI NYI REKSO SARASWATI /SMS KE NMR INI,082322216958—KESUSAHAN ANDA DALAM MAIN
    TOGEL DI,JAMIN [5] KALI PUTARAN… NYI REKSO SARASWATI Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada NYI REKSO SARASWATI yang telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau kami sekarang udah hidup tenang..sudah tidak di kejar-kejar hutang…Kami di berikan Angka Ritual Ghoib Dari NYI REKSO SARASWATI yang sangat sangat Jitu 100%…hingga kami sekarang merasa tenang lagi…terima kasih NYI…Jika Anda ada yang merasa kesulitan masalah Nomer Toto apaka 2D.3D.4D.5D.6D.itu semua terserah anda, silahkan HBG ATAU SMS Aja NYI REKSO SARASWATI
    …di nmr HP [082322216958]pasti anda akan merasakan apa yg selama ini kami rasakan…Salam Bahagia dan Sukses..!!

    DENGAN ANGKA GOIB ,ATAU ANGKA RITUAL// ANGKA MAHLUK HALUS….
    KLIK DISINI
    angka;GHOIB: singapur
    angka;GHOIB: hongkong
    angka;GHOIB; malaysia
    angka;GHOIB; toto magnum 4d
    angka"GHOIB; laos…
    angka"GHOIB; macau
    angka"GHOIB; sidney
    angka"GHOIB: vietnam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sekeluarga mengucapkan banyak trima kasih kepada AKI MUPENG karena atas bantuannyalah saya bisa menang togel dan nomor gaib hasil ritual yang di berikan AKI MUPENG bener-bener dijamin tembus dan saat sekarang ini kehidupan saya sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya itu semua berkat bantuan AKI kini hutang-hutang saya sudah pada lunas semua dan.sekarang saya sudah buka usaha sendiri. jika anda mau bukti bukan rekayasa silahkan hubungi/sms AKI MUPENG di 0852 9445 0976, atau KLIK DISINI, insya allah angka beliau di jamin tembus dan beliau akan menbantu anda selama 3x putaran berturut-turut akan memenangkan angka togel dan ingat kesempatan tidak datang 2x,trima kasih.

      Hapus